TOT Tenaga Kesehatan Dan Kader

2

WhatsApp Image 2016-11-15 at 14.39.38TOT tenaga kesehatan dan kader kesehatan dalam rangka pengembangan taman posyandu dilakukan untuk yang ketiga kalinya. Ini adalah angkatan yang ketiga dengan para peserta dari kader kesehatan yang mewakili setiap kelurahan yang ada di Kota Malang.

Taman Posyandu adalah merupakan pengembangan dari Posyandu Purnama atau Mandiri yang diberi tambahan layanan Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita. Keberadaan taman posyandu ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan bahkan kuantitas kegiatan promosi dan prevensi masalah kesehatan masyarakat yang langsung menyentuh masyarakat. Sehingga dapat diharapkan kasus-kasus penting kesehatan dapat dicegah sejak awal.

Yang membedakan antara pelayanan posyandu pada umumnya dengan taman posyandu adalah :

  1. Adanya layanan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) pada anak per tahapan umur.
  2. Adanya Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan benar.
  3. Pembiasaan PHBS sejak dini, semisal gosok gigi minimal 2 kali dalam sehari, makan buah dan sayur setiap hari, kebiasaan memotong kuku, dan lain sebagainya.

Sama dengan TOT sebelumnya, pertemuan kali ini juga dilakukan di kantor Dinas Kesehatan Kota Malang dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan pada hari kedua, dimulai pada hari Selasa tanggal 15 Nopember hingga Rabu tanggal 16 Nopember 2016.

Materi yang disampaikan pada pertemuan kali ini antara lain adalah :

  1. Deteksi dini tumbuh kembang bayi balita
  2. Deteksi dini bumil risti
  3. Antropometri
  4. Pengisian KMS
  5. TB
  6. DBD
  7. Imunisasi
  8. Diare
  9. Pemberdayaan dan promkes

Keluaran/ output dari kegiatan ini adalah adanya 5 tenaga kesehatan puskesmas dan kader 1 per kelurahan yang menjadi satu tim untuk mengoptimalkan taman posyandu se kota malang.

Untuk diketahui, pada saat ini di Kota malang sudah terdapat 86% posyandu purnama dan mandiri yg telah menjadi taman posyandu. Harapannya kedepan semua posyandu purnama dan mandiri menjadi taman posyandu. (AZ)

WhatsApp Image 2016-11-15 at 14.39.36

WhatsApp Image 2016-11-10 at 18.29.02

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

2 Komentar

  1. selamat siang, saya mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang yang sedang melaksanakan penelitian. saya ingin menanyakan mengenai jumlah kader kesehatan di kota malang serta penempatannya. untuk mengetahui jumlah dan lamannya dapat saya lihat dimana ? terimakasih sebelumnya

    • Selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kota Malang! Data dimaksud tersedia di Seksi BkBM Bidang Binkesmas. Silahkan anda bersurat ke kantor kami dan ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang! Kami tunggu kehadirannya!

Leave A Reply