Kunjungan Dinkes Propinsi Lampung

Personel Dinkes Prop Lampung dan Dinkes Kota Malang

Personel Dinkes Prop Lampung dan Dinkes Kota Malang

Pada hari senin tanggal 1 Juni  2015 Dinas Kesehatan Kota Malang mendapatkan kunjungan kerja dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung. Tujuan utama dari kunjungan kerja ini adalah untuk melihat kegiatan Kapasitas SDM Program TB dalam rangka penguatan Dokter Praktek Mandiri di Kota Malang.

Kunjungan ini diikuti oleh Kepala Bidang P2MK, Kepala Seksi P2, Pengelola/ Wasor TB dan staf Bidang P2MK Dinas Kesehatan Propinsi Lampung.

Diantara poin-poin yang disampaikan dan dipaparkan dalam kunjungan ini adalah :

  • Pentingnya keterlibatan Dokter Praktek Mandiri ( DPM ) dalam program Pengendalian Penyakit TB merupakan strategi Nasional untuk meningkatkan cakupan penemuan penderita TB di Kota Malang
  • Dinas Kesehatan Kota Malang sejak tahun 2010 sudah memulai bermitra dengan DPM dengan melakukan pelatihan dan sosialisasi pada DPM di Kota Malang
  • Kontribusi DPM dalam penemuan penderita cukup baik meskipun belum semua DPM yang sudah terlatih melaporkan
  • Analisa Situasi TB di Kota Malang dan peran serta DPM dalam kegiatan PPM di Kota Malang (Implementasi PPM antara Praktek Swasta dengan Fasyankes di Kota Malang) yang disampaikan oleh dr. Husnul Muarif selaku Kepala Bidang P2PL.
  • Implementasi Program Penegendalian TB dengan DOTS di tempat Praktek yang dalam hal ini disampaikan oleh dr. Yani Jane Sugiri, Sp.P(K)

Kesimpulan dari kunjungan ini adalah jejaring antara DPM dan Fasyankes di Kota Malang sudah berjalan dengan adanya pertemuan rutin Jejaring antara DPM dan Puskesmas yang ada di Kota Malang dan Pertemuan rutin evaluasi dan jejaring antara Rumah sakit dan Puskesmas serta adanya pertemuan Validasi Data TB. (AZ)

Kadinkes Kota Malang menerima kunjungan

Kadinkes Kota Malang menerima kunjungan

Leave a Reply

Your email address will not be published.