Kegiatan Puskesmas, Rabu 22 Mei 2019

0

Pelayanan Imunisasi di Puskemas Mojolangu

Pentingnya Imunisasi untuk Bayi

Rabu, 22 Mei 2019, Memangnya, seberapa penting sih imunisasi? Imunisasi pada dasarnya adalah menyuntikkan virus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh untuk merangsang keluarnya antibodi, sehingga tubuh kita sudah tahu cara “melawan” ketika ada virus sejenis yang menyerang. Jika anak tidak diimunisasi, ia memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan kecacatan hingga kematian. Selain cepat dan aman, imunisasi juga hampir 100% efektif. Jika ternyata anak tetap tertular penyakit, gejalanya pun lebih ringan.

Dimana sajakah kita bisa mendapat imunisasi? Imunisasi dapat dilakukan di posyandu, puskesmas, rumah sakit, dan tempat praktek dokter anak atau bidan. Vaksin yang digunakan di puskesmas disediakan langsung oleh pemerintah dan yang lebih penting pelayanan imunisasi di Puskesmas Mojolangu GRATIS dengan kualitas vaksin yang tidak perlu di ragukan.

Apa saja imunisasi yang wajib diperoleh oleh bayi? Ada 5 jenis imunisasi wajib untuk bayi yang dapat diperoleh secara gratis di posyandu atau di Puskesmas Mojoalangu.
1. Hepatitis B,
2. Polio,
3. BCG,
4. Campak,
5. Pentavalen (DPT, HB, HiB). Sampai kapan anak harus diimunisasi? Kelima jenis imunisasi dasar di atas harus diberikan pada anak sebelum anak berusia 1 tahun. Namun, ada tiga jenis vaksin yang perlu diulang pada usia batita, yaitu vaksin polio, campak, dan DPT karena kadar antibodinya akan turun setelah setahun. Sementara itu, imunisasi BCG cukup dilakukan sekali saja karena antibodinya tidak pernah turun.

Segera ke Puskemas Mojolangu untuk mendapat Imunisasi GRATIS. Pelayanan Imunisasi di Puskemas Mojolangu setiap hari Senin dan Rabu dari jam 08.00-11.00 WIB.

Jangan sampai terlewat ya mam!

 

Penyuluhan Germas Puskesmas Arjowinangun

Halo sobat sehat!

Rabu, 22 Mei 2019, Kegiatan penyuluhan Germas di posyandu masih berlanjut lho. Kali ini kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Mergosono. Puskesmas Arjowinangun bersama dengan Dinas Kesehatan melakukan kegiatan penyuluhan Germas di dua posyandu sekaligus, yaitu Posyandu Nuri dan Posyandu Parkit.

Hayoo masih ingat kan kegiatan Germas tahun ini berfokus pada program apa? Yap, tahun 2019 ini kegiatan germas berfokus pada pencegahan stunting, eliminasi TBC (Tiberculosis), dan peningkatan cakupan imunisasi.

Yuk, budayakan Germas! Sehat diawali dari saya!

 

 

 

Tim PENYULING On Vacation ~ Puskesmas Kedungkandang

Rabu, 22 Mei 2019

Hallo sobat ngalam! Kini tim PENYULING dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kedungkandang hadir lagi dengan spot di Gor Ken Arok dan Pasar Kebalen lho.

Ada keseruan apa saja ya disana? Tim PENYULING berbagi informasi kesehatan dengan tema anemia, ASI eksklusif, dan Demam Berdarah Dengue (DBD). Selain itu ada pembagian bubuk abate, tablet tambah darah, dan pemeriksaan tensi. Antusias baik pedagang maupun pengunjung sangat bersemangat lho. Karena aksi keren dari Tim PENYULING yang mengemas materi dan penyampaian yang unik dan menarik.

So, ikuti terus perjalanan Tim PENYULING On Vacation selanjutnya ya Sobat. Tim PENYULING selalu setia berbagi informasi kesehatan!

 

 

 

Emo Demo: Camilan Sembarangan ~ Puskesmas Ciptomulyo

Ikut ikut ikut rumpi sehat
Ibu hamil ya atika
Makanan anak harus seimbang
Cemilan harus sehat
Kalau salah? Ya benerin
Kalau salah? Ya benerin

Rabu, 22 Mei 2019, Emo Demo lagi di Paud Kelurahan Bakalan Krajan. Emo Demo disampaikan oleh pendamping Taman Posyandu tentang “Camilan Sembarangan” didampingi oleh petugas promkes Puskesmas Ciptomulyo. Peserta adalah ketua TPPKK Kelurahan, ketua TPPKK RW 1-7, ketua posyandu RW 1-7, Ketua PKK RW 1-7, Ketua Pokja 4 Kelurahan Bakalan Krajan, dan bunda-bunda paud.

Selain materi Emo Demo disampaikan pula mengenai sistem rujukan berencana. Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memberikan informasi kesehatan secara langsung kepada masyarakat dan bisa menjadi kegiatan berkelanjutan dalam menyebarluaskan informasi kesehatan.

 

Pemeriksaan Air Minum Isi Ulang ~ Puskesmas Mulyorejo

Seiring dengan meningkatnya aktivitas manusia menyebabkan kebutuhan akan air minum juga meningkat. Berbagai sarana penyediaan air minum juga jumlahnya semakin meningkat dengan pesat, baik air minum dalam kemasan maupun air minum isi ulang. Depot air minum isi ulang menjadi pilihan kebanyakan masyarakat.

Rabu, 22 Mei 2019, Petugas Sanitarian Puskesmas Mulyorejo melakukan inspeksi kesehatan lingkungan pada depo air minum isi ulang. Pemeriksaan yang di lakukan terkait dengan kualitas fisik air yaitu tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna, dan sarana sanitasi yang ada.

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kualitas air isi ulang yang ada di wilayah kerja puskesmas tersebut aman dikonsumsi oleh warga.

 

 

 

 

Lokakarya Mini Lintas Sektor ~ Puskesmas Gribig

Linsek Kompak: Lintas Sektor Komunitas Peduli akan Kesehatan

Rabu, 22 Mei 2019, Puskesmas Gribig mengadakan kegiatan lokakarya mini lintas sektor tribulanan bersama muspika wilayah kerja puskesmas dan Kecamatan Kedungkandang.

Pada kesempatan kali ini membahas percepatan pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan waspada akan penyakit DBD yang mulai muncul kembali di masyarakat. Dengan hadirnya peserta yang terdiri dari bapak camat, danramil, kapolsek, lurah, ketua TP PKK kelurahan, KUA, DP3AP2KB, ketua FMPP, paguyuban sekolah, dan Pokja Kelurahan Sehat diharapkan informasi yang telah disampaikan pada kesempatan kali ini memperoleh dukungan penuh oleh setiap pemangku kebijakan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Gribig sehingga dapat mewujudkan masyarakat sehat dan produktif. Permasalahan kesehatan akan mudah teratasi dengan adanya sinergitas antar lintas sektor seperti ini.

Kesehatan anda kebanggaan kami, Kecamatan Kedungkandang kompak!

 

Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja ~ Puskesmas Rampal Celaket

Hello healthies!

Rabu, 22 Mei 2019, Dokter Puskesmas Rampal Celaket baru saja memberikan penyuluhan di SMK Cor Jesu. Penyuluhan tersebut dilaksanakan di aula SMK Cor Jesu dengan topik “Kesehatan Reproduksi bagi Remaja”. Dalam penyuluhan tersebut yang menjadi sasaran adalah siswa siswi kelas X dan XI. Penyuluhan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa siswi mengenai kesehatan reproduksi dan bahaya seks bebas. Penyuluhan dilanjutkan dengan pengukuran berat badan, tinggi badan dan LiLA bagi remaja putri yang hadir saat penyuluhan.

RCTT Yes! Sehat, bugar, produktif!

 

 

 

 

Pemusnahan Limbah B3 dan Limbah Medis ~ Puskesmas Kendalsari

Rabu, 22 Mei 2019, Petugas Sanitasi Puskesmas Kendalsari mengadakan pemusnahan Limbah B3 dan Limbah medis.

Pemusnahan Limbah B3 dan Limbah medis dilakukan dengan penanganan khusus karena dapat membahayakan jika dibuang sembarangan atau dibuang di tempat sampah biasa.

Puskesmas Kendalsari bekerjasama dengan pihak ketiga dalam pemusnahan Limbah B3 maupun Limbah medis sehingga dapat tertangani baik.

 

 

 

 

 

Kegiatan Refreshing Kader ~ Puskesmas Dinoyo

Rabu, 22 Mei 2019, Kegiatan Refreshing Kader bertempat di Aula Gajayana Puskesmas Dinoyo yang diikuti oleh 45 kader dari 5 kelurahan. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas, kemampuan dan pemahaman kader posyandu balita dalam meningkatkan derajat kesehatan.
Dalam acara ini disampaikan materi mengenai “Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Tuberculosis, Monkeypox dan Membahas Telaah Posyandu”. Diharapkan setelah kegiatan ini para kader dapat menambah wawasan terkait kesehatan.

Salam sehat!

 

 

 

 

Prolanis Puskesmas Pandanwangi

Hari rabu yang manis ya waktunyaa PROLANIS

Rabu, 22 Mei 2019, Pelaksanaan kegiatan Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Puskesmas Pandanwangi hari ini berjalan tertib dan lancar. Kehadiran peserta cukup banyak meskipun sedang menjalani ibadah puasa. Mereka sangat antusias untuk mengecek kesehatannya secara rutin sehingga terus terpantau dan dapat dilakukan pencegahan/pengobatan secara dini.

Kegiatan ini berkerja sama dengan laboratorium SIMA malang untuk sebagai penyedia jasa laboratorium klinik. Adapun beberapa pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pada kegiatan prolanis yaitu pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, cek gula darah, kolesterol, GDP, HbA1c, dan kimia darah.

Peserta prolanis menyambut baik adanya kegiatan ini, beberapa penderita diabetes melitus dan hipertensi juga diberikan fasilitas untuk melakukan konsultasi mengenai pola makan maupun gaya hidup agar tidak terjadi komplikasi akibat penyakit yg diderita.

 

Kunjung-kunjung, Lacak-lacak ~ Puskesmas Kendalkerep

Rabu, 22 Mei 2019, petugas Puskesmas Kendalkerep mendapat laporan tentang anak disabilitas di Kelurahan Polehan. Tanpa membuang waktu, petugas pun langsung kunjungan dan pelacakan untuk mengkonfirmasi berita tersebut.

Ternyata benar ada seorang putra yg mungil nan rupawan berusia 9 tahun. Keadaan umumnya tidak bisa berjalan dan bicara.

Berkat bantuan dari tangan-tangan tulus dan tidak lupa bantuan pemerintah, sekarang adik tersebut sedang terapi di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC). Selain itu, adik tersebut dalam proses pengajuan menjadi peserta JKN.

Yuk saling peka terhadap lingkungan sekitar!

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply