Hanya Ada di Puskesmas Kendalsari, Ini Dia Polis Terapi untuk Pecandu Narkotika

0

MALANGTODAY.NET – Poli Terapi Rumatan Metadon (PTRM) adalah program pemerintah untuk merehabilitasi pengguna narkotika. Di Kota Malang sendiri, poli ini hanya ada di Puskesmas Kendalsari, Jalan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

“Jadi PTRM ini adalah program rehabilitasi narkoba yang ada di tiap kota/kabupaten. Untuk di Kota Malang sendiri, selain di Rumah Sakit Saiful Anwar, hanya ada disini (Puskesmas Kendalsari),” kata Kepala Puskesmas Indri Wahyuningsih.

Dengan PTRM ini, lanjut dia, adalah untuk mengurangi resiko terjangkitnya penyakit HIV/AIDS yang bisa disebabkan karena pertukaran jarum suntuk secara sembarangan. “Basic kita itu memang merubah perilaku dari penasun (pemakai napsa suntik) menjadi minum, yang mana untuk menghindari penularan HIV atau penyakit lain seperti hepatitis.  Sebab kalau pakai napsa suntik, efek seperti HIV-nya tinggi,” tandasnya belum lama ini kepada MalangTODAY.

Seperti diketahui, metadon sendiri mempunyai efek menyerupai morfin dan kokain dengan masa kerja yang lebih panjang, sehingga dapat diberikan satu kali sehari dengan cara penggunaan diminum. “Jadi pasien itu tiap hari datang. Mereka kita berikan metadon sesuai dosis masing–masing dan langsung minum didepan petugas,” ujarnya.

Saat ini, tercatat ada sebanyak 16 pasien yang rutin datang ke PTRM Puskesmas Kendalsari. Seperti pasien umum, mereka juga dilayani dengan professional meski ada cara-cara penanganan khusus dengan hanya perlu membayar Rp 5 ribu. “Pelayanan mereka mungkin sedikit khusus, karena efek narkoba tentu perilakunya berbeda ,” pungkasnya.

Tidak hanya sekedar terapi, para pasien tersebut juga akan dilayani jika terjangkit penyakit lain. “Karena biasanya ada efek samping seperti mual, keluar keringat minum dingin. Jadi selain kita rehab, juga kita obati. Karena tidak sedikit dari mereka terjangkit penyakit lain,” tandasnya.

Untuk itu, bagi Anda atau saudara anda yang punya ketergantungan dengan narkoba, bisa langsung saja datang ke Puskesmas Kendalsari agar mendapatkan pengawasan langsung dan pendampingan dari petugas selama proses penyembuhan.

Sumber : https://malangtoday.net/malang-raya/kota-malang/hanya-ada-di-puskesmas-kendalsari/

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply