BeritaKEGIATAN DINAS KESEHATAN

PUNCAK PERINGATAN HARI GIZI 2023 KOTA MALANG

Dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional (HGN) yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2023, Dinas Kesehatan Kota Malang melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HGN dan berkolaborasi dengan forum kesehatan dan organisasi profesi. Tanggal 11 Februari 2023 bertepatan dengan acara puncak perayaan Hari Gizi Nasional 2023, mengadakan rangkaian acara seperti  vaksinasi covid 19, edukasi kesehatan, jebol perintis PTM, skrining resiko stunting balita, inspeksi sanitasi pangan jajanan, dan juga bazar makanan dan minuman.

Bertempat di sekitar museum Brawijaya terdapat tim kesehatan linkungan bersama Forum Masyarakat Kota Sehat. Mereka melakukan kegiatan inspeksi sanitasi pangan jajanan. Inspeksi sanitasi pangan ini bertujuan untuk melihat kualitas bahan dan pangan serta kebersihan lingkungan sesuai standar atau belum. Petugas akan memberikan label kepada pedagang yang lolos inspeksi, mereka juga mendapatkan edukasi seputar kualitas, jenis makanan dan minuman sesuai standar kesehatan. Inspeksi yang dilakukan ini sebelumnya dilakukan tanpa memberitahu pedagang di sekitar wilayah car free day alias inspeksi dadakan. Dari sekitar 105 pedagang kaki lima (PKL), 100 PKL telah diberi label bahwa dagangan sesuai dengan standar kesehatan.

Selain itu juga terdapat stan Jebol Perintis PTM atau Jemput Bola Periksa Gratis Penyakit Tidak Menular. Stan ini berlokasi di sekitar pintu barat rumah dinas wali kota Malang. Layanan ini diikuti oleh ratusan masyarakat yang berada di sekitar area car free day. Adapun pemeriksaan yang dilakukan antara lain pengecekan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol. Layanan ini dilakukan untuk meningkatkan deteksi dini dalam menghadapi resiko penyakit tidak menular seperti penyakit gula darah, asam urat dan hipertensi. Setelah itu dilanjut dengan memberikan vaksin covid 19. Masyarakat kota Malang dan warga sekitarnya boleh mendapatkan vaksin covid 19 asalkan mengikuti rangkaian skrining kesehatan terlebih dahulu. Dinkes Kota Malang diwakili oleh tim pemberi vaksin dari Puskesmas dapat memberikan vaksin sesuai dengan keinginan warga. Dinkes melayani vaksin mulai dosis 1,2,3 dan 4.

Aelain itu, bertempat di rumah Dinas Wali Kota Malang, juga mengadakan kegiatan. Kegiatan tersebut yakni tentang skrining kesehatan resiko stunting balita. Rangkaian kegiatan skrining antara lain seperti registrasi, mengukur lingkar kepala, mengukur lingkar tangan, mengecek berat badan dan melakukan pengecekan tinggi badan balita. Selain itu juga terdapat tim promosi kesehatan yang turut memeriahkan kegiatan dengan menyebar leaflet, memberikan edukasi dengan cara konsultasi ditempat dan penyuluhan menggunakan media komunikasi di sekitar rumah Dinas Wali. Kegiatan berjalan dengan lancar, dimulai pukul 06.00 – 10.00 pagi. Antusias warga kota Malang membuat Dinas Kesehatan Kota Malang lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan. Semua dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih bermartabat.