Pelatihan Pengambilan Sampel Air dan Udara

pelatihan pengambilan sampel lingkungan

pelatihan pengambilan sampel lingkungan

Untuk melaksanakan pembangunan yang berwawasan lingkungan di Kota Malang, perlu adanya pengamanan limbah B3, pengawasan kualitas lingkungan yang berkelanjutan sehingga membantu memudahkan pengambil kebijakan dalam mengelola kesehatan lingkungan dan mengetahui sejauh mana kualitas lingkungan, apakah masih layak atau sudah diatas ambang batas yang harus dikendalikan sehingga tidak membahayakan kesehatan masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan dan status kesehatan masyarakat, puskesmas merupakan ujung tombak yang paling depan di wilayah kerjanya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal penyelenggaraan pelayanan kesehatan di puskesmas diperlukan keterampilan dan pengetahuan tenaga sanitarian untuk memantau kualitas lingkungan dengan pengambilan sampel lingkungan yang benar, akurat, representatif dan mewakili populasi lingkungan. Sehingga hasil analisa dan kesimpulan mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sanitarian dan petugas UPT laboratorium kesehatan. Adapun tujuan khusus antara lain : 1. Peserta dapat mengambil sampel lingkungan dengan benar, akurat, sesuai dengan teori pengembilan sampel, 2. Peserta dapat mengamankan sampel sehinga karakteristik sampel tidak mengalami perubahan, dan 3. Peserta dapat mengirim sampel ke laboratorium dengan benar dan dapat menganalisa sampel lingkungan untuk parameter lapangan.

Adapun narasumber pelatihan ini adalah dari BBTKL & PP (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) Surabaya. Sedangkan peserta adalah seluruh sanitarian di UPT Puskesmas di seluruh Kota Malang dan analis kesehatan di UPT Laboratorium Kesehatan Kota Malang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20-22 Mei 2015. (AZ)

 

pengujian kualitas sampel air

pengujian sampel kualitas air

pengujian sampel kualitas udara

pengujian sampel kualitas udara

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.