BeritaKEGIATAN DINAS KESEHATAN

SARASEHAN TB DAY TAHUN 2022 : INVESTASI UNTUK ELIMINASI TBC, SELAMATKAN BANGSA

Dalam rangka Hari TBC Sedunia Tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 24 Maret setiap tahunnya, Dinas Kesehatan Kota Malang melalui bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengadakan kegiatan Sarasehan TB Day di Ballroom Akasia Hotel Savana Kota Malang pada Rabu, 23 Maret 2022. Hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Malang Drs. H Sutiaji, dan drg. M.V.S. Mahanani, M.Kes sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Peserta kegiatan ini adalah komponen masyarakat mulai dari TP PKK, puskesmas, jajaran pendidikan tinggi (universitas), pondok pesantren, klinik kesehatan, kader kesehatan, LSM TBC, dan komunitas mantan pasien TBC.

Mengangkat tema “Investasi untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa”, seluruh lapisan masyarakat diingatkan kembali bahwa TBC masih menjadi permasalahan kesehatan di dunia yang menyebabkan banyak kematian di berbagai negara. Dari tema ini, diharapkan dapat menggerakkan hati setiap orang untuk menyadari bahwa eliminasi TBC bukan hanya tanggung jawan sector kesehatan, tetapi tanggung jawab setiap individu yang ada baik sehat maupun sakit.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan sarasehan ini adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan yang benar bagi masyarakat agar peduli untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga dari TBC serta menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap TBC;
  2. Meningkatkan komitmen dari pemerintah untuk terlibat dalam pencegahan dan pengendalian TBC/TB MDR;
  3. Membuka akses dalam penemuan dan pengobatan TBC sampai sembuh bagi masyarakat dengan melibatkan semua stake holder terkait serta penyedia layanan kesehatan sesuai dengan fungsi dan fasilitas yang dimiliki, sehingga hak pasien dapat terjamin untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas.