N

 

  • Nakes (Tenaga Kesehatan)
    Setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan formal di bidang kesehatan, yang untuk jenis tenaga kesehatan tertentu memerlukan kewenangan dalam melakukan upaya  kesehatan. Tenaga kesehatan terdiri dari (1) Tenaga Medis; (2)Tenaga Keperawatan; (3) Tenaga Kefarmasian; (4) Tenaga Kesehatan Masyarakat; (5) Tenaga Gizi; (6) Tenaga Keterapian Fisik; (7) Tenaga Keteknisian Medis.

  • Nama generik
    Nama yang umum digunakan untuk mengidentifikasi obat, sebagai lawan dari nama merek yang digunakan oleh perusahaan tertentu untuk pemasaran (misalnya, pegylated interferon adalah nama generik dari obat yang dipasarkan di bawah nama merek Peg-Intron dan Pegasys).

  • NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya)
    Narkotika yaitu zat-zat alamiah maupun sintetik dari bahan yang dapat menimbulkan candu yang mempunyai efek menurunkan atau mengubah kesadaran.  Alkohol merupakan zat aktif dalam berbagai minuman keras. Di dalam alkohol terkandung etanol yang berfungsi menekan syaraf pusat. Kemudian psikotropika yaitu zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif, yaitu perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Sedangkan zat-zat adiktif adalah zat-zat yang mengakibatkan ketergantungan. Zat-zat ini berbahaya karena bisa mematikan sel otak.

  • Narkoba (Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya)
    Akronim dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya atau dapat pula menjadi Narkotika dan Bahan Berbahaya lainnya. Istilah narkoba lebih dikenal masyarakat dan dunia penegakkan hukum.

  • Narkotika
    Zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Saat ini terdapat 116 jenis narkotika yang berada di bawah konvensi tahun 1961 (Single Convention on Narcotic Drugs)

  • Narkotika Golongan I
    Narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan. Jenis-jenis narkotika yang termasuk golongan I antara lain tanaman Papaver Somnifeum L, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), tanaman koka,  daun koka,  kokaina mentah,  kokaina,  tanaman ganja.

  • Narkotika Golongan II
    Narkotika yang berkhasiat pengobatan digunakan sebagai  pilihan terakhir dan dapat digunakan dalam terapi dan/atau tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi mengakibatkan ketergantungan, jenis-jenis narkotika yang termasuk golongan II antara lain Morfina, Fentanil, Petidina.

  • Narkotika Golongan III
    Narkotika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketergantungan, jenis-jenis narkotika yang termasuk golongan III antara lain Kodeina, Etil morfina (Dionina).

  • Naturopati
    Sebuah sistem kesehatan secara menyeluruh yang berfokus pada promosi kesehatan daripada pengobatan penyakit. Pengobatan alternatif ini mendorong tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri melalui penggunaan diet, herbal, pijat, manipulasi sendi, dan perubahan gaya hidup.

  • Nebulizer
    Perangkat yang berisi obat cair yang berubah menjadi kabut halus dan mudah terhirup ke dalam saluran udara dan paru-paru.

  • Neonatal
    Hal-hal yang berhubungan dengan bayi baru lahir

  • Neonatal Intensive Care Unit (NICU)
    Unit Perawatan Intensif Neonatal di rumah sakit yang ditangani oleh tim yang terdiri dari dokter dan perawat yang terlatih dalam merawat bayi lahir prematur atau dengan kebutuhan khusus. Tim ini mungkin termasuk neonatologis dan perawat yang terlatih khusus. Ahli bedah atau ahli radiologi atau orang lain yang memahami kebutuhan khusus bayi baru lahir juga dapat menjadi bagian dari tim. Di NICU tersedia tempat tidur khusus yang memberikan kehangatan dan isolasi, agar bayi tidak terkena kuman. Dokter dan perawat dapat mengukur tanda-tanda vital, seperti denyut jantung, tekanan darah dan pernapasan. Jika dibutuhkan peralatan untuk suplai darah dan makanan, di NICU juga disediakan.

  • Neonatus = neonate
    Bayi baru lahir sampai usia 28 hari (usia 0-28 hari)

  • NEP (Needle Exchange Program)
    Program pertukaran jarum suntik (perjasun) sejauh ini masih dilakukan dengan cara-cara lama, yakni dengan metode penjangkauan ke lokasi-lokasi yang diyakini sebagai tempat nongkrong para junkie (IDU). Selain mendistribusikan jarum suntik steril, petugas lapangan (PL) sebagai pelaksana program dituntut untuk memberikan informasi tentang HIV dan tujuan dari program itu sendiri. Sehingga keberadaan petugas lapangan ini juga harus memiliki pengetahuan yang cukup.

  • Neuroblastoma
    Tumor embrional dari sistem saraf simpatis yang berasal dari cikal bakal jaringan saraf (primitif neural crest).

  • New Emerging Diseases
    Penyakit yang baru muncul di populasi dan perluasan host (misal dari hewan ke manusia) secara cepat yang berhubungan dengan peningkatan penyakit yang dapat terdeteksi.

  • NID (National Immunization Day)
    Di Indonesia identik dengan PIN, lihat PIN.

  • Nifas
    Periode 6 jam sampai 42 hari pasca persalinan.

  • Nikotin
    Zat adiktif dalam tembakau, karena efek toksiknya, digunakan juga sebagai insektisida.

  • NMR (Neonatal Mortality Rate)
    Lihat angka kematian neonatal

  • Non-steroidal anti inflammatory drugs (NSAID)

    Golongan obat pengurang nyeri dan peradangan. Contoh NSAID adalah aspirin, ibuprofen, naproxen dan berbagai obat resep lainnya.

  • Noncommunicable diseases (NCDs)

    Suatu kondisi medis atau penyakit yang tidak menular. Contohnya adalah diabetes, penyakit jantung dan kanker. WHO melaporkan bahwa NCDs adalah penyebab utama kematian di dunia, bertanggung jawab untuk 63% dari 57 juta kematian yang terjadi pada tahun 2008. Mayoritas kematian ini -36 juta- dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker dan penyakit pernapasan kronis.

  • Nosokomial
    Infeksi pada pasien yang diperoleh di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Biasa disebut infeksi silang.

  • Nosokomial
    Infeksi pada pasien yang diperoleh di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Biasa disebut infeksi silang.

  • NRR (Net Reproductive Rate)
    Rata-rata jumlah anak perempuan yang dilahirkan oleh seorang perempuan selama hayatnya dan akan tetap hidup sampai dapat menggantikan kedudukan ibunya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.