Jokowi: Semua Kota Harus Lakukan Diferensiasi

0

jpnn.com, MALANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para wali kota untuk berfokus pada keunggulan daerah maisng-masing. Sebab, setiap kota pasti memiliki suatu keunikan dan keunggulannya tersendiri.

Ini disampaikan Jokowi saat menutup Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-12 di Malang, Jawa Timur pada Kamis (20/7).

“Diferensiasi kota itu penting sekali, setiap kota penting sekali ada pembedanya. Bogor misalnya dengan Bali dengan Denpasar. Kekuatan harus beda tiap kotanya,” kata Jokowi.

Karena itu mantan wali kota Surakarta ini mengingatkan para wali kota untuk merancang dan menyiapkan kota dengan baik. Dia memberikan contoh di Sunnylands, salah satu kota di California yang hanya mengurusi golf.

“Satu kota punya 37 padang golf. Setiap hari ribuan pesawat pribadi ke sana hanya untuk golf. Di sana isinya hanya resort dan golf, tidak ada yang lain,” tuturnya.

Jokowi meyakini bahwa kota-kota di tanah air sesungguhnya bisa melakukan hal serupa. Karena sebagai negara yang memiliki beragam budaya dan bahasa, terdapat banyak hal yang bisa diangkat oleh masing-masing daerah.

Tampak mendampingi Presiden, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Ketua Dewan Pengurus APEKSI Airin Rachmi Diany. Acara ini juga dihadiri oleh walikota dari seluruh Indonesia.(fat/jpnn)

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply