Penyuluhan Keamanan Pangan Jajanan Anak SD

Dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat Kota Malang, dan secara khusus adalah anak SD, maka Dinas Kesehatan Kota Malang memberikan penyuluhan kepada anak-anak SD tentang keamanan pangan, berupa keamanan jajanan yang dikonsumi oleh anak-anak SD.

Maksud utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan anak-anak SD tentang jajanan yang aman untuk dikonsumsi. Hal ini sangat penting mengingat banyak anak SD yang tidak mengerti pentingnya makanan yang aman untuk kesehatan mereka, apalagi jajanan yang di jual di pinggir jalan.

Penyuluhan keamanan pangan kali ini dilakukan di 2 sekolah, yaitu SDN Mergosono 2 dan SDN Tasikmadu 2. Jumlah anak didik yang mengikuti penyuluhan mencapai 200 anak di setiap sekolah. Dan kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh anak-anak SD karena materi yang penting dan terhitung baru bagi mereka serta disampaikan dengan penyampaian yang menarik.

Penyuluhan di SDN Mergosono 2 dilakukan pada tanggal 2 September 2016 dan di SDN Tasikmadu 2 pada tanggal 8 September 2016.

Dinas Kesehatan Kota Malang, dalam hal ini diwakili oleh Seksi Makanan dan Minuman Bidang Farmakmin selaku leading sector, masih akan melakukan penyuluhan keamanan pangan yang lainnya dan di sekolah-sekolah lainnya, tidak hanya berhenti di 2 sekolah ini. Hal ini dilakukan karena pendidikan kepada anak SD dan juga kepada masyarakat masih harus dilakukan secara berkesinambungan.

Harapan dengan adanya kegiatan ini adalah anak-anak SD lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman, secara khusus ketika mereka berada di sekolah, dan mencegah terjadinya keracunan makanan.

Anak-anak SDN Mergosono 2

Anak-anak SDN Mergosono 2

Anak-anak SDN Tasikmadu 2

Anak-anak SDN Tasikmadu 2

(AZ)

One comment

  1. Saya berharap semoga dengan diadakannya penyuluhan ini anak-anak SD di Malang dapat lebih sadar untuk tidak jajan jajanan yang tidak menyehatkan.. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published.