Menuju Malang Kota Sehat

Kota Malang menjadi salah satu pemerintah daerah di Indonesia yang pernah mendapatkan penghargaan kota sehat pada beberapa tahun yang lalu. Bahkan pada tahun 2013, Kota Malang mendapatkan Swastisaba Wistara, penghargaan tertinggi untuk kategori kota sehat. Ini adalah pernghargaan yang membanggakan bagi seluruh warga Kota Malang tentunya. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Malang akan berdaya upaya untuk mempertahankan prestasi ini agar dapat memberikan kebaikan kepada seluruh masyarakat Kota Malang.

Untuk mencapai kota sehat dengan kategori swastisaba wistara, ada 7 (tujuh) tatanan sebagai indikator khusus yang harus dicapai, yaitu :

  1. Pemukiman, sarana dan prasarana sehat.
  2. Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.
  3. Pariwisata sehat.
  4. Kehidupan sosial yang sehat.
  5. Industri dan perkantoran yang sehat.
  6. Ketahanan pangan dan gizi.
  7. Sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi yang sehat.

Untuk tahun 2015, tatanan baru yang dipilih oleh Tim Pembina Kota Sehat dan Forum Malang Kota Sehat adalah sarana lalu lintas, tertib dan pelayanan transportasi sehat dengan leading sektor Dinas Perhubungan Kota Malang.

Oleh karena itu, pada hari Rabu – Jumat tanggal 19 – 21 Agustus 2015, Kota Malang mendapat kunjungan dari Tim Verifikasi Program Kota Sehat Tingkat Nasional untuk melakukan penilaian terhadap Kota Malang. Tim ini terdiri dari 6 orang, yaitu 3 orang dari Kementerian Kesehatan RI dan 3 orang dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. Pada hari pertama, tim verifikasi lansung ditemani oleh Walikota Moh. Anton berkeliling mengunjungi beberapa tempat untuk dilakukan verifikasi.

Diantara tempat yang dikunjungi untuk dilakukan verifikasi adalah : Merbabu Familiy Park, Taman Cerdas Trunojoyo, SMAN 7 Kota Malang sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional, Posyandu Alpukat di Kelurahan Tanjungrejo, Kampung Pelopor Gerakan Menabung Air dan Rintisan Kampung Organik di Kelurahan Purwantoro, dll. (AZ)

 

8 comments

  1. Selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kota Malang! Informasi sudah kami koordinasikan dengan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Malangg!

  2. Sehat sebagian, ya. Keseluruhan? Tidak! Bagaimana tidak? Tempat pembuangan sampah di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 2 berada di pemukiman warga bahkan bersebelahan dengan Puskesmas. Kan ini perlu direlokasi. Usulan relokasi sudah berkali-kali diunggah, langsung dengan surat dan tatap muka dengan Walikota. Tapi setali tiga uang tetap tidak dipindah sampai saat ini.

  3. bagus sekali, semoga bisa terwujud.
    semua itu juga tergantung pada masyarakat, semoga masayarakat bisa lebih sadar akan pentingnya hidup sehat dengan menjaga kebersihan.

  4. Selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kota Malang! Terima kasih atas kunjungan dan dukungannya!

  5. hebat kota malang, semoga prestasi tersebut bisa di buat contoh kota kota lainnya. kalau kota kita sehat masyarakatpun akan lebih sejahtera dan nyaman.

  6. Selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kota Malang! Indikator Kota Sehat dikelompokkan menjadi 3, yaitu : 1. Indikator pokok, 2 Indikator umum dan 3. Indikator khusus. Indikator pokok terdiri dari 8 sub indikator, indikator umur terdiri dari 10 sub indikator dan indikator khusus tergantung tatanan. Sedangkan di Kota Malang tatanan yang diambil mencapai 7 tatanan sebagaimana disebutkan diatas. Untuk lebih jelasnya dapat berhubungan langsung dengan Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Seksi Penyehatan Lingkungan.

  7. Mohon dapatnya 24 indikator Program Kota sehat dapat dimasukkan agar dapat menjadi pembejaran dan dokumen aktif pada kegiatan Malang Kota Sehat. Utamanya bagi Pokja dan Forum Kecamatan Sehat.
    Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.