Kegiatan-kegiatan Puskesmas Sabtu 20 April 2019

“PEMBINAAN MENGENAI PMO PADA KELUARGA PASIEN TBC” (Puskesmas Cisadea).

Sabtu, 20 April 2019, TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobakterium Tuberkulosis dimana kuman tersebut dapat menular melalui udara. Pd saat Bersin bahkan batuk.

Sasaran kegiatan ini adalah keluarga penderita pasien TBC(Tuberculosis) yang ditunjuk sebagai PMO .

Penderita TBC perlu ada nya seorang (PMO ) yaitu (pendamping menelan obat).

PMO adalah seseorang yang ditunjuk untuk mendampingi pasien TBC dengan alasan untuk menjamin kepatuhan penderita untuk minum obat sesuai dosis dan jadwal yang sudah di tetapkan sampai sembuh.

Dengan kegiatan ini diharapkan keluarga pasien TBC dapat memantau perkembangan kesehatan si pasien TBC dengan baik.

 

 

“Pelaksanaan kegiatan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) dan Penyuluhan Kesehatan bagi Pekerja di Pos UKK di Wilayah Kerja Puskesmas Janti”.

Pada tanggal 20 April 2019 di rumah Bapak Gito tepatnya pada POS UKK Binter Banter kelurahan Bandung rejosari dilaksanakan kegiatan pemeriksaan BB , tekanan darah, anamnese dan pemberian obat pada pekerja raket bersama dengan mahasiswa keperawatan poltekkes Malang dan perawat puskesmas Janti bu Endah. Hal ini dilakukan dalam rangka cek kesehatan berkala bagi pekerja di Pos UKK”.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai penyakit hipertensi dan K3 ( Kesehatan Keselamatan Kerja) sesuai dengan kondisi yang ada pada tempat kerja dan keadaan pekerja. Kegiatan dilakukan mulai pukul 08.30 – selesai.
Mari kita tingkatkan pengetahuan kita mengenai penyakit dan kesehatan. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

 

 

 

 

Pertemuan Sosialiasi Kader Zero (Puskesmas Janti)

Kegiatan sosialiasi kali ini sasarannya adalah kader.Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 20 April 2019 di ruang pertemuan lantai 2 Puskesmas Janti. Tujuannya adalah untuk pemantapan buku KIA bagi kader Zero Kelurahan Bandungrejosari

Kader diharapkan paham mengenai pengisian buku jembatan emas dan SIP(Sistem Informasi Posyandu).
Semua kader dijelaskan mengenai isi, manfaat, target dan juga sasaran. Bagi kader yang telah mengisi buku SIP secara lengkap akan mendapatkan reward sebagai wujud apresiasi akan tugas dan kerjasama kader serta lebih memotivasi agar lebih bersemangat dlm menjalankan tugasnya.

Mari kita giat melaporkan pelaksanaan dan pencatatan laporan yang sesuai dengan panduan sehingga membantu menurunkan angka kematian ibu dan anak.

 

 

 

Imuniasai (Puskesmas Gribig)

Bule berkunjung ke Puskesmas Gribig

Jangan lupa memberikan imunisasi dasar lengkap ya gagaeses… Hari ini sabtu, 20 April 2019 merupakan jadwal rutin imunisasi di Puskesmas Gribig begitu juga hari Rabu setiap minggunya… Imunisasi merupakan upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara aktif terhadap suatu penyakit sehingga terhindar dari penyakit menular berbahaya dan memiliki tumbuh kembang yang optimal. Seperti yang dilakukan Bule yang bertempat tinggal di RW 8 Cemorokandang ini tidak lupa memberikan imunisasi kepada anaknya di puskesmas sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Adapun jadwal waktu imunisasi:
Hepatitis B usia 0-7 hari
BCG dan Polio 1 usia 1 bulan
Dpt Hb Hib1 dan Polio 2 usia 2 bulan
Dpt Hb Hib2 dan Polio 3 usia 3 bulan
Dpt Hb Hib3 dan Polio 4 usia 4 bulan
Campak/MR usia 9 bulan
Mari bersama kita dukung imunisasi dasar lengkap.

 

Dengan Posbindu, kesehatan jadi terpantau (Puskesmas Arjuno)

Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) adalah salah satu upaya kesehatan yang bersifat preventif dan promotif dalam menanggulangi penyakit tidak menular. Diantara penyakit tidak menular, yang semakin mengkhawatirkan adalah diabetes, hipertensi, obesitas bahkan penyakit jantung.

Berdasarkan itulah, pada hari ini (sabtu, 20/4/2019) posbindu RW 9 Kelurahan Kauman mengadakan pemeriksaan gula darah bersama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Arjuno. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mendeteksi dini kadar gula dalam darah apakah normal atau tergolong tinggi. Peserta posbindu juga diberikan KIE (Komunikasi,Informasi,Edukasi) mengenai diabetes, faktor risiko, pencegahan diabetes dan diit bagi penderita diabetes.

Posbindu ini sangat bermanfaat karena masyarakat akan mampu membudayakan gaya hidup sehat dan mengetahui segala faktor risiko penyakit tidak menular agar lebih waspada untuk menjaga kesehatannya. Mari kita pantau kesehatan kita dengan datang ke posbindu. Karena sehat berawal dari saya.

 

 

Pembinaan Poskestren (Puskesmas Mulyorejo)

Untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tenaga kesehatan, atau kementerian/lembaga lain saja tetapi Pesantren pun memiliki peran dalam hal itu.

Hari ini Sabtu, 14 April 2019 Puskesmas Mulyorejo mengadaan Pembinaan Poskestren yang ada di Pondok Pesantren Mambaul Huda, Bandulan. Pembinaan ini perlu di lakukan untuk mewujudkan masyarakat pesantren yang mandiri dan berperan aktif dalam meningkatkan status kesehatannya.
Dalam rangka membangun Pesantren Sehat diperlukan tindak lanjut yang nyata yang melibatkan semua pihak terkait. Peran Puskemas misalnya, melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pesantren dalam memberikan dukungan pengembangan hidup sehat dan peningkatan mutu khususnya pada layanan kesehatan.

 

 

 

Bina Keluarga Balita (Puskesmas Arjowinangun)

Salam BKB !
Orangtua hebat, balita cerdas, keluarga bahagia!

Pagi ini, petugas promkes Puskesmas Arjowinangun didampingi oleh kader posyandu melaksanakan kegiatan BKB (Bina Keluarga Balita) di posyandu Nusa Indah Kelurahan Arjowinangun. Sasaran BKB adalah keluarga yang memiliki balita (ibu balita, ayah balita, nenek balita, dsb).

Topik yang dibahas pada BKB kali ini adalah tentang stop jajanan sembarangan dan cemilan yang sehat untuk balita. Selain mendapatkan penyuluhan, keluarga balita juga dapat saling sharing pengalaman terkait tumbuh kembang anak.
Hayoo, ciri-ciri jajanan yang sehat itu yang seperti apa? Jajanan yang tidak sehat adalah yang mengandung pengawet, penyedap, dan pewarna. Hati-hati yaa ibu ibu dalam memberikan cemilan pada anak. Jangan asal, yang penting anak tidak rewel.
Ingat, cemilan harus sehat! Kalau salah? yaa benerin!

 

 

Pertemuan pembinaan kesehatan Ibu dalam peningkatan cakupan D/S, N/D (Puskesmas Rampalcelaket)

Hari ini, Sabtu 20 April 2019 bertempat di rumah Kader RW 5 kelurahan Samaan telah berlangsung kegiatan pertemuan pembinaan kesehatan Ibu untuk meningkatkan cakupan D/S, N/D di kelurahan Samaan. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan kader masing2 RW di Kelurahan Samaan, koordinator Kader Kelurahan Samaan, bidan wilayah, nutrisionis dan petugas promosi kesehatan.

Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pembinaan bagi seluruh kader kelurahan samaan untuk meningkatkan kualitas layanan KIA yang ada di Posyandu sekaligus membina pemantauan bumil dan balita yang ada di lingkungan kelurahan samaan. Mengingat Posyandu adalah kegiatan yang dilakukan dari, oleh, dan untuk masyarakat, maka pertemuan untuk membina Kader yang dilakukan oleh tenaga kesehatan ini sangat penting untuk dijalankan.

 

 

 

Pelayanan kesehatan gigi masyarakat di Posyandu-Posyandu wilayah kerja Puskesmas Pandanwangi

Peduli gigi sejak dini yuk..

Masa kanak-kanak memang masa – masa yang manis, dan suka makanan yang manis- manis. Oleh karena itu.. penting sekali informasi dan edukasi dini kepada anak – anak dan orang tua tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak dini. Demi gigi yang sehat dan senyum yang cerah.

Bulan April ini, Tim kesehatan gigi dan mulut puskesmas pandanwangi melakukan pelayanan kesehatan gigi masyarakat di posyandu-posyandu wilayah kerja puskesmas Pandanwangi.

Yang di edukasi tidak hanya orang tua, melainkan anak -anaknya juga. Karena anak anak akan lebih kooperatif diajak menjaga kesehatan gigi jika mendengar dan dilibatkan langsung dalam kegiatan edukasi.

Jadi.. Mari ibu dan kakak -kakak.. Ajak anak- anak dan adik- adik kita untuk menjaga kesehatan gigi sejak dini.

Gigi sehat, senyumku cerah.

 

Pertemuan Pasca Posyandu RW 05 Kelurahan Samaan (Puskesmas Rampal Celaket)

Posyandu adalah kegiatan yang dilakukan oleh, dari dan untuk masyarakat yang dibantu oleh tenaga kesehatan. Kegiatan Posyandu di kelurahan Samaan berjalan rutin setiap satu bulan sekali.

Selain melangsungkan kegiatan rutin berupa penimbangan bayi dan balita, Posyandu kelurahan Samaan yang berada di wilayah kerja Puskesmas Rampal Celaket kota Malang juga aktif dan rutin mengadakan pertemuan Pasca Posyandu. Seperti yang dilangsungkan Sabtu 20 April 2019 kemarin. Pertemuan dilaksanakan setelah kegiatan rutin Posyandu selesai sekitar pukul 10.00 wib di balai RW 05.
pertemuan pasca posyandu melibatkan kader posyandu dan bidan wilayah Samaan. Pertemuan ini membahas mengenai keberjalanan Posyandu hari tersebut, persiapan Posyandu yang akan datang serta memantau pencatatan dan pelaporan kesehatan bayi dan balita yang datang maupun yang tidak datang ke Posyandu. Sehingga komunikasi antara petugas kesehatan dan kader posyandu berjalan dengan optimal.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.