Penyuluhan Keamanan Pangan Untuk Anak Sekolah

Penyuluhan Keamanan Pangan di SDN Lesanpuro 4

Penyuluhan Keamanan Pangan di SDN Lesanpuro 4

Selama tiga hari Dinas Kesehatan Kota Malang Bidang Farmasi Makanan dan Minuman melakukan roadshow ke beberapa sekolah dasar di Kota Malang untuk melakukan penyuluhan keamanan pangan kepada anak-anak SD. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak SD wilayah Kota Malang tentang jajanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Berikut adalah roadshow penyuluhan keamanan pangan di Kota Malang :

  1. Hari Selasa tanggal 29 September 2015 dilakukan penyuluhan keamanan di SDN Lowokwaru II. Jumlah peserta adalah 200 siswa SD Kelas IV hingga kelas VI. Dan bertindak selaku narasumber adalah Dr. Lisna (Kepala Puskesmas Kendalsari) dan Dyah Setyatie, SKM. (selaku Kasie Makanan Minuman).
  2. Hari Kamis tanggal 8 Oktober 2015 dilakukan penyuluhan keamanan pangan di SDN Bandungrejosari 1. Jumlah peserta adalah 200 siswa SD Kelas I hingga kelas VI. Dan bertindak sebagai narasumber adalah Romadiyah Zulfa dan Siti Muhimatul, A.Md.Kesling. (Sanitarian Puskesmas Janti) dan Dyah Setyatie (Kasie Makanan Minuman).
  3. Hari Jumat tanggal 9 Oktober 2015 dilakukan penyuluhan keamanan pangan di SDN Lesanpuro 4. Jumlah peserta adalah 200 siswa SD kelas IV hingga kelas VI. Dan bertindak selaku narasumber adalah Drs. Linda Rosdiana T, Apt. (Kepala Bidang Farmasi Makanan Minuman), Dyah Setyatie, SKM. (Kasie Makanan Minuman), dan Umi Zuhroh (Sanitarian Puskesmas Gribig).

Materi yang disampaikan dalam penyuluhan keamanan pangan ini antara lain :

  • Keamanan pangan jajanan anak sekolah, adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia.
  • Gerakan cuci tangan dengan sabun yang baik, adalah menumbuhkan kesadaran anak-anak dan siswa sekolah agar senantiasa mencuci tangan dengan sabun yang baik guna mencegah terjadinya penyakit yang penularnya melalui tangan.
  • Penyakit yang ditimbulkan/ diakibatkan oleh jajanan yang mengandung bahan berbahaya. (AZ)

2 comments

  1. Luar biasa sekali,
    dengan adanya upaya yang sangat positif ini, semoga kesehatan genearsi kita bisa terjaga dengan baik. sukses

  2. memang sangat penting untuk melakukan penyuluhan pangan untuk anak, karena sekarang banyak sekali zat-zat berbahaya yang terkandung dalam makanan anak-anak, bila tidak berhati-hati, hasilnya akan memburuk. salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.