Site icon Dinas Kesehatan Kota Malang

Mengenal Poskestren Al Hikam Malang

Pemberdayaan masyarakat di pondok pesantren merupakan upaya fasilitasi agar mengenal masalah kesehatan yang dihadapi, merencanakan dan melakukan upaya pemecahan masalah dengan memanfaatkan potensi setempat sesuai situasi, kondisi dan kebutuhan setempat. Upaya fasilitasi tersebut diharapkan pula dapat mengembangkan kemampuan warga pondok pesantren untuk menjadi perintis atau pelaku dan pemimpin yang dapat menggerakkan masyarakat dan menumbuhkembangkan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM), berdasarkan azas kemandirian dan kebersamaan. Wujud pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan di pondok pesantren adalah Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN)

Kegiatan yang dilakukan dalam pengelolaan POSKESTREN lebih diutamakan dalam hal pelayanan promotif (peningkatan kesehatan) dan preventif (pencegahan), tanpa mengabaikan aspek kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan), yang dilandasi dengan semangat gotong royong dengan pembimbingan oleh puskesmas setempat. Dalam rangka mewujudkan POSKESTREN perlu diselenggarakan pelatihan kader oleh petugas puskesmas sebagai fasilitator.

KEGIATAN POSKESTREN AL HIKAM MALANG

Penyusunan dan pelaksanaan kegiatan POSKESTREN Al Hikam Malang dilakukan dengan mengadakan musyawarah mengenai pembahasan kesehatan di pesantren yang dilakukan pada forum-forum seperti rapat pengurus, kegiatan kajian keilmuan atau biasa disebut Muhadhoroh, rapat bulanan bersama dewan guru dan perwakilan setiap kamar. Hal tersebut dilakukan pada saat tertentu yang memungkinkan dilakukan pembahasan tentang kesehatan di lingkungan pesantren. Pembahasan tersebut menghasilkan kesepakatan pelaksanaan kegiatan kesehatan sebagai berikut :

  1. Survey mawas diri
  1. Upaya pencegahan penyakit
  2. Penyuluhan kesehatan di kawasan pesantren
  3. Memberikan pelayanan kesehatan sederhana
  4. Melakukan pencatatan kegiatan POSKESTREN

Kegiatan tersebut dilakukan baik di lingkungan masyarakat sekitar pesantren maupun di dalam pesantren. Tetapi lebih diprioritaskan memberi pelayanan di dalam masyarakat pesantren.

Kegiatan di POSKESTREN Al Hikam Malang terbagi menjadi 2 :

  1. Kegiatan Tahunan
  1. Kegiatan Bulanan
Exit mobile version