Site icon Dinas Kesehatan Kota Malang

PERAN KADER DI KOTA MALANG : PENINGKATAN KAPASITAS KADER DALAM GERAKAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT, KADER SIAP WUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT

Dinas Kesehatan Kota Malang menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader dalam Gerakan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Acara tersebut diadakan pada hari Senin, tanggal 23 September 2024, berlangsung di Mahameru Hall, lantai 4, Hotel Aria Gajayana, Kota Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh 147 orang, diantaranya 137 peserta berasal dari LDII, 1 kepala bidang kesehatan masyarakat sekaligus selaku pemateri dan 1 pemateri lainnya,   5 petugas promosi kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Malang, dan 3 mahasiswa magang Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang.

Peningkatan kapasitas kader ini merupakan suatu pertemuan yang dihadiri oleh warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia ( LDII), yang sebagian besarnya berasal dari kalangan generasi muda. Peningkatan kapasitas kader terkait PHBS ini diharapkan mampu menjadikan para generasi muda sebagai kader kesehatan yang kompeten, yang mampu mengidentifikasi dan menangani masalah kesehatan khususnya yang berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Dengan meningkatkan kapasitas kader muda, diharapkan akan tercipta kesadaran bersama di kalangan masyarakat, terutama di kalangan anak muda sendiri.

Bapak Bambang R.E Martojo, S.KM.,MM.Kes., CPEC, CT.NLP dari CV. Kata Hati Memberikan Motivasi Kepada Kader PHBS dari Kalangan Pemuda

Acara dimulai dengan sambutan dan pengenalan PHBS oleh Bapak drg. Muhammad Zamroni dan Bapak Agus Farid Mubarok, S.ST. Selanjutnya, Bapak drg. Muhammad Zamroni selaku pemateri pertama memaparkan 10 langkah perilaku hidup bersih dan sehat yang harus diterapkan di rumah tangga. Ia menekankan pentingnya kebiasaan sederhana, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengonsumsi makanan bergizi,  berolahraga secara teratur untuk mencegah penyakit, dan lain sebagainnya. Kemudian, dilanjutkan dengan pemateri kedua yaitu  Bapak Bambang Martojo S.KM., M.kes menyampaikan materi terkait peran generasi muda dalam mendukung program PHBS. Beliau menyoroti pentingnya peran pemuda dalam menyebarkan informasi terkait PHBS dan masalah kesehatan lainnya melalui komunitas sosial atau media sosial yang populer di kalangan generasi muda. 

PHBS sendiri adalah  semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan kader-kader kesehatan dapat menjadi agen perubahan dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Selain itu, generasi muda juga diharapkan dapat aktif dalam mempromosikan PHBS di lingkungan keluarga dan teman sebaya, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan sejahtera. Dengan semangat kader yang luar biasa, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman mendalam tentang langkah-langkah sederhana namun efektif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kota Malang, melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitar.

Salam sehat!

Exit mobile version