Kegiatan-kegiatan Puskesmas Selasa 7 Mei 2019

0

Cegah Stunting dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh dan Sanitasi ~ Puskesmas Dinoyo.

“Stunting Bukan Semata Anak Kerdil”

Apa itu stunting?

Stunting adalah masalah kesehatan dimana seorang bayi atau anak-anak mengalami hambatan dalam pertumbuhan tubuhnya, sehingga gagal memiliki tinggi yang ideal pada usianya.

Kenapa dengan stunting?

Stunting adalah ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa.

Untuk itu, Inovasi Puskesmas Dinoyo yaitu dengan “CENTING POMPASI” -> “Cegah Stunting dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh dan Sanitasi”.

Cegah Stunting Itu Penting!

 

Kunjungan Kesehatan pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ~ Puskesmas Rampal Celaket.

Hello healthies!

Selamat pagi, Selasa, 7 Mei 2019 Dokter dan Perawat dari Puskesmas Rampal Celaket melakukan kunjungan ke rumah ODGJ di wilayah kerja Puskesmas Rampal Celaket. Kunjungan ini bertujuan untuk memantau kesehatan dari pasien ODGJ di wilayah kerja Puskesmas.

Kunjungan yang diberikan kepada pasien ODGJ rutin dilaksanakan oleh Dokter dan Perawat, sehingga pasien ODGJ dapat memperoleh pengobatan dari Puskesmas.

RCTT Yes
Sehat…
Bugar…
Produktif…

 

Inspeksi Kesehatan Lingkungan (Laik Sehat) Cafe dan Homestay ~ Puskesmas Kendalsari.

Homestay sangat dibutuhkan khususnya bagi kita yang suka berlibur atau travelling. Biasanya alasan utama memilih homestay yang pas adalah dari harganya yang murah tetapi tetap nyaman.

Meski sehari dua hari, tempat menginap atau homestay juga harus menjaga kesehatan lingkungan dan penghuninya. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan suatu penyakit pada penghuni homestay tersebut baik dari lingkungan yang kurang bersih, maupun makanan yang tidak higienis.

Oleh karena itu, Petugas Sanitasi Puskesmas Kendalsari, Selasa 7 Mei 2019 mengadakan inspeksi kesehatan lingkungan atau Laik Sehat pada homestay yang terdiri dari inspeksi kebersihan lingkungan, ada atau tidaknya hazard yang dapat membahayakan penghuni seperti adanya APAR untuk mencegah kebakaran maupun indikator kedalaman kolam renang, serta pengambilan sampel air yang digunakan untuk memasak dan contoh hidangan untuk penghuni maupun pengunjung homestay untuk dilakukan uji laboratorium guna memastikan terbebas dari virus maupun bakteri penular penyakit seperti salmonella sp. maupun e.coli

Setelah dilakukan inspeksi, petugas sanitasi Puskesmas Kendalsari juga melakukan pembinaan terhadap pemilik homestay mengenai hasil inspeksi agar dapat diperbaiki dan menjadi lebih sehat. Pembinaan selanjutnya akan dilakukan 6 bulan kedepan untuk mengetahui progress perbaikan hasil inspeksi saat ini.

 

Penyuluhan Tentang Pentingnya Buku KIA ~ Puskesmas Pandanwangi.

Buku KIA buku SAKTI

Ayo ke Posyandu yuk..

Posyandu jangan sampe terlewat ya moms.!

Selasa 7 Mei 2019, Kegiatan Posyandu RW 11 Pandanwangi yang berlokasi di perumahan Puri Palma Komplek Perumahan Araya berjalan dengan meriah, dan juga ada penyuluhan tentang pentingnya buku KIA sebagai Buku Sakti pemantauan tumbuh kembang dan kesehatan anak oleh Nutrisionis Puskesmas Pandanwangi.

Jangan gengsi ke Posyandu ya moms..

Bagi yang memiliki kondisi khusus seperti ibu hamil atau anak yg status gizinya kurang juga bisa dikonsultasikan. Imunisasi juga ada loh. Semua gratis.

Tunggu apa lagi. Gak perlu ragu dan gengsi. Karena petugas kami adalah petugas yang berkompeten dibidangnya.

 

Posyandu Balita ~ Puskesmas Polowijen.

Posyandu Balita adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait.

Sudah tahukah jika tingkat kemandirian Posyandu itu mempengaruhi pelayanan yang diberikan?

Selasa, 7 Mei 2019 Puskesmas Polowijen melakukan telaah kemandirian Posyandu Balita di RW 05 Kelurahan Purwodadi. Mulai mengecek kelengkapan fasilitas dan sumber daya manusianya. Dengan adanya peningkatan status kemandirian maka perlu diberikan pendampingan. Hal ini bertujuan agar pelayanan dari, oleh dan untuk masyarakat berjalan dengan optimal.

Ayo jangan ragu datang dan andil dalam kegiatan Posyandu

 

 

 

Jejaring Fasyankes Bersatu (Ringkes Batu) ~ Puskesmas Kendalkerep.

Puskesmas Kendalkerep memiliki jejaring dan jaringan fasilitas pelayanan kesehatan yg ada di wilayahnya. Salah satu klinik yg menjadi anggota jejaring adalah Klinik Hamid Rusdi.

Pada Selasa (7/5) Tim Petugas Puskesmas Kendalkerep mendatangi Klinik Hamid Rusdi yg berada di wilayah Kelurahan Bunulrejo. Tim melakukan pemantauan standar minimal klinik, yang terdiri dari persyaratan bangunan klinik, peralatan bedah minor, peralatan non medis, peralatan medis hingga instalasi sanitasi.

Pemantauan instalasi sanitasi yang dilakukan adalah mulai dari penyediaan air, pemeriksaan tempat pembuangan sampah, hingga pengukuran pencahayaan di ruangan klinik.

Kegiatan ini dilakukan agar klinik dapat memberikan pelayanan terbaik sesuai standar.

 

 

Kelas Ibu Hamil Kelurahan Bandungrejosari ~ Puskesmas Janti.

Hai kelas ibu hamil dari Puskesmas Janti di mulai lagi iniā€¦

Selasa, 7 Mei 2019 acara kelas ibu hamil dilaksanakan di Puskesmas Pembantu Bandungrejosari yang diikuti oleh ibu hamil. Acara ini dibimbing oleh bidan Puskesmas wilayah kelurahan.

Kelas diawali dengan kegiatan senam ibu hamil. Semua terlihat antusias karena senam begitu menarik dan mudah dilakukan. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang kehamilan, persalinan dan nifas. Dengan kelas ibu hamil kita semua dapat menekan angka resiko kematian ibu dan anak. Badan menjadi bugar dan pengetahuan masa kehamilan pun makin bertambah..

Ayo jangan malu ikut kelas ibu hamil.

 

 

 

Laik sehat ~ Puskesmas Arjuno.

Hayooo siapa yang mau buka puasa bersama di cafe atau rumah makan?

Sudah tahu belum cafe atau rumah makan tersebut sudah memenuhi izin laik sehat?

Jangan sampai tidak tahu, karena makanan yang kamu makan menentukan kesehatanmu.

Mari simak penjelasan tentang laik sehat berikut ini:

Perintah untuk laik sehat berdasar pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1098/MENKES/SK/VII/2003 Tentang Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran. Di dalam kepmenkes tersebut, selain izin usaha, rumah makan atau restoran harus memiliki setifikat laik sehat. Dikatakan laik sehat jika sudah memenuhi persyaratan sehat berdasar pemeriksaan dari petugas kesehatan atau sanitarian dari dinas kesehatan dan Puskesmas.

Selasa 7 Mei 2019 Sanitarian Puskesmas Arjuno beserta tenaga non ASN Kesling dan mahasiswa magang melakukan laik sehat di salah satu rumah makan dengan ciri khas european food di wilayah Puskesmas Arjuno. Kegiatan yang dilakukan adalah:
1. Pemeriksaan kesehatan lingkungan ( meliputi lokasi dan bangunan, fasilitas sanitasi, dapur dan gudang penyimpanan, pengelolaan bahan makanan dan makanan jadi, peralatan dan tenaga baik secara fisik maupun bakteriologis dan pengawasan serangga tikus dan hewan piaraan).
2. Pengambilan sampel makanan secara bakteriologis.
3. Pengambilan sampel air secara bakteriologis.
4. Pemeriksaan kesehatan karyawan khususnya bagian penjamah makanan.
5. Selain itu perilaku karyawan rumah makan menjadi obyek penilaian PHBS (perilaku hidup bersih sehat) tempat tempat umum.

Setelah proses ini selesai dan hasilnya memenuhi syarat, maka rumah makan akan mendapat sertifikat laik hygiene sanitasi rumah makan dan siap beroperasi dengan aman.

Nah bagaimana? Masih mau sembarangan pilih cafe atau rumah makan?

Kalau kata pepatah, kamu adalah apa yang kamu makan. Pastikan pilih dan makan makanan yang sehat.

 

Sosialisasi Penyakit Diabetes Melitus/DM ~ Puskesmas Mulyorejo.

Sering kali kita mendengar kata “Diabetes Melitus” atau sering disebut juga dengan ” Penyakit Kencing Manis”.

Sebenarnya Diabetes itu apa sih?

Diabetes merupakan suatu penyakit dimana kadar gula di dalam darah tinggi berada di atas normal.
Hari ini di Puskesmas Mulyorejo telah diadakan sosialisasi penyakit Diabetes Melitus/DM dan cara pencegahannya melalui Program CERDIK.

Program CERDIK adalah langkah preventif yang dibuat agar masyarakat yang masih sehat dan bugar dapat terhindar dari berbagai penyakit tidak menular (PTM). Program ini terdiri atas:

Cek kesehatan secara berkala
Enyahkan asap rokok
Rajin Olahraga
Diet sehat dengan kalori seimbang
Istirahat yang cukup
Kelola stress

Di harapkan para pasien pengunjung Puskesmas Mulyorejo bertambah pengetahuannya untuk menjaga kesehatan dan memperbaiki gaya hidup teratur terutama pola diet dan aktivitas fisik. Dapat menerapkan pencegah risiko diabetes dengan CERDIK.

Saatnya beraksi CERDIK untuk cegah penyakit Diabetes Melitus!!!

 

Pembinaan Kesehatan Penghuni Shelter Dinas Sosial ~ Puskesmas Arjowinangun.

Anak Jalanan dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) memerlukan perhatian khusus. Selasa, 7 Mei 2019 Puskesmas Arjowinangun bekerja sama dengan Dinas Sosial Kota Malang melakukan pembinaan kesehatan kepada penghuni shelter Dinas Sosial yang berada di Kelurahan Tlogowaru. Penghuni shelter tersebut adalah anak jalanan dan ODGJ terlantar. Mereka tinggal di shelter untuk diobservasi dan dipantau kondisi kesehatannya. Jika ada penghuni shelter yang sakit, akan dirujuk ke Puskesmas.

Pembinaan kesehatan yang diberikan oleh petugas Puskesmas hari ini adalah tentang hygiene personal. Dengan pembinaan ini diharapkan penghuni shelter mulai terbiasa untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri agar tidak mudah terserang penyakit seperti diare, scabies, dan lain lain.

 

 

 

 

Posbindu PTM ~ Puskesmas Gribig.

PTM, penyakit gak mbois ker

Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) tidak memberikan gejala bagi penderitanya. PTM sangat sulit disembuhkan secara total apabila kondisi penyakit sudah sampai tahap akhir, beban biaya berobat pun sangat tinggi. Oleh karena itu upaya yang terbaik adalah dengan mencegah kejadian penyakit tidak menular melalui pengendalian faktor risikonya. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan/ screening/ deteksi dini.

Selasa, 7 Mei 2019 Puskesmas Gribig melaksanakan screening FR PTM, cek lab Gula Darah Sesaat (GDS), Asam Urat dan kolesterol pada seluruh stafnya yg bertempat di ruang tindakan sebagai bentuk Posbindu PTM di tempat kerja. Mari hidup sehat dimulai dari diri kita sendiri.

Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Karyawan sehat, produktifitas kerja meningkat.

PTM No, TAHES Yes!

 

Pengecekan Berkala Kondisi Ibu Hamil ~ Puskesmas Mojolangu.

Turunkan AKI dan AKB dengan P4K

Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) merupakan salah satu upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) melalui peningkatan akses dan mutu pelayanan antenatal, pertolongan persalinan, pencegahan komplikasi dan keluarga berencana oleh Bidan.

Penyebab kematian terbesar disebabkan oleh perdarahan, eklampsi, infeksi, persalinan lama dan keguguran. Kondisi kematian kondisi ini diperberat oleh keadaan 3 terlambat, yaitu terlambat dalam mengambil keputusan,terlambat mencapai tempat rujukan, serta terlambat dalam mendapatkan pertolongan yang tepat di fasilitas kesehatan.

Puskesmas Mojolangu melakukan sweeping ibu hamil dan kunjungan rumah ibu hamil Resti di wilayah Puskesmas Mojolangu, kegiatan ini merupakan kegiatan preventif untuk pengecekan berkala kondisi para ibu hamil untuk memantau kesehatan janin dan ibu hamil resiko tinggi.

 

Apel Pagi Sebagai Simbol Kedisiplinan Pegawai Puskesmas Cisadea.

Kedisiplinan pegawai merupakan salah satu kewajiban bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain untuk mendengar arahan pimpinan dalam sebuah instansi, apel pagi juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan dan tanggung jawab bagi setiap pegawai dalam lingkungan dimana dia bekerja .

Dan juga apel pagi bukan hanya sekedar keharusan bagi pegawai Puskesmas Cisadea untuk berbaris rapi dan hormat melainkan dapat juga digunakan sebagai media positif untuk membangun komunikasi,shering bahkan mendengar masukan positif dari sesama pegawai.

Walaupun memasuki bulan puasa, apel pagi di Puskesmas Cisadea tetap dilaksanakan seperti biasa yaitu pada pukul 7.30 WIB. Selasa, 7 Mei 2019, dengan membahas berbagai informasi ataupun kegiatan Puskesmas. Apel pagi dilaksanakan pada setiap hari Senin sampai dengan Kamis . Dan pada hari ini di ikuti semua pegawai Puskesmas Cisadea.

 

 

 

Upaya Pencegahan Stunting ~ Puskesmas Mulyorejo.

Upaya Pencegahan Stunting Melalui Konseling Klinik Sanitasi, Sosialisasi Pendampingan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan Sosialisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan di Posyandu Melati Kelurahan Karang Besuki .

Jangan biarkan Gizi yg masuk ke tubuh kita hanya untuk melawan kuman. Perbaiki Sanitasi (gunakan jamban sehat, kelola air minum, makanan, sampah dan limbah cair rumah tangga). Rubah perilaku (biasakan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir). Jangan biarkan lingkungan menjadi sumber penularan penyakit.

Ayo Selamatkan Generasi Penerus Bangsa !

Cegah Stunting Itu Penting !

 

 

 

Pelatihan Kader Tiwisada ~ Puskesmas Kedungkandang.

Kader Tiwisada….

pernah denger ….????

Yupps.. kader kader kesehatan cilik dalam bidang kesehatan, mereka anak anak yang dipilih dari sekolah di wilayah Puskesmas Kedungkandang untuk mengikuti Pelatihan. Materi yang kami berikan meliputi wawasan tentang UKS (usaha kesehatan sekolah), Gizi, Pencegahan penyakit melalui pemantauan jentik di lingkungan sekolah dan Penanganan terhadap kegawat Daruratan sederhana. Kader Tiwisada inilah yang nantinya bisa menjadi pioner kesehatan bagi lingkungan di sekolah.

Yukk… jaga kesehatan di lingkungan sekolah….

 

 

 

Posyandu Balita ~ Puskesmas Pandanwangi.

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi Ibu, bayi, dan balita. Posyandu memberikan layanan kesehatan Ibu dan Anak (KIA), KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan penyakit.

Posyandu Balita Selasa 7 Mei 2019 yang dilaksanakan di Kelurahan Arjosari RW 05 berjalan lancar dengan antusiasme masyarakat yang datang ke Posyandu cukup baik. Di Posyandu RW 05 ini terdapat fasilitas bermain untuk anak-anak, sehingga anak merasa terhibur dan memberikan kesan yang menyenangkan. Hal ini penting karena masih ada beberapa anak yang merasa ketakutan bahkan ada yang menangis saat dibawa ke Posyandu.

Masih dalam kegiatan Posyandu Balita, beberapa Ibu juga melakukan konsultasi kesehatan mengenai Imunisasi, Program KB, serta keluhan kesehatan yang dialami Ibu maupun bayi/balita, dan Petugas menanggapi konsultasi tersebut dengan memberikan informasi kesehatan berdasarkan keluhan yang disampaikan dan memberikan alternatif solusi berupa pemahaman kesehatan dan mencari penyebab masalah untuk selanjutnya diberikan rekomendasi yang sesuai.

Ayooo datang ke Posyandu!!!

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply