Kegiatan Puskesmas, Kamis 8 Agustus 2019

Pengkajian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sekolah ~ Puskesmas Kendalkerep.

Kamis, 8 Agustus 2019, Sanitarian dan Petugas Promkes Puskesmas Kendalkerep melaksanakan inspeksi kesehatan di SDN Polehan 2. Indikator yang diperiksa mulai dari keberadaan sabun cuci tangan, pencahayaan kelas, kesehatan kantin, hingga perilaku kebersihan siswa. Beberapa hal yang diketahui dari inspeksi antara lain cuci tangan menggunakan sabun sudah menjadi kebiasan murid di SDN Polehan dan dikantin sekolah tidak ditemukan makan berbahaya atau kotor.

Yuk kita berPHBS di sekolah!

 

 

 

 

 

 

Pemberian Vitamin A Balita ~ Puskesmas Polowijen.

Setiap bulan Februari dan Agustus yang merupakan Bulan Vitamin A, di posyandu atau di fasilitas kesehatan dibagikan vitamin A secara gratis untuk anak balita. Kamis (08/08/19) Kader Posyandu Kader Kelurahan Purwodadi memberikan kapsul vitamin A pada balita yang berkunjung ke Posyandu.

Balita 12-59 bulan dapat Vit. A Merah dan bayi 6-11 bulan dapet Vit. A Biru.

 

 

 

 

 

 

 

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dan Skrining Kesehatan ~ Puskesmas Mulyorejo.

Kamis, 08 Agustus 2019 Petugas Kesehatan Puskesmas Mulyorejo melakukan Skrining Kesehatan dan BIAS di SDN Karangbesuki 2 dan SDN Bandulan 3.
Skrining kesehatan dilakukan bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Skrining yang dilakukan terkait dengan pemeriksaan status gizi, kebersihan diri, kesehatan reproduksi, gigi dan mulut, serta pemeriksaan dan pendengaran. Kegiatan BIAS yang dilakukan pada murid kelas 1 dan 2 bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus.

 

 

 

 

 

Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SDN Mergosono 2 ~ Puskesmas Arjowinangun.

Cuci tangan pakai sabun, merupakan kebiasaan kecil yang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Selain membersihkan tangan dari kuman, CTPS juga dapat mencegah penyakit diare, disentri, kecacingan, disentri, dan penyakit yang ditularkan melalui makanan lainnya.

Pembiasaan CTPS sejak dini akan lebih mudah untuk diterapkan. Karena anak-anak lebih mudah mengingat dan meniru kebiasaan orang di sekitarnya. Petugas kesehatan Puskesmas Arjowinangun memberikan edukasi CTPS kepada siswa kelas 5 di SDN Mergosono 2.

Selain 6 langkah mencuci tangan yang benar, petugas juga mengedukasi siswa terkiat waktu penting untuk mencuci tangan. 5 waktu penting untuk mencuci tangan adalah:
1. Sebelum dan sesudah makan,
2. Sesudah BAB dan BAK,
3. Sebelum memegang bayi,
4. Setelah memegang hewan piaraan,
5. Setelah beraktivitas.

Yuk, biasakan CTPS sejak dini. Tangan bersih, kuman pun mati!

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.