Kegiatan Puskesmas, Jumat 2 Agustus 2019

Kelas Ibu Hamil Puskesmas Pandanwangi

Jumat, 2 Agustus 2019 Kelas Ibu Hamil Puskesmas Pandanwangi dilaksanakan di Kelurahan Arjosari, pada kegiatan ini ibu hamil diberikan informasi mengenai pemeriksaan kehamilan, persalianan dan nifas, penyakit dan komplikasi, serta perawatan bayi baru lahir sehingga ibu hamil memahami informasi tentang kehamilan hingga nifas supaya tidak terjadi hal-hal yang membahayakan ibu maupun bayi.

Ayo bumil saatnya merapat di hari Jumat, saatnya kelas ibu hamil! Hari ini dilaksanakan kegiatan kelas Ibu hamil di Keluarahan Arjosari, para ibu hamil dibekali informasi mengenai pemeriksaan kehamilan, persalianan dan nifas, penyakit dan komplikasi, serta perawatan bayi baru lahir.

Mereka sangat antusias mengikuti jalannya acara dan menunjukkan partisipasi aktif dengan bertanya dan menjawab soal-soal yang diberikan oleh fasilitator. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan para ibu hamil memahami mengenai informasi kehamilan hingga nifas agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan Ibu maupun bayi.

 

 

 

Pendampingan Minum Obat Cacing ~ Puskesmas Pandanwangi.

Jumat (2/8/19) di SDN Pandanwangi 2 dan SDN Arjosari 1 dilaksanakan kegiatan minum obat cacing bersama sama yang didampingi oleh Petugas Puskesmas Pandanwangi. Pada kegiatan tersebut siswa juga dibekali informasi kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang berhubungan dengan kejadian kecacingan. Harapa

Puskesmas Pandanwangi bekerja sama denngan Sekolah dengan harapan agar penyakit cacingan dapat dicegah sedini mungkin sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal!

Aku anak sehat! Bebas dari cacingan!

 

 

 

 

Kelas Ibu Hamil ~ Puskesmas Cisadea.

Jumat (2/8/19) Kelas Ibu Hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan). Tujuan kelas ibu hamil adalah:
1. Untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil,
2. Merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan,
3. Memahami perubahan tubuh dan keluhan selama hamil,
4. Memahami Perawatan Kehamilan,
5. Memahami Persalinan,
6. Memahami Perawatan Nifas,
7. Memahami KB Pasca Persalinan,
8. Memahami bagaimana cara menangani bayi baru lahir.

Selain ibu mendapatkan pengetahuan secara teori, Ibu juga diajarkan mengenai senam Ibu hamil oleh Bidan Puskesmas Cisadea tujuannya supaya ibu tetap rileks dan tidak tegang saat hamil.

Ayo, jangan lupa ikut kelas ibu hamil ya.

 

Prolanis Puskesmas Kedungkandang

Jumat (2/8/19), bertempat di Aula Puskesmas Kedungkandang semangat merah putih kemerdekaan terlihat pada anggota prolanis yang mengikuti kegiatan :
1. Kegiatan senam bersama, dan
2. Pengukuran Tekanan Darah.

Tetap sehat dan bugar di usia senja, merupakan dambaan setiap manusia, dengan melakukan aktifitas secara rutin dan cek kesehatan secara berkala harapannya lansia bisa tetap sehat. Ini merupakan salah satu poin “GERMAS”. Bersama kronis bersinar, mewujudkan semangat menggapai sehat di usia senja.

Yuk ikutan kelas prolanis bersama kami, di Puskesmas Kedungkandang.

 

 

 

Posyandu ~ Puskesmas Rampal Celaket.

Bulan Agustus ini di Posyandu akan ada penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian vitamin A, dan obat cacing lho. Kegiatan tersebut sudah dimulai di Posyandu Puskesmas Rampal Celaket sejak tanggal 1 Agustus 2019, dan hari ini Jumat, 2 Agustus 2019 kegiatan Posyandu pemberian vitamin A dan obat cacing dilaksanakan di Posyandu RW 7 Klojen.

 

 

 

 

 

 

 

Cegah HIV Sekarang Juga ~ Puskesmas Kendalkerep.

HIV adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia, sehingga mudah terkena penyakit. Orang dengan HIV yang banyak penyakit, disebut sebagai AIDS (kumpulan penyakit/sindrom dalam tubuh). Masih banyak warga yang belum paham mengenai penularan HIV, oleh karena itu Jumat (2/8/19) diadakan Pertemuan Lintas Sektor P2HIV Perilaku sesual beresiko yang bisa menularkan IMS termsuk HIV.

 

 

 

 

 

 

 

Minum Obat Cacing Bersama ~ Puskesmas Mojolangu

Jumat, 2 Agustus 2019, Kegiatan minum obat cacing diadakan di SDN Tunjungsekar 1, SDN Tasikmadu 2, dan SDN Tunggulwulung 2 dengan didampingi Guru dan Petugas Kesehatan Puskesmas Mojolangu.

Yuk dukung Indonesia bebas cacing!

 

 

 

 

 

 

 

Gemar Datang ke Posyandu Rutin ~ Puskesmas Polowijen

Penyuluhan Keliling (Penyuling) Dinas Kesehatan Kota Malang hadir kembali di Polowijen. Jum’at (02/08/19) Puskesmas Polowijen melakukan penyuluhan keliling di RW 09 Kelurahan Purwodadi. Pesan yang disampaikan pada kegiatan Penyuling ini adalah :
1. Mengapa harus ke Posyandu rutin?
2. Mengapa harus menimbang balita setiap bulan sejak lahir- 5 tahun,
3. Pemberian kapsul vitamin A merah biru,
4. Pemberian obat cacing.

Jadi tunggu apalagi yuk kita jangan ragu-ragu untuk mengunjungi Posyandu karena banyak manfaatnya.

 

 

 

 

Penyuluhan Kesehatan tentang Obesitas ~ Puskesmas Arjowinangun.

Petugas kesehatan Puskesmas Arjowinangun melakukan penyuluhan kesehatan pada kelompok prolanis di Pustu Mergosono dengan materi pembahasan tentang obesitas. Secara garis besar ada dua faktor yang mempengaruhi obesitas yaitu faktor yang dapat diubah dan faktor yang tidak dapat diubah.

Faktor yang tidak dapat diubah adalah umur, jenis kelamin, dan gen. Sedangkan faktor yang dapat diubah adalah pola hidup (life style) mencakup pola makan dan kebiasaan aktivitas fisik atau olahraga. Faktor pola hidup inilah yang berpengaruh besar. Kebiasaan makan makanan yang manis, junkfood, garam, dan makanan tinggi lemak menyebabkan terjadinya obesitas.

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.