Kegiatan Puskesmas, Senin 5 Agustus 2019

Penyuluhan TBC pada Lansia dan Pentingnya IDL di Posyandu Melati 2 Lesanpuro ~ Puskesmas Gribig.

Fokus kegiatan GERMAS tahun ini yaitu cegah stunting, eliminasi TBC dan meningkatkan cakupan imunisasi. Senin, 5 Agustus 2019 perawat dan bidan yang bertugas di Posyandu Melati 2 melaksanakan kegiatan rutin posyandu dan juga melakukan penyuluhan TBC pada lansia. Batuk terus menerus lebih dari 2 minggu merupakan ciri khas penyakit TB paru. Meskipun penyakit TBC juga bisa menyerang bagian tubuh lain seperti tulang, otak dan kulit.

 

 

 

 

 

 

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dan Skrining Kesehatan ~ Puskesmas Mulyorejo.

Senin, 5 Agustus 2019, Petugas Kesehatan Puskesmas Mulyorejo melaksanakan Skrining Kesehatan dan BIAS di SD Mulyorejo 3, SD Pisang Candi 2, dan SD Bandulan 3. Kegiatan BIAS yang dilakukan kepada siswa kelas 1 dan 2 bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus.

Kegiatan Skrining kesehatan yang dilakukan pada kelas 1-3 bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Skrining yang dilakukan adalah pemeriksaan status gizi, kebersihan diri, kesehatan reproduksi, gigi dan mulut, serta pemeriksaan dan pendengaran.

 

 

 

 

 

Pembukaan Posyandu Lansia Krisna Kelurahan Pandanwangi ~ Puskesmas Pandanwangi.

Senin, 5 Agustus 2019, pembukaan Posyandu Lansia Krisna di RW. 4 Kelurahan Pandanwangi, secara simbolis disahkan oleh Ketua RW. 4 Pandanwangi. Kegiatan Posyandu Lansia diawali dengan senam bersama yang dilanjutkan dengan pemeriksaan Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), Tekanan Daran (TD), pemantauan Kartu Menuju Sehat (KMS) lansia, konsultasi kesehatan serta pemberian obat yang sesuai. Selain itu juga ada penyuluhan tentang Hipertensi, Diabetes Melitus, dan Pangan Sehat oleh Media Informasi Edukasi Kesehatan Keliling (Mie Kesling).

 

 

 

 

 

 

 

Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) ~ Puskesmas Pandanwangi.

Senin, 5 Agustus 2019, Apoteker Puskesmas Pandanwangi mengadakan sosialisasi penggunaan obat secara cerdas kepada kader posyandu untuk dapat diteruskan kepada masyarakat lebih luas. Tujuan sosialisasi penggunaan obat secara cerdas adalah agar masyarakat dapat mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat dengan bijak.

 

 

 

 

 

 

 

Screening dan BIAS Anak Sekolah ~ Puskesmas Cisadea.

Senin, 5 Agustus 2019, Petugas Puskesmas Cisadea dibantu mahasiswa kedokteran UMM melakukan screening dan BIAS murid kelas 1 s.d. kelas 6 SDN Purwantoro 2. Murid dicek kesehatannya satu persatu, jika ditemukan murid yang sedang sakit maka ditunda pemberian imunisasinya. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk mencegah perkembangan penyakit.

 

 

 

 

 

 

 

Minum Obat Cacing Pada Balita Terjadwal ~ Puskesmas Polowijen.

Senin (05/08/19) Kader RW 04 Kelurahan Purwodadi membagikan obat cacing pada balita yang berkunjung ke Posyandu. Semua anak usia dini (12- 72 bulan) mendapat obat cacing setahun sekali di Bulan Agustus secara serentak.
Tujuan kegiatan ini adalah menurunkan angka prevalensi kecacingan pada anak usia pra sekolah dan anak usia sekolah. Jadi yuk sukseskan eliminasi kecacingan pada anak.

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.