Kegiatan-kegiatan Puskesmas Selasa 23 April 2019

Penyuluhan tentang Imunisasi Dasar Lengkap (Puskesmas Mulyorejo)

Halloo Sobat Sehat.

Oh iyaaa Minggu ini kita memperingati Pekan Imunisasi Sedunia Lohh tepatnya tanggal 23-30 April 2019

Imunisasi telah menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahunnya dan secara luas di akui sebagai salah satu intervensi kesehatan yang efektif dan menghemat biaya.

Hari ini, kegiatan penyuluhan tentang Imunisasi Dasar Lengkap yang diadakan di Posyandu Kemuning II Bandulan, Posyandu Mawar Karang Besuki dan di Puskesmas Mulyorejo. Yang bertemakan “Imunisasi Lengkap Indonesia Sehat” yang bertujuan untuk menunjukkan nilai penting dan manfaat imunisasi untuk kesehatan anak – anak dan masyarakat dunia, mengatasi kesenjangan cakupan imunisasi melalui peningkatan investasi program, dan menyampaikan bahwa imunisasi rutin lengkap merupakan dasar untuk kesehatan yang kuat.

Yukk Para Pahlawan Imunisasi yang terdiri dari orang tua, anggota masyarakat, petugas kesehatan sektor pemerintahan dukung imunisasi dasar lengkap untuk Indonesia Sehat!!

 

Apel pagi (Puskesmas Kedungkandang)

Apel pagi, salah satu upaya kordinasi sebelum melakukan aktifitas.

Komitmen dan disiplin pegawai salah satu unsur suksesnya sebuah puskesmas menjalankan kinerja nya, khususnya dalam melaksanakan kegiatan dan aktifitas rutin. Apel rutin tersebut sangat penting untuk kordinasi singkat serta memberikan arahan. Apel pagi dianggap sebagai media positif untuk membangun dan mencapai tujuan kinerja di sebuah puskesmas. Peserta apel yang terdiri dari seluruh staf, akan menjadi semakin mudah nya dalam kordinasi, dan yang paling penting suasana pagi sangat mendukung dalam efektivitas kinerja antar lintas program.

Jadi mau melakukan kegiatan, ojo lali kordinasi sek rek.
Media positif untuk kinerja yang positif.

 

 

 

“PEMBINAAN KELURAHAN SIAGA KELURAHAN PURWANTORO ” (Puskesmas Cisadea)

Selasa, 23 april 2019, Kader Kesehatan Kelurahan Purwantoro bersama pengurus kelsi mendapat pengetahuan mengenai kelurahan siaga dari petugas kesehatan

Kelurahan siaga adalah kelurahan yg penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah masalah kesehatan,bencana kegawat daruratan kesehatan secara mandiri.

Tujuan dari kelurahan siaga itu sendiri adalah terwujudnya masyarakat yang sehat serta peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya.

Oleh karena itu Pembinaan kelurahan siaga ini puskesmas lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader dan pengurus kelurahan siaga terkait dengan kegiatan yang ada dalam kelurahan siaga.

 

 

Pembinaan penyehat tradisional (Puskesmas Gribig)

Pulang kerja, capek banyak fikiran…
Enaknya pijat atau relaxasi di spa…

Cara penyehatan tradisional ternyata masih sangat diminati di minati dan menjadi upaya kesehatan andalan di masyarakat. Kesehatan tradisional di indonesia sangat banyak macamnya, baik asli indonesia maupun diadop dari negara lain.
Jenis Pelayanan Kesehatan Tradisional Ramuan, antara lain: Gurah, Homeopathy, Aroma Terapi, SPA terapi, dan metode lain yang menggunakan ramuan. Ada pula Yankestrad Keterampilan, antara lain: akupunktur, chiropraksi, pijat urut, shiatsu, pijat bayi, refleksi, akupressur, bekam, reiki, qigong, dan lain sebagainya yang mengunakan keterampilan.

Di Puskesmas gribig hari ini dilakukan pembinaan kepada penyehat tradisional yang berpraktek di wilayah kerja Puskesmas gribig. Kegiatan ini bertujuan agar pelayanan kesehatan tradisional dapat diselenggarakan dengan penuh tanggungjawab terhadap manfaat, keamanan dan juga mutu pelayanannya sehingga masyarakat terlindungi dalam memilih jenis pelayanan kesehatan tradisional yang sesuai dengan kebutuhannya. Masyarakat juga perlu diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk menggunakan dan mengembangkan pelayanan kesehatan tradisional dan pemerintah mempunyai kewajiban untuk melakukan penapisan, pengawasan, dan pembinaan yang baik sehingga masyarakat terhindar dari hal-hal yang merugikan akibat informasi yang menyesatkan atau pelayanan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, sesuai dengan Permenkes no 61 th 2016 tentang Yankestrad empiris.
Siapa diantara kamu yang jadi pelanggan salah satu Yankestrad ini?
Jangan lupa pastikan hatramu sudah memiliki STPT ( Surat Terdaftar Penyehat Tradisional).

 

Pertemuan rutin bulanan di Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel) Jodipan (Puskesmas Kendal Kerep)

Kartini Masa Kini : Habis Jelas, Terbitlah Sehat

Dalam rangka memperingati hari kartini, ada yg berbeda pada pertemuan bulanan rutin di Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel) Jodipan. Para Kartini masa kini ini tampil cantik dan segar dalam balutan kebaya. Siapakah para kartini modern ini? Siapa lagi kalo bukan para kader kesehatan.

Hari ini, selasa (23/4) seperti biasa ada pertemuan bulanan rutin. Selain cantik, para kartini ini dengan sigap mendengarkan monitoring bulanan dari Petugas Puskesmas Kendalkerep dilanjut diskusi.

Apa saja yg disampaikan oleh petugas puskesmas? Pertama adalah melanjutkan pembahasan buku KIA, tema kali ini adalah cuci tangan pakai sabun (CTPS). Selain itu, bidan wilayah pun menginformasikan tentang Pekan Imunisasi Dunia 2019. Pada kali ini pun disampaikan persiapan pembinaan pada calon pengantin yg akan dilaksakan di Kelurahan Jodipan pada bulan Juli 2019.

Tidak lupa, petugas promkes membagikan kuesioner PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) Rumah Tangga sekaligus mereview cara pengisian agar tidak lupa. Hasil dari survei ini nantinya akan di cross-chek an dengan hasil survei keluarga sehat yg sudah dilaksanakan pada Tahun 2018 pada 100% warga di Kelurahan Jodipan.

Jadi, semua kegiatan dan program dapat berkesinambungan dan tidak jalan sendiri-sendiri. Kader (kartini masa kini) yg menjadi ujung tombak pun jelas dan tidak kebingungan. Jika sudah jelas dan paham, data yg didapat dapat valid dan bisa diolah untuk merencanakan kegiatan yg tepat sasaran.

 

Pembinaan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Bakso Kota Cak Man (Puskesmas Kendalsari)

Selasa, 23 April 2019, Puskesmas Kendalsari mengadakan kegiatan pembinaan pos UKK Bakso Kota Cak Man berkolaborasi dengan mahasiswa Ners Universitas Brawijaya.

Adapun kegiatan tersebut merupakan kegiatan cek kesehatan rutin pada pekerja yang terdiri dari pengukuran berat badan, tinggi bbadan tekanan darah dan lingkar perut.

Puskesmas kendalsari membentuk kader kesehatan pos UKK yang dilatih untuk mengadakan cek kesehatan secara mandiri agar kesehatan pekerja senantiasa terkontrol.

Tak lupa, konsultasi gizi dan pemberian tablet Fe juga diberikan pada pekerja yang anemia.

 

 

Advokasi pembentukan Poskestren (Puskesmas Mojolangu)

Pondok pesantren merupakan sebuah institusi pendidikan keagamaan paling tua yang tumbuh dan berkembang secara swadaya di kalangan masyarakat.

Poskestren singkatan dari pos kesehatan pondok pesantren. Banyak orang yang belum paham apa itu poskestren. Poskestren merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) dilingkungan pondok pesantren dengan prinsip dari, oleh, dan untuk warga pondok pesantren dengan mengutamakan pelayanan promotif dan preventif tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif yang dilakukan dibawah binaan Puskesmas.

Hari Selasa tanggal 23 April 2019 Petugas puskesmas mojolangu melakukan kunjungan kesalah satu pondok pesantren di wilayah puskesmas Mojolangu pondok pesantren Hidayatul mubtadi’in di kelurahan Tasikmadu.
Informasi sebelumnya dari pemilik pondok tersebut sudah pernah dibentuk poskestren namun sudah lama tidak aktif dengan demikian pondok tersebut punya potensi untuk membentuk kembali poskestren. Tujuan kunjungan petugas Puskesmas:
1. Advokasi pembentukan poskestren (pondok pesantren)
2. Inspeksi lingkungan pondok pesantren

Rencana tindak lanjut pertemuan ini akan dilaksanakan SMD (Survei Mawas Diri) di lingkungan pesantren dan berlanjut dengan MMP ( Musyawarah Mufakat Pondok Pesantren).

 

Refreshing Kader Puskesmas Dinoyo

Selasa, 23 April 2019, Kegiatan Refreshing Kader bertempat di Aula Gajayana Puskesmas Dinoyo yang diikuti oleh 52 kader dari 5 kelurahan. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas, kemampuan dan pemahaman kader posyandu balita dalam meningkatkan derajat kesehatan.

Dalam acara ini disampaikan materi mengenai Aplikasi Posyandu dan Rapot Bumil (ibu hamil) Resti (Resiko Tinggi).
Dengan kegiatan ini diharapkan para kader posyandu dapat memahami peran dan fungsinya sebagai kader posyandu, selain itu kader-kader posyandu bisa lebih cepat tanggap atau responsif terhadap masalah kesehatan yang ada di lingkungannya.

 

 

 

 

 

Kelas Ibu Balita di PAUD Beringin (Puskesmas Polowijen)

Selasa, 23 April 2019, Puskesmas Polowijen Hari melaksanakan kegiatan kelas ibu balita di PAUD Beringin Kelurahan Polowijen dengan topik.

Penyakit pada anak dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Kelas Ibu balita ini dilaksanakan rutin setiap bulan yang kali ini dipandu oleh Ibu Nanik Amd. Keb.

Tujuan pelaksanan kelas ibu balita ini untuk memantau tumbuh kembang anak usia dini dari beberapa aspek. Agar para ibu balita peduli terhadap pertumbuhan para balitanya, sehingga dapat dilakukan upaya preventif dalam kesehatan .

 

 

 

 

Pekan Imunisasi Dunia (Puskesmas Arjowinangun)

Selama seminggu kedepan kita memperingati Pekan Imunisasi Dunia . Tepatnya pada tanggal 23-30 April.

Pekan imunisasi dunia merupakan sebuah dorongan global untuk peningkatan kesadararan akan pentingnya imunisasi. Jadi, masyarakat yang punya anak, tetangga, saudara berusia balita dan status imunisasinya belum lengkap atau bahkan belum pernah diimunisasi sejak lahir, mari diarahkan untuk diajak ke pelayanan kesehatan seperti puskesmas, posyandu, rumah sakit, bidan praktik, atau dokter praktik untuk mendapatkan imunisasi. Karena imunisasi sangat baik untuk kekebalan tubuh anak, sehingga anak tidak mudah sakit.

Imunisasi lengkap, anak sehat, prestasi cemerlang !

 

 

 

 

Fasilitas ruang bermain anak Puskesmas Janti

“NYAMANNYA PUSKESMASKU”

Kenyamanan pengunjung Puskesmas Janti ditunjang dengan adanya fasilitas ruang bermain anak. Bagi pengunjung Puskesmas Janti yang membawa anak balita dapat mengajak buah hatinya untuk bermain di salah satu fasilitas bermain yang telah disediakan ini. Hal ini menunjukkan bahwa Puskesmas Janti merupakan puskesmas yang ramah anak.

Sembari menunggu panggilan nomor antrian ,pengunjung dapat membawa buah hatinya untuk bermain diarena yang telah disiapkan di puskesmas. Adapun mainan yang disediakan antara lain ayunan, papan seluncur dan rumah-rumahan yang bisa mainan edukai buat anak -anak. Buah hati dapat bermain sepuasnya sehingga tidak akan jenuh saat menunggu antrian.

 

 

 

Pelatihan Kader Tiwisada (Puskesmas Arjuno)

Dokter kecil, kecil kecil bikin sehat

Sekolah adalah suatu institusi yang berfungsi sebagai tempat belajar mengajar, di dalamnya terdapat sekumpulan orang dalam jumlah yang besar yang akan berinteraksi secara adekuat dalam pembangunan pendidikan. Selain pendidikan, interaksi yang adekuat juga diperlukan dalam pembangunan kesehatan. Oleh karena itu diperlukan adanya kebutuhan-kebutuhan diantara lain kebutuhan akan pelayanan kesehatan. Masalah kesehatan yang dialami anak usia sekolah dan yang terkait masalah lingkungan, ternyata sangat kompleks dan bervariasi. Di dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) terdapat program dokter kecil (dokcil) atau kader tiwisada. Mencetak dokcil tentu tidak sembarang, memerlukan pelatihan yang disebut pelatihan dokcil atau kader tiwisada.

Hari ini (23/4) puskesmas arjuno mengadakan pelatihan kader tiwisada dan dihadiri oleh semua SD/MI yang ada di wilayah kerja. Berbagai materi bekal keterampilan diberikan kepada para dokcil ini, seperti materi dasar uks, pertolongan pertama, gizi seimbang, kesehatan reproduksi, kesehatan indera, penyakit menular, penyakit tidak menular, phbs sekolah, kesehatan gigi dan praktik keterampilan. Sebelum dimulai, peserta harus mengikuti pretest dan postest guna mengukur tingkat pengetahuan peserta sebelum dan sesudah pelatihan.

Para dokcil ini diharapkan menjadi pelita bagi teman2 atau warga di sekolah untuk melakukan upaya penyelenggaraan kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. Dengan adanya dokcil ini, sekolah akan menjadi sehat, karena warganya telah berperilaku hidup bersih dan sehat.

 

Inspeksi sanitasi rumah makan restoran (Puskesmas Pandanwangi)

Liburan naik kereta malabar
Paling enak duduk deket kantinnya
Kalo hobi breakfast lunch dinner di luar
Cari restoran yg lolos inspeksi sanitasinya

Kebersihan, sanitasi lingkungan dan personal hygiene penting sekali diterapkan terutama pada tempat pengolahan makanan. Apalagi sekelas restoran franchase Miami chicken.

Inspeksi sanitasi rumah makan restoran menjadi agenda rutin puskesmas. Hari ini, selasa 23 April 2019 sanitarian puskesmas Pandanwangi melakukan inspeksi sanitasi di restoran miami. Tujuannya untuk memastikan penerapan sanitasi dan personal hygiene tetap diterapkan oleh restoran dan karyawannya setelah sertifikat laik sehat diterbitkan. Demi keamanan pangan yg disediakan, keamanan konsumen dan tentunya reputasi restoran.

Yuk.. Yang suka jajan jajan kafe kafe restoran .. Pastikan restoran favoritmu sudah di laik sehat dan tetap menjaga kualitas kebersihan baik lingkungan maupun personilnya.

Makanan aman, perut kenyang, hatipun tenang

 

Prolanis (Puskesmas Bareng)

Program pengelolaan penyakit kronis atau disebut dengan Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan proaktif yang dilaksanakan dengan melibatkan peserta fasilitas kesehatan tingkat pertama dan BPJS kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta yang menderita penyakit kronis. Penyakit kronis yang dimaksud yaitu penyakit hipertensi dan diabetes melitus tipe 2. Tujuan dari program ini yaitu untuk mendorong peserta agar mencapai kualitas hidup optimal.

Hari ini tanggal 23 April 2019, Puskesmas Bareng menyelenggarakan kegiatan Prolanis di aula puskesmas. Kegiatan yang dilakukan yaitu pemeriksaan rutin peserta, pemberian obat, penyuluhan kesehatan serta senam prolanis bersama. Diharapkan dengan adanya kegiatan prolanis, kesehatan peserta dapat terkontrol dengan baik serta untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta prolanis.

 

 

 

Pelacakan DBD(Demam Berdarah Dengue) di Kelurahan Samaan (Puskesmas Rampal Celaket)

Demam berdarah bukan lagi penyakit yang asing untuk didengar. Penyakit yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti sudah menjadi langganan menyerang daerah beriklim tropis.

Mengingat hal tersebut petugas kesehatan Puskesmas Rampal Celaket hari ini Selasa tanggal 23 April 2019 melalukan kunjungan ke rumah-rumah warga di RW 02 kelurahan Samaan. Kunjungan ini bertujuan untuk pelacakan kasus demam berdarah, yakni menemukan kasus demam berdarah sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penyakit ini.

Kunjungan disambut antusias oleh warga setempat. Masyarakat yang peduli akan kesehatan inilah yang menjadi motor penggerak utama guna mencegah timbulnya demam berdarah. Dengan menerapkan 3M+ harapannya kasus Demam berdarah tidak lagi ditemukan di wilayah kerja Puskesmas Rampal Celaket pada khususnya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.