Kota Malang Kembali Mendapat Penghargaan Kota Sehat

Kota Malang menjadi salah satu pemerintah daerah di Indonesia yang pernah mendapatkan penghargaan kota sehat pada beberapa tahun yang lalu. Bahkan pada tahun 2013, Kota Malang mendapatkan Swastisaba Wistara, penghargaan tertinggi untuk kategori kota sehat. Ini adalah penghargaan yang membanggakan bagi seluruh warga Kota Malang tentunya. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Malang akan berdaya upaya untuk mempertahankan prestasi ini agar dapat memberikan kebaikan kepada seluruh masyarakat Kota Malang.

Pada tahun 2016, Kota Malang untuk yang kedua kalinya mendapatkan penghargaan Swastisaba Wistara, penghargaan tertinggi Kota Sehat karena Kota Malang dapat memenuhi 7 tatanan sebagai indikator kota sehat.

Untuk mencapai kota sehat dengan kategori swastisaba wistara, ada 7 (tujuh) tatanan sebagai indikator khusus yang harus dicapai, yaitu :

  1. Pemukiman, sarana dan prasarana sehat.
  2. Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.
  3. Pariwisata sehat.
  4. Kehidupan sosial yang sehat.
  5. Industri dan perkantoran yang sehat.
  6. Ketahanan pangan dan gizi.
  7. Sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi yang sehat.

Setelah dilakukan kunjungan pada hari Rabu – Jumat tanggal 19 – 21 Agustus 2016 oleh Tim Verifikasi Program Kota Sehat Tingkat Nasional untuk melakukan penilaian terhadap Kota Malang, dimana tim ini terdiri dari 6 orang, yaitu 3 orang dari Kementerian Kesehatan RI dan 3 orang dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. Maka diputuskan bahwa Kota Malang telah dapat memenuhi 7 tatanan, sehingga berhak mendapatkan penghargaan Swastisaba Wistara.

Penghargaan Swastisaba Wistara diberikan oleh Gubernur Jawa Timur kepada Walikota Malang Abah Anton pada tanggal 12 Oktober 2016 bertepatan dengan Hari Jadi Jawa Timur.

Semoga penghargaan ini memotivasi Pemerintah dan Masyarakat Kota Malang untuk lebih maju dan lebih baik lagi!

WhatsApp Image 2016-11-29 at 13.21.28

penghargaan Swastisaba Wistara diserahkan oleh Wakil Walikota Malang kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang

piagam penghargaan

piagam penghargaan

WhatsApp Image 2016-11-29 at 13.23.45

 

One comment

  1. sangat baik dan perlu di apresiasikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.