Kegiatan Puskesmas, Jumat 12 Juli 2019

0

Inspeksi Laik Sehat di Rumah Makan dan Cafe ~ Puskesmas Cisadea.

Jumat (12/7/19) Sanitarian Puskesmas Cisadea melakukan laik sehat rumah makan dan cafe di wilayah kerja Puskesmas Cisadea. Inspeksi yang dilakukan meliputi:
1. Pemeriksaan kesehatan lingkungan,
2. Pengambilan sampel makanan secara bakteriologis,
3. Pengambilan sampel air secara bakteriologis,
4. Pemeriksaan kesehatan karyawan khususnya bagi penjamah makanan.

Tujuan dilakukannya pemeriksaan kelaikan penyehatan (hygiene sanitasi) rumah makan dan cafe adalah untuk melindungi konsumen dari makanan dan minuman yang tidak memenuhi persyaratan hygiene sanitasi, terutama dari aspek kesehatan.
Agar tujuan tersebut optimal dapat dicapai, penting dipenuhi standar persyaratan hygiene sanitasi rumah makan dan restoran.

 

 

Penyediaan Ruang Ramah Anak ~ Puskesmas Arjowinangun.

Fasilitas kesehatan harus ramah anak, agar anak-anak merasa senang datang ke Puskesmas. Tidak hanya untuk pengobatan, tetapi juga untuk imunisasi, kontrol kesehatan, tumbuh kembang, dan juga konseling gizi maupun penyakit. Salah satu indikator puskesmas ramah anak yang harus dipenuhi adalah penyediaan tempat bermain ramah anak, tenaga medis yang melayani dengan ramah, dan pelayanan gizi yang memadai untuk anak.

Jumat (12/7/19) Puskesmas Arjowinangun menyediakan tempat bermain yang sering diminati oleh anak-anak yang berkunjung ke Puskesmas. Tempat bermain ini berada di depan ruang laktasi dan DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang). Penyediaan tempat bermain ini merupakan salah satu upaya Puskesmas Arjowinangun untuk menjadi Puskesmas Ramah Anak.

 

 

 

 

Pertemuan Motivasi ASI ~ Puskesmas Pandanwangi.

Pertemuan movitasi ASI dilaksanakan di Aula Puskesmas Pandanwangi pada Jumat(12/7/19) yang dihadiri tokoh masyarakat (kader) dan tokoh agama yang ada di Kelurahan Pandanwangi dan Arjosari.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyampaikan informasi kesehatan mengenai pentingnya ASI eksklusif dan diharapkan informasinya dapat diteruskan kepada masyarakat secara luas. Selain itu materi tambahan yang diberikan adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) pada anak.

 

 

 

 

 

Penyuluhan Higiene Perorangan di Pondok Pesantren ~ Puskesmas Mulyorejo.

Memberikan pemahaman tentang pentingnya kesehatan di pondok pesantren adalah hal yang penting, karena kesehatan merupakan ujung tombak dari suksesnya para siswa untuk meraih cita-citanya.

Jumat (12/07/19) Petugas Kesehatan Puskesmas Mulyorejo memberikan penyuluhan terkait dengan Higiene Perorangan (kebersihan badan), kesehatan gigi, dan PHBS di sekolah. Selain itu juga dilakukan sosialisasi tentang penyakit kulit scabies/kudis/gudik pada siswa Pondok SMP Islam Sabilulrosyad. Siswa-siswa sangat antusias dan mereka banyak yang bertanya tentang materi-materi yang disampaikan.

Di harapkan para siswa bertambah pengetahuannya dan lebih sadar akan pentingnya pola kehidupan yang sehat.

 

 

 

Koordinasi HIV Antar Program ~ Puskesmas Kendalkerep.

Jum’at (12/07/19) bertempat di Aula Lantai 2 Puskesmas Kendalkerep dilaksanakan kegiataan koordinasi tentang pelayanan HIV dengan pembahasan mulai dari alur pelayanan pemeriksaan HIV, pemeriksaan IMS (Infeksi Menular Seksual) yang melibatkan bidan, perawat, dan dokter.

 

 

 

 

 

 

 

Tes Kebugaran Karyawan ~ Puskesmas Polowijen.

Olahraga adalah salah satu bentuk aktifitas fisik yang dilakukan secara teratur dengan tujuan meningkatkan derajat kebugaran jasmani. Dengan olahraga atau aktifitas fisik secara baik dan benar, teratur, dan terukur akan dicapai tingkat kebugaran yang optimal dan merupakan modal penting dalam meningkatkan produktifitas kerja dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Jum’at (12/07/2019) Seluruh karyawan Puskesmas Polowijen diperiksa tekanan darah, berat badan, tinggi badan, riwayat penyakit tertentu dan riwayat minum obat. Kemudian dilakukan tes kebugaran karyawan yaitu lari, sedangkan bagi yang mempunyai riwayat penyakit dan minum obat hanya jalan cepat saja.

Jadi, yuk jaga produktivitas kerja kita dengan olahraga secara teratur!

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply