S

 

  • Sadanis (CBE = Clinical Breast Examination)

    Periksa Payudara Klinis, pemeriksaan payudara yang dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih. Pemeriksaan ini digunakan untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang ada pada payudara dan untuk mengevaluasi kanker payudara pada tahap dini sebelum berkembang ke tahap yang lebih lanjut. CBE dapat menjadi metode deteksi dini kanker payudara yang efektif pada wanita yang tidak melakukan mammogram secara teratur. Secara spesifik, CBE memberikan kesempatan kepada tenaga kesehatan untuk melakukan deteksi kanker payudara serta memberikan penyuluhan pada wanita tentang kanker payudara, baik gejala klinis, faktor resiko, serta peran deteksi dini untuk menurunkan angka kematian akibat kanker payudara. Pada wanita berusia 20-40 tahun CBE dianjurkan untuk dilakukan setiap tiga tahun sekali.

  • SADARI
    Pemeriksaan Payudara Sendiri, sebaiknya dilakukan oleh setiap perempuan setiap bulan sekali dimulai pada usia 20 tahun atau sejak menikah.

  • Safe Community
    Keadaan aman dan sehat di masyarakat dalam seluruh siklus kehidupan sejak dalam kandungan sampai lanjut usia yang diwujudkan oleh masyarakat, dari masyarakat, untuk masyarakat dengan fasilitasi pemerintah. (Sumber : Pedoman Puskesmas dalam Penanggulangan Bencana, Depkes RI, Ditjen Bina Kesmas, tahun 2005)

  • Saintifikasi Jamu
    Pembuktian ilmiah jamu melalui penelitian berbasis pelayanan kesehatan.

  • Saka Kencana
    Satuan Karya Pramuka Kependudukan dan Keluarga Berencana merupakan salah satu saka pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang keluarga berencana bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega

  • Saluri
    Periksa Lupus Sendiri, dengan memperhatikan gejala-gejala lupus seperti demam lebih dari 38C dengan sebab yang tidak jelas, rasa lelah dan lemah berlebihan, sensitif terhadap sinar matahari, rambut rontok, ruam kemerahan berbentuk kupu-kupu di wajah yang sayapnya melintang dari pipi ke pipi, ruam kemerahan di kulit, sariawan yang tidak sembuh-sembuh terutama di atap rongga mulut, nyeri dan bengkak pada persendian terutama di lengan dan tungkai, menyerang lebih dari dua sendi dalam jangka waktu lama, ujung jari-jari tangan dan kaki menjadi pucat hingga kebiruan saat udara dingin, nyeri dada terutama saat berbaring dan menarik napas, kejang atau kelainan saraf lainnya.
    Jika mempunyai empat atau lebih gejala di atas segera konsultasi dengan dokter pemerhati lupus.

  • Sanatorium
    Fasilitas medis yang dikhususkan untuk menyembuhkan penderita tuberkulosis (TB). DIperkenalkan pada tahun 1849, sanatorium mencegah pasien TB dari kontak dengan penduduk yang tidak terinfeksi dan memberikan akses pasien pada sinar matahari, udara segar dan makanan bergizi. Seorang dokter Jerman terinsprirasi untuk menciptakan sanatorium setelah dia sembuh dari TB, saat tinggal di pegunungan Himalaya dan mengonsumsi makanan bergizi.

  • Sanggama Terputus
    Metode keluarga berencana tradisional, dimana pria mengeluarkan alat kelaminnya (penis) dari vagina sebelum pria mencapai ejakulasi

  • Sanitasi Dasar
    Sarana sanitasi rumah tangga yang meliputi sarana Buang Air Besar, sarana pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga.

  • Sarana Kesehatan Olahraga
    Tempat melakukan kegiatan olahraga baik di dalam maupun di luar gedung. Bentuk yang dimaksud dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dalam bentuk sanggar senam, kelompok olahraga, dll. (Sumber: Pedoman Upaya Kesehatan Olahraga di Puskesmas. Departemen Kesehatan RI Ditjen Bina Kesmas tahun 2004)

  • Sarana Pelayanan Kesehatan
    Institusi yang melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik kesehatan dasar, penunjang maupun rujukan

  • Sarana Pengobatan Tradisional
    Tempat penyelenggaraan pengobatan tradisional yang dapat digunakan oleh pengobat radisional. (Sumber: Hasil Rapat Tim Verifikasi Battra Asing Departemen Kesehatan RI)

  • SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome)
    Sindroma gangguan pernafasan yang terjadi mendadak dan dapat menjadi berat (hingga dapat menyebabkan kematian) disebabkan oleh virus Corona. Penyakit ini muncul dan menarik perhatian dunia pada tahun 2003

  • SARS (Surveilans Aktif Rumah Sakit)
    Suatu upaya kewaspadaan dini di rumah sakit untuk memantau per-kembangan penyakit menular dengan kegiatan melaporkan setiap kasus penyakit menular tiap minggu ke dinas kesehatan setempat.

  • Satker (Satuan Kerja)
    Bagian dari suatu unit kerja pada Kementerian/lembaga yang melaksanakan satu atau beberapa kegiatan dari suatu program

  • SATKORLAK PBP (Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi)
    Organisasi di bawah BAKORNAS PBP yang berada di setiap propinsi dan dipimpin oleh seorang ketua yaitu Gubernur dan Kepala Dinas Kesehatan menjadi salah satu anggotanya

  • Satlak PBP (Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pe-ngungsi)
    Organisasi di bawah SATKORLAK PBP yang berada di setiap kabupaten/kota yang dipimpin oleh seorang ketua yaitu Bupati atau Walikota dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten /Kota sebagai salah satu anggotanya

  • Scabies
    Penyakit kulit berupa budukan dapat ditularkan melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi, merupakan penyakit yang disebabkan oleh investasi dan sensitisasi terhadap kutu Sarcopiesscabiei var hominis dan tinjanya pada kulit manusia.

  • Schistosomiasis
    Penyakit yang disebabkan oleh cacing pipih trematoda dari spesies schistosoma japonicum yang ditularkan lewat perantara keong dari genus oncomelania dan hanya bisa ditemukan di dataran tinggi Lindu dan Napu, Sulawesi Tengah. Cacing ini masuk ke tubuh manusia bukan dari mulut kita, tapi langsung menembus pori-pori kulitĀ  menuju aliran darah menyerbu jantung dan paru-paru untuk selanjutnya menuju hati. Jika sudah dalam tubuh manusia, penderita akan mengalami gatal sampai ruam/kemerahan pada kulit tempat masuknya serkaria, demam diare, tidak nafsu makan, mual, lesu; pembengkakan limpa; pembengkakan hati, perut bengkak seperti orang hamil, kerusakan hati sebabkan kematian.

  • SDG’s (Sustainable Development Goals)
    Bagian dari rencana tindak lanjut atas program MDG’s yang tetap menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan manusia tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang. Konsep pembangunan yang akan diterapkan adalah menggabungkan sejumlah titik isu global seperti ketidakadilan, pertumbuhan penduduk, perubahan iklim, tingkat kerusakan lingkungan, ketersediaan air, energi, serta keamanan pangan.

  • SDIDTK (Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang)
    Serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk deteksi dini 1) Pertumbuhan; status gizi normal, kurang-buruk, makrocephali dan mikrocephali, 2) Perkembangan; kelambatan perkembangan, gangguan daya lihat dan daya dengar, 3) Gangguan mental emosional, 4) Autisme, 5) Hiperaktifitas dan gangguan pemusatan perhatian

  • SDKI (Survei Demografi Kesehatan Indonesia)
    Salah satu survei berskala nasional yang sangat penting dalam bidang kependudukan, keluarga berencana, dan juga kesehatan

  • LIHAT SELENGKAPNYA >>SDT (Studi Diet Total)
    Studi kesehatan masyarakat untuk menentukan tingkat keterpaparan zat kimia berbahaya dalam makanan penduduk, dengan cara menganalisis makanan. Studi ini akan melihat jumlah, mutu dan keamanan makanan yang merupakan salah satu cara untuk melihat status kesehatan yang berprinsip pada “you are what you eat”.Studi ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) dan Analisis Cemaran Kimia dalam Makanan (ACKM).

  • SEAR
    South East Asian Region

  • SEARO
    South East Asian Region Office

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.