Puskesmas Janti Terapkan Program Ramah Disabilitas Tunanetra

0

MALANGTODAY.NET – Puskesmas Janti kini semakin mantap untuk selalu berbenah diri. Pasalnya, Program Ramah Disabilitas Tunanetra kini dapat dikatakan sukses dan mampu dimanfaatkan secara maksimal.

“Jadi Program Ramah Disabilitas Tunanetra ini sudah berjalan selama 3 bulan. Dan alhamdulillah mampu berjalan secara maksimal,” ungkap Kepala Puskesmas Janti Endang Listyowati,S.Kep.Ns,M.MKes.

Ia juga mengungkapkan bahwa program ini adalah inovasi pertama dari seluruh puskesmas di Kota Malang.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Endang itu berujar bahwa program ramah disabilitas tunanetra merupakan program penambahan fasilitas di puskesmas sendiri. Fasilitas yang ditambahkan yakni berupa jalur khusus bagi tunanetra berjalan yakni dengan diberikannya karpet merah.

“Jadi karpet merah tersebut tertuju pada titik pemberhentian mulai dari pendaftaran pasien hingga keluar kembali dari puskesmas,” imbuh Endang. Tak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa disetiap titik pemberhentian juga diberikan Huruf Braille.

Hal ini dimaksudkan agar disabilitas tunanetra tersebut juga mampu mendaftar dengan baik hingga pengambilan obat bisa dibaca dengan memanfaatkan jalur serta Huruf Braille tersebut.

“Kedepannya masih akan dibenahi lagi karena pihak kami hingga saat ini masih belum berhenti untuk terus berbenah diri,” pungkas Endang.

Sumber : https://malangtoday.net/malang-raya/kota-malang/puskesmas-janti-ramah-disabilitas-tunanetra/

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply