Kegiatan Puskesmas, Selasa 21 Mei 2019

1

Ayo! Periksa Gigi Secara Rutin 6 Bulan Sekali ~ Puskesmas Cisadea

Selasa, 21 Mei 2019

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang penting dilakukan bagi setiap orang. Baik tua maupun muda, laki laki maupun perempuan. Rajin memeriksakan gigi juga tidak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Pentingkah pemeriksaan gigi? Pemeriksaan gigi dapat mendeteksi dan mengobati berbagai gangguan umum yang menyerang area mulut semisal seperti gigi berlubang, karies gigi, dan penyakit gusi, sehingga bisa meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup.

Pada saat pemeriksaan gigi rutin, dokter dan perawat gigi Puskesmas Cisadea akan mengecek kondisi gigi anda. Apakah ada lubang gigi, patah, retak, tambalan gigi yang rusak atau plak, dan karang gigi. Plak dan karang gigi adalah sumber infeksi pada rongga mulut, sehingga bila sudah timbul harus segera dibersihkan.

Yuk! Sayangi gigi kita dengan rutin periksa setiap 6 bulan sekali walau tanpa keluhan.

 

Ayo terapkan Gema Cermat ~ Puskesmas Bareng

Selasa, 21 Mei 2019, Kurangnya pengetahuan serta informasi mengenai penggunaan obat dapat menyebabkan masalah kesehatan baru, misalnya dosis yang berlebihan, kejadian efek samping, dan lainnya. Maka dari itu salah satu cara untuk mencegah terjadinya kejadian tersebut yaitu dengan menerapkan Gema Cermat.

Apa yang dimaksud dengan Gema Cermat? Gema Cermat merupakan kepanjangan dari Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat, yaitu upaya bersama pemerintah dan masyarakat melalui kegiatan dalam rangka mewujudkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.
Hari ini, seperti hari-hari biasanya petugas Farmasi Puskesmas Bareng selalu memberikan informasi tentang obat dari resep dokter kepada pasien. Informasi ini meliputi nama obat, indikasi, dosis, cara menggunakan, serta efek samping obat tersebut. Tujuannya agar pasien memahami penggunaan obat yang baik dan benar. Selain itu juga untuk merubah perilaku masyarakat dalam memilih dan mendapatkan obat. Maka dari itu, yuk terapkan Gema Cermat dengan berobat ke puskesmas!

 

 

Posyandu Balita Cempedak, Kelurahan Arjosari ~ Puskesmas Pandanwangi

Selasa, 21 Mei 2019

Hallo sobat sehat!
Hari ini, Puskesmas Pandanwangi melaksanakan kegiatan posyandu balita di RW 02 Kelurahan Arjosari. Selain dilakukan pengukuran Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), Lingkar Kepala, Lingkar Perut, dan pemantauan Kartu Menuju Sehat (KMS). Apabila dari hasil pemantauan KMS, terdapat balita yang belum melengkapi imunisasi, maka petugas kesehatan memberikan kartu pengantar untuk melakukan imunisasi pada kegiatan Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel) atau datang langsung ke Puskesmas Pandanwangi.

Kegiatan posyandu kali ini juga ada penyampaian Emotional Demonstration (Emo Demo) dengan materi “Asi Saja Cukup & Siap Bepergian”. Nahh, kebetulan sekali materi yang disampaikan saat EmoDemo berkaitan dengan materi yang akan disampaikan oleh petugas promosi kesehatan puskesmas Pandanwangi, yaitu “Kenaikan Berat Badan Balita”. Para Ibu balita antusias menyimak materi demi materi yang diberikan, diskusinya juga berlangsung sangat seru. Disamping itu, pada saat Emo Demo, dapat terlihat jelas melalui adanya demonstrasi dan didukung dengan media-media yang sesuai dengan kasus yang sedang dibahas.

Ayo datang ke Posyandu! Pantau tumbuh kembang balita secara rutin! Ibu cerdas, bayi sehat, generasi hebat!

 

Mama Timbang Aku di Posyandu ~ Puskesmas Rampal Celaket

Selasa, 21 Mei 2019

Hallo healthies! Senang sekali hari ini para balita di Kelurahan Rampal Celaket RW 6 mendapatkan penimbangan dan pengukuran pertumbuhan di Posyandu. Meski ada beberapa balita yang menangis saat ditimbang, tapi melakukan pengukuran rutin ini sangat penting lho, Mama.
Sebab dalam tahap tumbuh kembang anak utamanya sampai usia 2 tahun pertumbuhan mereka sangat pesat. Sehingga penting bagi mereka untuk dipantau tumbuh kembangnya di Posyandu.
RCTT Yes! Sehat, bugar, produktif!

 

 

 

 

Pengiriman Sampel Air Limbah untuk di Periksa di Jasa Tirta 1 ~ Puskesmas Janti

Selasa, 21 Mei 2019

Hari ini, pihak Puskesmas Janti melakukan pengambilan sampel air limbah. Sampel air limbah ini adalah hasil dari poli-poli dan kamar mandi dialirkan terpusat di IPAL dengan pengolahan sistem anaerob dan aerob. Sampel air di ambil sebanyak kurang lebih 4 Liter dan dimasukan kedalam dirigen.
Setelah di ambil, sampel kemudian dibawah ke laboratorium Kualitas Air Perum Jasa Tirta 1 untuk diuji kimia dan biologi. Hasil akhir dapat diketahui setelah kurang lebih 2 minggu dan hasil akan langsung dibawah oleh pihak dinas kesehatan kota Malang.
Begitulah proses dari uji sampel air limbah cair Puskesmas Janti.

 

 

 

Emo Demo: Jadwal Makan Bayi dan Anak ~ Puskesmas Gribig

Selasa, 21 Mei 2019

Hai bunda-bunda sehat! Puasa-puasa seperti ini ngerumpi boleh tidak ya? Kali ini boleh ya bunda, karena kita ngerumpi sehat☺

Rumpi sehat kali ini, bertempat di Taman Posyandu Dahlia Ungu 1 Sawojajar wilayah Puskesmas Gribig. Masih ingatkah sahabat yel-yel Emo Demo rumpi sehat? Mari kita ingat kembali.
Salam rumpi sehat!!
Ikut, ikut, ikut, rumpi sehat
Ibu hamil ya AtIka (Ati Telur Ikan)
ASI eksklusif itu wajib
Makanan anak harus seimbang
Cemilan harus sehat
Kalo salah? Ya benerin
Kalo salah? Ya benerin

Emo demo kali ini membahas jadwal makanan bayi dan anak yang bertujuan supaya ibu-ibu belajar untuk tidak memberikan cemilan pada bayi/anak 1 jam menjelang waktu makan, karena bayi/anak akan merasa kenyang duluan.
Yuk mulai bikin jadwal yang tepat mulai sekarang bunda!

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

1 Komentar

Leave A Reply