Site icon Dinas Kesehatan Kota Malang

GERAKAN AKTIFKAN POSYANDU KOTA MALANG : KELURAHAN MERGOSONO GELAR PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR KADER POSYANDU

Koordinator Kelurahan Mergosono Memberikan Himbauan Kepada Kader Posyandu Kelurahan Mergosono

Pelatihan 25 Kompetensi Dasar Kader di Kelurahan Mergosono, Kota Malang, merupakan bagian penting dalam meningkatkan kualitas kader posyandu dan memperkuat peran mereka dalam pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para kader mengenai berbagai aspek kesehatan serta keterampilan khusus yang dibutuhkan dalam pengelolaan Posyandu di era Integrasi Layanan Primer (ILP). Dengan pelatihan ini, diharapkan para kader di Kelurahan Mergosono semakin kompeten dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar dan mampu berperan lebih efektif dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pelatihan 25 Kompetensi Dasar Kader dalam rangka optimalisasi ILP gelombang III di Kelurahan Mergosono dilaksanakan pada Selasa, 08 Oktober 2024 dengan melibatkan seluruh kader posyandu di Kelurahan Mergosono Kota Malang yang dihadiri oleh 29 Kader Posyandu. Pelatihan ini bertempat di Aula Kantor Kelurahan Mergosono. Kegiatan ini merupakan rangkaian pelatihan yang terbagi menjadi 3 gelombang yang menyasar seluruh kader posyandu Kelurahan Mergosono yang berjumlah 193 orang.

Narasumber Dinas Kesehatan Kota Malang Menyampaikan Materi Pelayanan Kesehatan Remaja

Posyandu, sebagai salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan promotif dan preventif yang lebih dekat kepada masyarakat. Saat ini,  ILP sedang dioptimalkan di berbagai posyandu Kota Malang. Dengan cakupan pelayanan yang lebih luas, Posyandu ILP melayani masyarakat seluruh siklus hidup, mulai dari ibu hamil, ibu nifas, bayi, balita, remaja, anak usia sekolah, usia produktif, hingga lansia. Posyandu ILP diharapkan mampu memberikan layanan kesehatan yang terintegrasi dan lebih komprehensif di tingkat desa, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan

Exit mobile version