Berita

Pemkot Malang Serius Tangani HIV/ AIDS

Klojen, MC – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan Kota Malang serisu menangani penyakit HIV/ AIDS yang meresahkan masyarakat. Hal itu diinisiasi dengan menggelar acara Sarasehan Penanggulangan HIV/ AIDS dengan Tema ”Saya Berani, Saya Sehat, Saya Lindungi yang Tersayang dari HIV” yang di Same Hotel Malang, Selasa (28/11).

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Perekonomian, Ir. Diah Ayu Kusuma Dewi, MT, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dr. Husnul Muarif, dan dua pemateri dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) pusat. Acara ini dihadiri oleh TP PKK se-Kota Malang, dan beberapa LSM terkait yang berjumlah 125 orang.

Dalam sambutannya, Diah Ayu Kusuma Dewi menyambut baik kegiatan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat terkait upaya penanggulangan HIV/ AIDS dengan cara pencerdasan pemahaman mencegah HIV/ AIDS, melakukan tes HIV dan yang kemudian dilanjutkan dengan pengobatan ARV jika terdiagnosa HIV.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mencegah serta menanggulangi HIV/ AIDS dan Penyakit Infeksi Seksual Menular (PIMS),” urai Diah Ayu saat membuka acara.

Karena itu, kata dia, Pemerintah Kota Malang akan terus berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk memahami pentingnya melakukan tes HIV dan pengobatan ARV bagi orang dengan HIV/ AIDS (ODHA) secara dini.

Dari upaya itulah dapat menormalisasi isu HIV/ AIDS dan berpengaruh terhadap persepsi masyarakat yang lebih positif. Sehingga dapat menurunkan stigma dan diskriminasi. (say/ram)

About author

Articles

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *