BeritaKEGIATAN DINAS KESEHATAN

VAKSINASI COVID-19 PADA ANAK USIA 6-11 TAHUN DI KOTA MALANG

 

Saat ini, Kota Malang mulai melakukan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6 – 11 tahun di Kota Malang. Vaksinasi ini bertujuan untuk  memberikan kekebalan pada anak dari penularan dan infeksi Covid-19. Vaksinasi ini juga mendukung pelaksanaan kegiatan pertemuan tatap muka di sekolah, sehingga diharapkan dapat meminimalisir terjadinya penularan penyakit di sekolah/satuan pendidikan dan mempercepat tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity.

Pencanangan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun di Kota Malang telah dilakukan pada Senin 20 Desember 2021 di SD Negeri Model Tlogowaru dan SDN Arjowinangun II Kecamatan Kedungkandang dan dihadiri oleh Walikota Malang Drs. H. Sutiaji. Pencanangan vaksinasi ini kemudian diikuti oleh sejumlah sekolah lain di 4 kecamatan lainnya. Vaksinasi anak ini dilakukan secara bertahap oleh sekolah melalui puskesmas wilayah masing-masing.

Ada sekitar 26,5 juta anak se-Indonesia yang harus divaksin, di kota Malang sendiri terdapat 76.516 sasaran anak usia 6-11 tahun. Per Tanggal 26 Desember 2021 setidaknya sudah ada sekitar 14.151 anak yang telah di vaksin. Vaksinasi ini ditargetkan tuntas pada awal Januari 2022 mendatang.

Dinas Kesehatan Kota Malang telah menyediakan vaksin sinovac (Coronavac / Covid 19 Biofarma) untuk anak usia 6-11 tahun. Pemberian vaksin ini di suntikan pada bagian lengan atas dengan dosis 0,5 ml. Diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksanaan vaksinasi ini harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar. Peserta vaksinasi covid 19 harus membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan NIK anak tersebut. Waktu pemeriksaan batasan tekanan darah harus dibawah 140/90 mmHg. Bila menyentuh angka tersebut atau lebih maka harus di tunda dan rujuk. Setelah itu anak akan di vaksinasi, selanjutnya tunggu 15-30 menit setelah di vaksin, tanya pada anak apakah ada yang dirasakan. Setelah dirumah, segera beri tahu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Husnul Muarif menyatakan bahwa vaksin Covid-19 untuk anak telah disiapkan sebanyak 70.000 dosis lebih. Jumlah tersebut, nantinya masih akan bertambah seiring dengan jalannya vaksinasi. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Timur guna pendistribusian vaksinasi untuk wilayah Kota Malang, sehingga bisa datang tepat waktu.

About author

Articles

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.