Penilaian Kinerja Puskesmas

IMG_8063Awal bulan Februari 2016, Dinas Kesehatan Kota Malang melakukan kegiatan Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP). Kegiatan yang berlangsung selama sebulan ini diawali dengan sosialisasi pelaksanaan PKP kepada seluruh puskesmas dan diikuti dengan koordinasi, hingga selanjutnya adalah verifikasi program ke seluruh puskesmas yang ada di Kota Malang.

PKP dilakukan untuk melihat sejauhmana puskesmas melaksanakan fungsinya, yaitu sebagai : 1. Pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, 2. Pusat pemberdayaan masyarakat, dan 3. Pusat pelayanan kesehatan strata pertama.

Kegiatan PKP di Kota Malang melibatkan seluruh komponen di Kota Malang, mulai dari kepala dinas, kepala bidang, kepala seksi dan seluruh pengelola program program yang ada di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Malang.

Tolok ukur kinerja adalah terlaksananya program pokok puskesmas, manajemen dan inovasi puskesmas.

Maksud dari kegiatan ini adalah :

  1. Sebagai instrumen mawas diri bagi puskesmas. Puskesmas menilai diri sendiri apa yang telah dicapai dan memperbaiki atau meningkatkannya dimasa mendatang.
  2. Puskesmas dapat mengidentifikasi dan menganalisis masalahnya sendiri, mencari penyebab dan pemecahannya.
  3. Puskesmas dan Dinas Kesehatan dapat menentukan tingkat urgensi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan berdasar prioritas yang ada.
  4. Dinas Kesehatan dapat menetapkan dan mendukung kebutuhan sumber daya puskesmas dan menentukan tingkat urgensi pembinaan untuk masing-masing puskesmas.

Tujuan kegiatan ini adalah tercapainya tingkat kinerja puskesmas yang berkualitas secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pembangunan kesehatan di Kota Malang.

Kegiatan ini didasarkan pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 128/ Menkes/ SK/ II/ 2004 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat.

Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (AZ)

Penilaian program penanggulangan DBD

Penilaian program penanggulangan DBD

Penilaian pelayanan laboratorium

Penilaian pelayanan laboratorium

10 comments

  1. Selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kota Malang! Silahkan datang ke kantor kami dan bersurat ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang. Kami tunggu kehadirannya!

  2. salam kenal
    apa bisa kami mendapatkan contoh melihat PKP salah satu puskesmas di kota malang

  3. muhamad idrus, skm, m.kes

    maaf, telat kami buka dikarnakan kesibukan kami yang tidak menentu, PKPnya mantap salam kompak dari kapus UPTD puskesmas kuta padang layung kab. aceh barat

  4. muhamad idrus, skm, m.kes

    maaf, telat kami buka dikarnakan kesibukan kami yang tidak menentu, PKPnya mantap salam sehat dari kami kapus serta staff UPTD puskesmas kuta padang layung kab. aceh barat

  5. Selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kota Malang! Feedback dari hasil PKP bisa dilakukan melalui pertemuan bulanan antara Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dengan kepala puskesmas, dan juga dilakukan antara pengelola program di kantor Dinas Kesehatan Kota Malang dengan pengelola program di puskesmas. Demikian!

  6. Salam kenal
    Mohon ijin untuk mendapatkan info bagaimana tools atau bentuk kegiatan Dinkes menilai atau memberikan feed back PKP semua puskesmas di Malang
    terima kasih

  7. Selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kota Malang! Capaian program setiap puskesmas bisa didapatkan di pengelola program yang ada di Dinas Kesehatan Kota Malang. Lebih spesifik program apa?

  8. Mohon maaf, untuk laporan ketercapaian program Puskesmas apakah bisa didapatkan datanya dari Dinkes? Saya memerlukan untuk penelitian.. terimakasih..

  9. Selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kota Malang! Terima kasih atas masukan, dukungan dan supportnya. Semoga kami bisa meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada masyarakat di Kota Malang dan sekitarnya!

  10. PKP…….Mantab tuch,…Dimana Puskesmas berfungsi sebagai PENGGERAK pembangunan berwawasan KESEHATAN dan PUSAT PEMBERDAYAAN Masyarakat,…SANGAT mendukung PROGRAM 100-0-100 ( 100% SANITASI LAYAK ),..Untuk itu mohon kiranya SUPORT dari DINKES / SANITARIAN (untuk informasi, action plant dan data akurat rawan SANITASI ) di wilayah nya masing2 untuk kegiatan PROGRAM itu SANGAT dibutuhkan sehingga perlu LEBIH DITINGKATKAN LAGI,…..seperti yang sudah kita jalani di wil Kel Pandanwangi,..terima kasih ,..Salam Sanitasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.