Kegiatan-kegiatan Puskesmas Sabtu 27 April 2019

Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Gizi bagi Calon Pengantin ~ Puskesmas Mulyorejo

Pasangan (CATIN) Calon Pengantin harus punya bekal loh sebelum melenggang ke jenjang pernikahan.

Pada hari ini di Puskesmas Mulyorejo telah diadakan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Gizi bagi Calon Pengantin dalam Kegiatan Upaya Pemantapan Hasil Pelayanan Kesehatan Reproduksi/KB. Hadir pula Bpk Mukhlis selaku narasumber dari Depag yang memberikan materi Pernikahan.Selain sosialisasi juga di lakukan pemerikasaan pada Catin Perempuan terkait pemeriksaan Tekanan darah, Lila, HB, TB dan BB.

Harapannya   Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) serta Konseling Kesehatan Reproduksi dan
gizi dapat menambah pengetahuan CATIN (calon pengantin) untuk persiapan kehamilan.
Terjadi penurunan AKI (angka kematian ibu) dan AKB (angka kematian bayi )melalui Pendekatan Siklus Kehidupan. Maka intervensi tidak hanya dilaksanakan pada Ibu Hamil saja, namun harus dimulai sejak saat sebelum hamil yaitu pada Calon Pengantin.

 

 

Tes Kebugaran ~ Puskemas Rampal Celaket

Pagi-Pagi Bugar Kader

Hallo Healthies
Sabtu pagi, 27 April 2019 kader Kelurahan Samaan Puskesmas RampalCelaket baru saja menyelesaikan tes kebugaran yang dilakukan oleh Puskesmas rampal celaket dalam hal ini pemegang progam Kesehatan Olahraga.

Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 08.30 WIB di lapangan samping Puskesmas Rampal Celaket. Kegiatan tes kebugaran untuk kader bertujuan untuk mengetahui kesehatan dan kebugaran dari kader kader binaan Puskesmas rampal celaket dengan di awali pemanasan kemudian di lanjutkan lari sejauh 1,2km. Seluruh kader yang mengikuti tes kebugaran sangat bersemangat dan dalam kondisi stamina prima.
Salam Germas
Sehat …
Bugar …
Produktif …
Ceria…

 

Pertemuan kader atau yang sering disebut dengan refreshing kader ~ Puskesmas Cisadea

” KADER KU PINTAR AKU PUN SEHAT “…

Sabtu,27 april 2019, Pertemuan kader atau yang sering disebut dengan refreshing kader adalah kegiatan rutin bulanan yang diselenggarakan oleh Puskesmas untuk para kader kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Cisadea.

Tujuan nya adalah supaya para kader kesehatan mendapatkan pengetahuan kesehatan secara update sesuai kejadian yang sedang terjadi saat ini. Dan juga merifresh kembali ingatan para kader mengenai pengetahuan kesehatan yang sudah pernah di berikan sebelumnya.

Pertemyan ini dihadiri oleh 36 orang sesuai dengan jumlah posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas cisadea .

Materi refreshing kader kali ini adalah mengenai gerakan masyarakat cerdik memilih obat dan screening TT WUS(Wanita Usia Subur).

Diharapkan para kader kesehatan dapat menyalurkan informasi kesehatan ini kepada masyarakat sekitar.

 

Refreshing kader Posbindu PTM ~ Puskesmas Arjowinangun

Kader CERDIK (cek kesehatan berkala,enyshkan asap rokok,rajin aktivitas fisik,diet seimbang,istirahat cukup dan kelola stres) cegah PTM (Penyakit Tidak Menular).

Ibarat anggota tubuh, kader adalah kaki-tangan nya Puskesmas. Kader memberikan peran yang sangat besar bagi kelangsungan program Puskesmas dan tentunya bagi kesehatan masyarakat yang menyeluruh. Guna meningkatkan kapasitas dan keterampilan kader, perlu adanya pembinaan. Untuk itu, Sabtu, 27 April 2019 Puskesmas Arjowinangun melakukan refreshing kader Posbindu PTM. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang kader perwakilan masing-masing pos. Materi yang disampaikan yaitu : CERDIK untuk mencegah PTM, cara pengisian dan membaca KMS, pelayanan yang ada di posbindu, praktik menggunakan tensi, dan telaah kemandirian posbindu PTM untuk mengetahui strata posbindu. Harapannya, kedepannya bersama-sama melakukan evaluasi dan perbaikan untuk mencapai posbindu yang lebih dan berstrata mandiri.

 

 

 

Pelacakan pasien Demam Berdarah Dengue(DBD) ~ Puskesmas Kendalsari

Sabtu, 27 April 2019, Puskesmas Kendalsari melakukan pelacakan pasien Demam Berdarah Dengue(DBD) di jl. Simpang dewandaru Blok C, Kelurahan jatimulyo. dimana terdapat 2 warga yang terkena DBD. Pelacakan ini dimaksudkan agar mengetahui penyebab Warga terserang DBD sehingga petugas dapat mengambil keputusan untuk melakukan tindakan sebagai upaya membatasi penyebaran kasus, selain melakukan wawancara petugas juga memeriksa tempat-tempat yang memungkinkan untuk dijadikan sarana perkembangbiakan nyamuk

 

 

 

 

 

 

Pembinaan Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren) ~ Puskesmas Bareng

Yuk wujudkan Pesantren sehat dengan Poskestren!

Hari ini, Sabtu 27 April 2019, petugas promkes bersama bidan Puskesmas Bareng melaksanakan pembinaan pos kesehatan pondok pesantren (poskestren) di pondok pesantren Al-Islam Sukoharjo. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus pondok pesantren serta para santri. Kegiatan yang dilakukan yaitu pemberian materi mengenai pola hidup bersih dan sehat di pondok pesantren serta dilakukan pemeriksaan fisik setiap santri. Selain itu juga dilakukan pengukuran antropometri untuk mengetahui status gizi santri. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan santri sehat mandiri dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

 

 

 

 

Tes kebugaran ~ Puskesmas Gribig

Sehat belum tentu bugar, kalau bugar pasti sehat

Tes kebugaran jasmani adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan mengukur sejauh mana kemampuan kebugaran jasmani orang tersebut dan mengetahui tingkat kebugaran jasmani yang dimiliki. Menjaga kesehatan dan kebugaran adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Terdapat serangkaian langkah tes yang bisa kita lakukan dengan tujuan mengukur tingkat kebugaran jasmani masing-masing. Fungsinya agar kita bisa menganalisa apakah gaya hidup kita baik atau tidak, jika hasilnya tidak maka kita seharusnya memperbaiki pola hidup.

Puskesmas Gribig sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama harus mampu memberikan contoh terhadap masyarakat langsung bagaimana menjaga kebugaran maupun kesehatan langsung pada karyawan. Tentu hal ini mendorong agar terwujudnya “GERMAS” yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui kegiatan-kegiatan olahraga yang dilakukan karyawan Puskesmas.

Tes kebugaran karyawan Puskesmas Gribig dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 April 2019 yang ikuti oleh seluruh Karyawan Puskesmas di Joging Track Hutan Velodrom. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta tes kebugaran yaitu :
1. Pengisian Tes Par-Q;
2. Pengukuran Tekanan Darah, Denyut Nadi, Berat dan Tinggi Badan;
3. Peregangan;
4. Tes Kebugaran;
5. Penghitungan VO2Max

Pengukuran menggunakan metode RockPort yaitu lari, jalan cepat, ataupunjalan secara konstan dengan jarak 1,6 km. Rute yang akan diambil adalah mengelilingi jogging track hutan kota velodrom. Setelah selesai, waktu tempuh akan diukur sesuai dengan umur kita dan akan menghasilkan nilai VO2Max. Dan nilai VO2Max itulah yang akan menginterpretasikan apakah tubih kita Baik, Cukup, Kurang, ataupun Kurang Sekali. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesehatan dan kebugaran karyawan sehingga dapat optimal melaksanakan tugas untuk melayani masyarakat.

 

Paguyuban kader Kelurahan Gadang ~ Puskesmas Ciptomulyo

Para Kartini Pejuang Kesehatan

Pada hari ini Sabtu 27 April 2019 telah dilaksanakan acara paguyuban kader Kelurahan Gadang wilayah kerja Puskesmas Ciptomulyo. Paguyuban hari ini bertempat di rumah kader yaitu bu Hartono (Gadang gg. 5b) yang diketuai oleh koodinator kader posyandu Gadang yaitu bu Puji. Acara paguyuban kali ini berbeda dengan paguyuban yang sebelum-sebelumnya.

Kegiatan hari ini dilaksanakan dengan mengusung tema Kartini Pejuang Kesehatan Masyarakat. Tema tersebut diusung dalam rangka memperingati hari Kartini. Pesertanya yaitu seluruh kader posyandu di kelurahan Gadang dan diwajibkan memakai kebaya. Ada yang spesial pada pertemuan kader kali ini karena selain wajib memakai kebaya, para kader juga diharuskan membawa kado untuk acara tukar kado antar sesama kader. Kado harus dalam bentuk sembako dan bukan dalam bentuk barang. Para kader kesehatan memang tidak diragukan lagi semangatnya, sangat tepat jika dijuluki sebagai kartini kesehatan. Berkat peran kader, pelayanan kesehatan di masyarakat dapat terlaksana dengan baik dan diharapakan derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat.

 

Refreshing Kader Posyandu 2019 ~ Puskesmas Janti

Kegiatan refreshing kader ini dilaksanakan di Puskesmas tepatnya di aula pertemuan lantai 2 Puskesmas Janti. Sekitar 100 kader diundang dalam acara yang di selenggarakan secara rutin tiap bulan. Setiap kali pertemuan kader akan diberikan materi baru. Agar tidak bosan kegiatan diselingi dengan ice breaking.

Salah satu materi yang disampaikan kader adalah materi tentang diet antioksidan. Banyak macam diet salah satunya adalah diet antioksidan. Diet ini dapat mencegah timbulnya penyakit kanker. Salah satu tujuan diet antioksidan adalah mencegah penyakit yang ditimbulkan Radikal bebas. Caranya cukup mudah konsumsilah makanan yang mengandung Vit A, C, E, Zink, selenium dan fitokimia. Dan tidak lupa untuk menghindari makanan yang dimasak dengan suhu tinggi, dibakar langsung dengan api dan makanan banyak pengawet, pemanis dan perasa.
Mudah bukan tips diet antioksidan?

 

 

 

Gebyar Posbindu Puskesmas Polowijen

Gebyar……….Gebyar…………Gebyar
Gerdu Ijen (Gebyar Posbindu Puskesmas Polowijen) baru saja dilaksankan Sabtu, 27 April 2019 di Kelurahan Balearjosari.

Dalam Gerdu Ijen ini ada beberapa pemeriksaan yaitu
Timbang BB dan panjang badan balita
Ukur BB, TB, dan lingkar perut bagi dewasa dan lansia
Ukur tekanan darah
Cek gula darah
Pemeriksaan SADANIS & IVA
Warga sangat antusias menyambut acara ini. Dan tidak lupa Kepala Puskesmas Polowijen dr. A.A.I Ngurah Kunti juga memberikan penyuluhan tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin di Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Posbindu maupun di Puskesmas.

Pencegahan lebih penting daripada mengobati, salam sehat……..Salam satu Jiwa

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.