Kegiatan Puskesmas, Kamis 23 Mei 2019

0

Kegiatan Posyandu Teratai Kelurahan Bandulan ~ Puskesmas Mulyorejo

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

Kamis, 23 Mei 2019, petugas kesehatan Puskesmas Mulyorejo bersama para kader melaksanakan kegiatan Posyandu di Posyandu Teratai 1 RW 5 Kelurahan Bandulan. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap Kamis ke 4 di akhir bulan.

Selain dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan kepada bayi dan balita juga di lakukan Sosialisasi PHBS, gizi (asupan gizi), ASI eksklusif dan pentingnya imunisasi kepada ibu bayi dan balita, tujuannya agar ibu bayi dan balita mampu mencegah, menanggulangi masalah kesehatan yang ada di keluarganya, asupan gizi anak terpenuhi tumbuh sehat dan terbebas dari penyakit.

 

 

 

 

Penyuluhan ASI Eksklusif di Posyandu Ceria ~ Puskesmas Gribig

Kamis, 23 Mei 2019, Nutrisionis Puskesmas Gribig memberikan penyuluhan kepada ibu balita dan ibu menyusui yang berkunjung ke Posyandu dengan materi pentingnya pemberian ASI eksklusif untuk bayi usia 0-6 bulan.

ASI adalah makanan dan minuman pertama si Kecil. Tidak ada asupan yang lebih baik selain ASI. ASI diproduksi secara alami oleh tubuh bunda dan memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Komposisi ASI pun akan lebih mudah dicerna jika dibandingkan dengan susu formula.

Pemberian ASI eksklusif tidak boleh dianggap remeh karena ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan seperti berikut ini:
1. Membentuk sistem kekebalan tubuh si Kecil,
2. Memberikan nutrisi lengkap untuk si Kecil,
3. Menjaga berat badan si Kecil selalu ideal,
4. Meningkatkan kecerdasan si Kecil,
5. Memperkuat tulang si Kecil,
6. Hemat Biaya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan para bunda saat memberikan ASI diantaranya menjaga pola makan, kelola stres, dan hindari mengonsumsi makanan dan minuman berisiko tinggi terhadap kesehatan seperti makanan pedas, alkohol, dan rokok. Jangan lupa juga setiap mau memberikan ASI harus cuci tangan pakai sabun dan air mengalir agar tidak ada kuman penyakit yang menularkan kepada si kecil.

ASI eksklusif itu wajib!

 

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Puskesmas Pandanwangi

Ayo lakukan 3M plus!

Menutup tempat penampungan air,
Menguras tempat penampungan air,
Mendaur ulang barang bekas,
Plus
memelihara ikan pemakan jentik, memakai kawat kasa di lubang angin, tidak menggantung baju, dan larvasidasi.

Beberapa hari yang lalu, terdapat beberapa warga di Kelurahan Pandanwangi yang menderita Demam Berdarah dan harus dilakukan perawatan intensif di Rumah Sakit. Kamis, 23 Mei 2019, Petugas Kesehatan Puskesmas Pandanwangi bersama kader melakukan kegiatan PSN Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kelurahan Pandanwangi untuk mencari tahu penyebab kejadian tersebut. Kegiatan PSN dilakukan untuk memutus perkembangbiakan nyamuk aedes. Kegiatan ini lakukan dengan cara memeriksa jentik yang ada di bak mandi, kolam ikan, talang, tempat makan burung, vas/pot bunga, serta wadah disekitar rumah yang dibiarkan terbuka.

Terbukti bahwa dari hasil PSN yang dilakukan, terdapat rumah warga maupun lingkungan sekitarnya positif jentik yang terdapat pada pot bunga, tatakan rak piring, kandang burung, dan kolam. Petugas Kesehatan Pandanwangi juga memberikan bubuk abate dan penyuluhan kesehatan serta membagikan media berupa leaflet agar informasi kesehatan mengenai Demam Berdarah dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

 

Gigi Sehat, Senyum Maksimal ~ Puskesmas Polowijen

Halo sobat sehat!

Udah periksa gigi secara rutin belum?
Yakin gigi kalian sehat semua?
Gak ada karang gigi atau plak?

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting karena gigi dan gusi yang rusak dan tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan, dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya. Mulut merupakan suatu tempat yang sangat ideal bagi perkembangan bakteri.

Kamis, 23 Mei 2019, petugas kesehatan gigi dan mulut Puskesmas Polowijen sedang melakukan pembersihan karang gigi pada salah satu pasien. Setelah dilakukan perawatan petugas juga tidak lupa memberikan edukasi tentang perawatan gigi minimal 6 bulan sekali.

Jadi jangan tunggu sakit gigi dulu, ayo cek kesehatan gigi secara rutin ya!

Pemeriksaan Kesehatan Gigi pada Ibu Hamil ~ Puskesmas Bareng

Kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil perlu mendapatkan perhatian juga loh, karena perawatan kesehatan gigi yang baik dan benar dapat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan bayi.

Kamis, 23 Mei 2019, drg. Renny selaku dokter gigi Puskesmas Bareng melakukan pemeriksaan kepada pasien ibu hamil. Mengapa kesehatan gigi dan mulut penting bagi ibu hamil? Salah satu alasannya karena selama masa kehamilan ibu memerlukan asupan zat makanan yang sehat dan bergizi. Apabila ibu hamil mengalami gangguan kesehatan pada gigi dan mulut maka kebutuhan akan pemenuhan makanan akan terganggu. Sehingga mengakibatkan gizi janin berkurang dan bayi mengalami gangguan pertumbuhan.

Maka dari itu penting bagi ibu hamil untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut sebelum melahirkan. Ayo ibu-ibu jangan lupa periksakan gigi dan mulut di puskesmas!

 

 

Kunjung-kunjung, Lacak-lacak ~ Puskesmas Kendalkerep

Kamis, 23 Mei 2019, Puskesmas Kendalkerep adalah penanggung jawab kesehatan masyarakat di wilayah. Masyarakat bisa melaporkan kejadian kesakitan kepada puskesmas, dan puskesmas wajib untuk melakukan pemantauan/konfirmasi. Pada kasus kali ini, petugas puskesmas Kendalkerep dengan sigap untuk turun langsung ke lapangan.

Tim Puskesmas kemudian melakukan pemantauan, ternyata pasien TBC (tuberculosis) yang drop out (mangkir) pada tahun 2017. Setelah pasien diperiksa keadaan umumnya, dan dari hasil diskusi dengan petugas, akhirnya keluarga memutuskan untuk membawa pasien ke Rumah Sakit.
Keluarga disarankan untuk membuat Surat Pernyataan Miskin (SPM) karena belum menjadi peserta JKN (belum punya Kartu Indonesia Sehat). Pihak puskesmas kemudian menghubungi PSC (Public Safety Center) untuk meminta bantuan ambulance.
Karena pasien pernah mangkir pengobatan, pasien tersebut termasuk pasien TBC kategori 2 dan menjalani pengobatan di Rumah Sakit.

 

 

 

Konsultasi Gizi Ibu Hamil ~ Puskesmas Dinoyo

Halo calon mama muda! Halo para bumil!

Kamis, 23 Mei 2019, Kegiatan Konsultasi Gizi Ibu Hamil (SUGIH) Puskesmas Dinoyo datang lagi nih sobat sehat. Konsultasi kali ini mengenai kadar Hb (Hemoglobin) ibu hamil yang dalam kategori rendah (Hb <12 mmHg). Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Segera periksakan dan tetap jaga kesehatan ya bunda. Jika ada masalah bisa datang ke Puskesmas Dinoyo untuk Konsultasi Gizi. Jangan ragu, jangan malu, jangan segan untuk berkonsultasi ya Bunda.

 

 

 

 

Peran Lintas Sektor Demi Wujudkan GERMAS ~ Puskesmas Cisadea

Saat ini, permasalahan kesehatan yang timbul diakibatkan oleh pola hidup masyarakat yang tidak sehat. Oleh karena itu, diperlukan upaya promotif dan preventif yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga demi terwujudnya masyarakat yang sehat dan berkualitas. Program GERMAS ini diterapkan di seluruh Lintas Sektor di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat.

Peran Lintas Sektor diperlukan untuk mewujudkan keberhasilan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Untuk itu, Puskesmas Cisadea bekerja sama dengan semua Lintas Sektor yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea untuk disetiap tatanan melakukan advokasi kepada pemimpin di tatanan masing-masing demi terwujudnya GERMAS di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea. Selain itu Puskesmas Cisadea juga menjalin kerjasama dengan TOMA dan TOGA untuk penerapan GERMAS di masyarakat.

Dengan bantuan dari Lintas Sektor, diharapkan semua lapisan masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea dapat benar-benar berkontribusi dalam menciptakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Ayo kita dukung GERMAS!

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply