Imunisasi PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine) untuk Membentuk Kekebalan Tubuh Bayi dan Balita terhadap Penyakit Pneumonia

Pneumonia merupakan penyebab utama kematian balita di dunia. Hasil penelitian Rudan, dkk (2004) di negara berkembang termasuk Indonesia menunjukkan bahwa insiden pneumonia mencapai 36% dari jumlah balita. Menurut hasil Riskesmas 2018, prevalensi pneumonia di Indonesia adalah 4,8 % dengan prevalensi tertinggi pada balita adalah pada kelompok usia 12 – 23 bulan.

Streptococcus pneumoniae atau Pneumokokus dapat menyebabkan penyakit pneumonia yang ringan dan bersifat non-invasif, maupun berat dan bersifat invasif. Selain disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae, pneumonia juga dapat disebabkan oleh Haemophilus influenzae tipe b (Hib). Dalam rangka pencegahan penyakit pneumonia yang disebabkan oleh Hib, telah dilakukan introduksi vaksin Hib yang dikombinasikan dengan DPT-HB menjadi DPT-HB-Hib ke dalam Program imunisasi nasional sejak tahun 2013. Hal ini dilaksanakan karena Hib merupakan penyebab kurang lebih 23% penyakit pneumonia yang serius pada anak. upaya ini akan lebih  efektif bila dibarengi dengan pemberian imunisasi PCV sehingga diharapkan dapat menurunkan angka kematian akibat pneumonia.

Vaksin PCV bukan barang baru dalam dunia per-vaksinan. Sebelumnya, vaksinasi PCV dilakukan di rumah sakit dan berbayar. Namun, di tahun 2021 ini pemerintah mulai memasukkan vaksinasi PCV ke dalam program imunisasi nasional, dan di tahun 2021 ini hanya ada 8 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur yang menjadi lokus kegiatan vaksinasi PCV. Sebagai informasi, di Kota Malang vaksinasi PCV masih baru dilaksanakan di puskesmas mulai bulan Juni 2021 dan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Sasaran dari vaksinasi PCV ini adalah semua bayi yang lahir di bulain April – Desember 2021. Dimana dosis diberikan sebanyak 3 kali yaitu saat bayi berusia 2 bulan, 3 bulan dan 12 bulan. Jika melakukan vaksinasi PCV di rumah sakit, bisa dibayangkan kan berapa biaya yang dikeluarkan ??

Infografis mengenai vaksinasi PCV di Kota Malang KLIK DI SINI