Kelurahan Kasin, Juara 2 Kelurahan Siaga Aktif Tingkat Jawa Timur

Berdasarkan hasil penilaian lapangan lomba pelaksana terbaik desa/ kelurahan siaga aktif tingkat Propinsi Jawa Timur pada 6 kabupaten/ kota nominator, yang dilaksanakan mulai tanggal 7-29 September 2015, maka ditetapkan Kelurahan Kasin di wilayah Kecamatan Klojen Kota Malang sebagai juara 2 kelurahan siaga aktif tahun 2015. Hal ini berdasarkan Surat Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur nomor : 441.7/ 17197/ 101.3/2015 perihal hasil penilaian lapangan lomba pelaksana terbaik desa/ kelurahan siaga aktif tahun 2015.

Adapun juara 1 adalah Kelurahan Wonokromo Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Sedangkan kategori desa siaga aktif adalah Desa Purworejo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar sebagai juara 1, juara 2 Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi, Desa Gandukepuh Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2015 di Propinsi Jawa Timur.

Kelurahan Kasin adalah salah satu dari 57 kelurahan yang ada di Kota Malang. Visi dari kelurahan tersebut adalah “Terwujudnya Pelayanan Prima dan Akuntabel Serta Meningkatnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan”. Dan diantara misinya adalah pembangunan yang berbasis partisipasi masyarakat dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan. Dari visi dan misinya nampak jika pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu titik berat pembangunan di wilayah Kelurahan Kasin, dan hal ini sangat memudahkan dalam pencapaian kelurahan siaga yang salah satu elemen pentingnya adalah partisipasi masyarakat.

Diantara indikator penting kelurahan siaga adalah : 1. Surveillans berbasis masyarakat, 2. Siap siaga bencana dan kegawatdaruratan, 3. Kesehatan lingkungan, 4. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, dan 5. Keluarga Sadar Gizi. Sehingga indikator penting kelurahan siaga diatas tidak terlalu berat untuk dicapai oleh Kelurahan Kasin mengingat visi dan misinya yang menitikberatkan dalam peningkatan peran serta masyarakat.

Indikator kelurahan siaga adalah : 1. IPAL Komunal yang terletak di RW 7, 2. POSKESKEL, 3. Ambulan siaga dan becak siaga, 4. Taman posyandu RW 8, dan Kampung sehat RW 9. Selain dari yang disebutkan diatas, terdapat beberapa sarana pendukung yang menunjang pelaksanaan keluarahan siaga di Kelurahan Kasin, yaitu : adanya kerjasama bidang kesehatan antara masyarakat kelurahan dengan RSI Aisyiah dan RKZ, kemudahan membayar BPJS dengan menabung bank sampah, adanya komunitas donor darah. orang tua asuh pohon (bibit pohon diberikan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan dikembangkan oleh warga), media pampers (program untuk mengurangi limbah pampers), tabulin (tabungan calon ibu bersalin), UKS SMU 5 (untuk kegawatdaruratan), dll.

Prestasi ini tentu membanggakan bagi Pemerintah Kota Malang pada khususnya dan masyarakat Kota Malang pada umumnya. Semoga kelurahan lain di Kota Malang dapat berprestasi seperti Kelurahan Kasin pada masa mendatang. (AZ)

One comment

  1. luar biasa sekali,
    bisa menjadi contoh dan inspirasi yang baik buat daerah-daerah lain, sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.