Berita

Pelatihan Pengukuran Kebugaran Bagi Guru UKS Dan Guru Olahraga

Pembangunan nasional Indonesia di bidang kesehatan bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya melalui peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat. Penyelenggaraan pembangunan kesehatan dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan untuk mencapai tujuan yang optimal.

Upaya kesehatan olahraga merupakan salah satu upaya kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat termasuk anak sekolah melalui aktifitas fisik, latihan fisik dan atau olahraga. Latihan fisik dan atau olahraga dapat memberikan dampak positif bila dilakukan secara baik, benar, terukur dan teratur.

Kebugaran jasmani punya arti penting bagi anak usia sekolah, antara lain dapat meningkatkan fungsi organ tubuh, sosial emosional, spotiifitas dan semangat kompetisi serta mendukung prestasi belajar. Peningkatan aktifitas fisik serta melakukan latihan fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur di sekolah dapat menurunkan angka kesakian dan mendukung pendidikan karakter peserta didik.

Agar dapat ditentukan formulasi olahraga/ latihan fisik yang tepat, maka perlu dilakukan pengukuran terhadap tingkat kebugarannya. Karena dengan diketahuinya tingkat kebugaran seseorang, dapat ditentukan jenis-jenis latihan fisik/ olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh. Sehingga latihan fisik/ olahraga yang dilakukan diharapkan tidak menimbulkan permasalahan, tetapi justru dapat meningkatkan kesehatan dan kebugarannya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru UKS dan guru olahraga dalam pengukuran kebugaran, dan diperolehnya kesamaan persepsi dalam pengukuran kebugaran anak sekolah.

Sasaran dari pelatihan ini adalah guru UKS dan guru olahraga di Kota Malang yang mencapai 160 orang.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan 2 hari. Pada hari pertama tanggal 3 Oktober 2016 dilakukan penyampaian materi di aula Dinkes Kota Malang. Sedangkan pada hari kedua tanggal 4 Oktober dilakukan di lapangan Kodam V Brawijaya Rampal. (AZ)

WhatsApp Image 2016-10-03 at 08.37.05

WhatsApp Image 2016-10-03 at 18.02.38

WhatsApp Image 2016-10-04 at 10.10.54

About author

Articles

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *