«

»

Mar 17

Puskesmas Arjuno

pusk arjuno

Sejarah Puskesmas Arjuno

Puskesmas Arjuno berdiri pada tahun 1970 dan merupakan Puskesmas yang tertua di Kota Malang . Seiring dengan semakin luasnya bidang kerja yang harus ditangani, Puskesmas Arjuno mempunyai 2 Puskesmas pembantu yaitu Puskesmas Pembantu Penanggungan dan Puskesmas Pembantu Rampal Celaket dengan 7 kelurahan sebagai wilayah kerja. Kemudian dalam perkembangannya Puskesmas Pembantu Rampal Celaket berkembang menjadi Puskesmas Induk dengan 3 kelurahan sebagai wilayah kerjanya sehingga Puskesmas Arjuno  tinggal mempunyai 3 kelurahan sebagai wilayah kerja. Puskesmas Arjuno beralamat di Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen. Tepatnya di Jl. Simpang Arjuno No 17 A  Malang, sebelah barat kota Malang dan berjarak lebih 1 km dari pusat pemerintahan kota.

Puskesmas Arjuno Kota Malang adalah puskesmas milik Pemerintah Kota Malang yang berada dibawah naungan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Malang yang merupakan salah satu lembaga yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan masyarakat. Program kerja pokok yang dilakukan puskesmas Arjuno salah satunya adalah pelayanan kesehatan terhadap seluruh penduduk termasuk terhadap masyarakat miskin melalui program dari pemerintah yaitu Jamkesmas dan Jamkesda  yang bergeser  menjadi Jaminan Kesehatan Niasional (JKN) melalui suatu  Badang Penyelenggara jaminan Sosial (BPJS) baik JKN PBI maupun bukan JKN PBI.

Visi Puskesmas Arjuno

mewujudkan masyarakat kecamatan sehat dengan indikator, lingkungan harus sehat, perilaku harus sehat, pelayanan kesehatan yang bermutu serta derajad kesehatan yang optimal.

Misi Puskesmas Arjuno

menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan, mendorong kemandirian masyarakat dan keluarga untuk hidup sehat, memelihara dan meningkatkan layanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau serta meningkatkan kesehatan individu, keluarga, masyarakat beserta lingkungannya.

Motto Puskesmas Arjuno

Kepuasan pasien / klien adalah motivasi kinerja kami.

BUDAYA PUSKESMAS

  1. Profesional : Melaksanakan pekerjaan sesuai standar dan wewenangnya   dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan secara dinamis.
  2. Tanggung jawab : Menjalankan pekerjaan secara konsekuen dengan sepenuh hati
  3. Inisiatif : Senantiasa melakukan tindakan pencegahan, pengendalian dan perbaikan secara terus menerus tanpa menunggu perintah.
  4. Bersih : Memperhatikan dan memelihara kebersihan dan kerapian baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan kerja.
  5. Empati : Memberi layanan dengan tulus, ramah dan sepenuh hati

Kepala Puskesmas Arjuno

Kepala Puskesmas Arjuno saat ini adalah dr. A.A.I. NGURAH KUNTI PUTRI

Pelayanan Inovatif Puskesmas Arjuno

Diantara layanan di Puskesmas Arjuno adalah :

  • Klinik IMS, LJSS, VCT
  • Klinik konsultasi gizi
  • Klinik sanitasi
  • Klinik tumbuh kembang
  • Klinik indra
  • Klinik santun lansia
  • Poli akupunktur

Wilayah Kerja Puskesmas Arjuno

Wilayah kerja Puskesmas Arjuno meliputi :

  • Kelurahan Penanggungan
  • Kelurahan Oro Oro Dowo
  • Kelurahan Kauman
  • Kelurahan Kidul Dalem

 

pusk arjuno 2

4 comments

Lompat ke formulir komentar

  1. Djati Cipto Kuncor,S.Si

    Selamat malam,..
    Alhamdulillah, program Imunisasi tetap berjalan ditingkat SD. Dan saya masih ingat betul ketika saya SD kisaran tahun 80an…Tetapi saya yakin pelaksanaannya sekarang sudah lebih maju dan lebih baik…

    Dan Terimakasih juga, saat putera saya duduk di bangku SD program tersebut masih berjalan. Hanya Masukkan saja, dan sedikit bertanya.
    1. Apakah, jika seorang murid sudah melaksanakan beberapa imunisasi, dan
    sudah ada pernyataan dari orang tua (sesuai Form Pernyataan pihak
    Puskes/DINKES) ananda, tidak di imunisasi..Tetapi pihak PUSKESMAS
    mewajibkan.

    2. Apakah, SOP sudah berubah. Jika seorang anak sedang Panas
    /Pilek/Demam apakah tetap akan diberikan Imunisasi.

    Baik, mungkin itu sedikit dari pertanyaan juga mungkin ketidaktahuan saya…
    Mungkin saya orang yang Gagap teknologi, sehingga jarang membuka web / email..jawaban bisa saya tunggu di : 081336029975
    Atas, Bimbingan serta jawabannya , saya mengucapkan Terimakasih.

    1. dinkes

      Selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kota Malang! Berikut jawaban dari Kasie Penanggulangan Penyakit :
      Kalau anak sudah mendapatkan imunisasi saat bayi, itu belum cukup untuk membetengi dari PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi), karena itu anak wajib mendapatkan imunisasi ulangan/ boster untuk perlindunganya sampai dengan 25 tahun ke depan.
      Pada imunisasi bayi, status imunisasi bertahan sampai dengan 3 tahun, dan pada usia 1,5 – 3 tahun wajib juga untuk ulangan 1 campak dan Pentabio dan diulangi lagi pada saat SD/ BIAS, sehingga diharapkan mendapatkan kekebalan optimal sampai dengan 25 tahun.
      Kalau tubuh sedang tidak feed (batuk pilek apalagi masih panas) seyogjanya ditunda hingga kondisi feed (tidak panas).

  2. Lia aristantua

    Apakah ada Info loker untuk bisan disana ?

    1. dinkes

      Selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kota Malang! Maaf untuk sementara ini tidak ada, ikuti terus informasi yang ada di website resmi kami ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>