Upaya Optimalisasi Taman Posyandu Kota Malang melalui Pertemuan Pengembangan Taman Posyandu

1

Taman Posyandu adalah  pengembangan Posyandu berstrata purnama dan mandiri, dimana bentuk layanan Posyandu ditambah dengan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB). Kota Malang telah mengembangkan Taman Posyandu mulai tahun 2012-2017 sebanyak 368 dan yang sudah berjalan optimal sebanyak 143 (38,85%). Salah satu upaya optimalisasi taman posyandu Kota Malang yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan adalah Pertemuan Pengembangan Taman Posyandu. Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan adalah Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program tingkat Kecamatan dan pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program tingkat Kota.

Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program tingkat Kecamatan dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Februari 2018 dan tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2018 di Hotel Sahid Montana. Kegiatan ini dihadiri oleh TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan, PLKB Kecamatan, Himpaudi Kecamatan, Kader Posyandu, Kader Pendamping Taman Posyandu Kota Malang. Narasumber yang hadir diantaranya narasumber dari Ketua HIMPAUDI Kota Malang yaitu Bapak Suyadi,S.Pd,MM dengan materi Membangun Komunikasi dan Pola Asuh Positif dalam Keluarga Untuk Pemantapan Anak Usia Dini dan Pengembangan Taman Posyandu, Bapak Sapto Wibowo,SH,M.Hum Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan materi Bina Keluarga Balita dalam Pengembangan Taman Posyandu, dan Ibu Meifta E.W dari TP PKK Kota Malang.

Sedangkan pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program tingkat Kota dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2018 dengan narasumber Bapak Avianto Nooriswahjudi,S.KM, MM dari Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yaitu dengan materi Pemantapan Taman Posyandu. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Sahid Montana ini dihadiri oleh Bappeda, DP3AP2KB, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, TP PKK Kota Malang, Kepala Puskesmas dan TP PKK Kecamatan.

Dengan optimalnya taman posyandu Kota Malang ini diharapkan dapat meningkatkan derajad kesehatan masyarakat melalui layanan kesehatan paripurna baik pemenuhan gizi, stimulan pendidikan, pengasuhan oleh orang tua dan perlindungan terhadap anak terutama intervensi pada masa keemasan yaitu 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan produktif. (AZ)

 

Penyampaian materi dr TP PKK Kota Malang

 

Penyampaian materi oleh Pak Sapto Kabid Ketahanan & Kesejahteraan Keluarga DP3AP2KB

Penyampaian materi oleh Pak Suyadi Ketua HIMPAUDI Kota Malang

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

1 Komentar

Leave A Reply