SYARAT IZIN MENDIRIKAN KLINIK

  1.  Permohonan kepada Walikota Malang.
  2. Identitas lengkap pemohon.
  3. Salinan/ fotocopy pendirian badan hukum atau badan usaha, kecuali untuk kepemilikan perorangan.
  4. Salinan/ fotocopy yang sah sertifikat tanah, bukti kepemilikan lain yang disahkan oleh notaris, atau bukti surat kontrak minimal untuk jangka waktu 5 (lima) tahun.
  5. Dokumen SPPL untuk klinik rawat jalan, atau dokumen UKL-UPL untuk klinik rawat inap sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
  6. Profil klinik yang akan didirikan meliputi pengorganisasian, lokasi, bangunan, prasarana, ketenagaan, kefarmasian, laboratorium serta pelayanan yang diberikan.
  7. Persyaratan lainnya sesuai dengan peraturan daerah setempat.
  8. Pengurusan izin mendirikan klinik tidak dipungut biaya atau GRATIS.

 

KELENGKAPAN ADMINISTRASI IZIN PENYELENGGARAAN KLINIK

  1. Permohonan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang bermaterai Rp. 6000,- oleh pimpinan Badan Usaha/Perorangan.

  2. Surat rekomendasi dari Puskesmas setempat.

  3. Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan

  4. Fotokopi Surat Ijin gangguan / HO.

  5. Salinan/fotokopi pendirian badan usaha kecuali untuk kepemilikan perorangan.

  6. Identitas lengkap pemohon.

  7. Surat Pernyataan kesediaan mentaati peraturan/perundang-undangan yang berlaku oleh Pimpinan Badan usaha/ Perorangan dengan materai Rp. 6000,-.

  8. Surat Pernyataan kesediaan bekerja sebagai penanggung jawab dan staf pelaksana (tiap petugas).

  9. Bukti hak kepemilikan atau penggunaan tanah atau ijin penggunaan bangunan untuk penyelenggaraan kegiatan bagi milik pribadi atau surat kontrak minimal selama 5 tahun bagi yang menyewa bangunan untuk peyelenggaraan kegiatan.

  10. Dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL).

  11. Profil klinik yang akan didirikan meliputi struktur organisasi kepengurusan, tenaga kesehatan, sarana dan prasarana, dan peralatan serta pelayanan yang diberikan.

  12. Fotokopi (dokter petugas dan dokter penanggung jawab):

  • STR (Surat Tanda Registrasi) yang diterbitkan oleh KKI

  • SIP (Surat Ijin Praktek)

  • Ijasah dokter

  • SK terakhir dokter penanggung jawab.

  1. Fotokopi (bagi bidan/perawat/Apoteker):

  • SIKP (Surat Ijin Kerja Perawat)

  • SIKB (Surat Ijin Kerja Bidan)

  • SIKTTK (Surat Ijin KerjaTenaga Teknik Kefarmasian)

  • SIPA (Surat Ijin Praktek Apoteker)

  • Ijasah Bidan/perawat/Apoteker

  1. Fotokopi Surat Izin bagi tenaga kesehatan lain yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

  2. Daftar tarif pelayanan kesehatan yang diketahui oleh Dinas Kesehatan Kota Malang.

  3. Gambar denah bangunan beserta ukurannya sesuai dengan persyaratan kelengkapan bangunan (dilegalisir).

  4. Peta lokasi Klinik dengan pelayanan medis sejenis.

  5. Perjanjian Kerja Sama Pengolahan Limbah Medis dengan Rumah Sakit yang mempunyai incinerator.

  6. Dokumen uji dan kalibrasi peralatan medis dan penunjang medis yang ada di klinik.

  7. Surat Izin Penggunaan Peralatan Medis dan Penunjang Medis yang menggunakan sinar pengion harus memenuhi ketentuan dan diawasi oleh Lembaga Yang Berwenang

  8. Fotokopi Surat Izin Klinik yang lama.

  9. Pengurusan izin penyelenggaraan klinik tidak dipungut biaya atau GRATIS.