Kegiatan Puskesmas, Senin 20 Mei 2019

0

Cegah DBD dengan 3 PLUS ~ Puskesmas Mojolangu

Hai sobat Malang!
Hampir Setiap tahun, kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) terjadi di Malang. Dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. Program PSN, yaitu: 1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, dan lain-lain. 2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya. 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk; 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Puskesmas Mojolangu melalukan penyuluhan di Posyandu Kasih Ibu di RW 17 Kel. Mojolangu sebagai upaya menambah pengetahuan masyarakat tentang bahaya DBD, dan cara menanggulanginya dengan cara melakukan PSN. PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.

Selain PSN 3M Plus, sejak Tahun 2017 Puskesmas Mojolangu sudah mengenalkan program 1 rumah 1 Jumantik (juru pemantau jentik) untuk menurunkan angka kematian dan kesakitan akibat DBD. Gerakan ini merupakan salah satu upaya preventif mencegah DBD dari mulai pintu masuk negara sampai ke pintu rumah.

Yuk, cegah DBD dengan PSN!

 

Pengambilan Sampel Air IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Puskesmas Pandanwangi

Limbah merupakan zat/hasil buangan suatu kegiatan/usaha yang mengandung zat-zat berbahaya apabila seketika dibuang ke lingkungan. Oleh karena itu perlu adanya pengolahan lebih lanjut dan sesuai prosedur agar limbah tersebut aman apabila berada di lingkungan.

Pagi ini sekitar pukul 10.00, sanitarian Puskesmas Pandanwangi melakukan pengambilan sampel air pada IPAL. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air limbah yang ada di Puskesmas Pandanwangi agar memenuhi standar baku mutu air limbah sesuai Peraturan Gubernur No. 72 Tahun 2013. Pengambilan sampel air limbah dilakukan satu kali setiap bulannya untuk selanjutnya dikirim ke Perum Jasa Tirta Kota Malang untuk dilakukan pengujian. Setelah hasil uji dinyatakan aman, maka air limbah tersebut diperbolehkan untuk dialirkan ke saluran air.

Yuk, kita olah limbah agar tidak berbahaya!

 

 

 

Monitoring Kualitas Air Limbah ~ Puskesmas Arjuno

Senin, 20 Mei 2019

Monitoring kualitas air limbah adalah suatu kegiatan untuk memantau proses IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang dilakukan secara terus menerus dan berkala dalam periode tertentu.
Di Puskesmas Arjuno, monitoring dilakukan secara berkala dengan pengambilan sampel air limbah pada outlet IPAL. Sampling air limbah akan dikirimkan dan diperiksakan ke Perum laboratorium, Perum Jasa Tirta satu bulan sekali. Hari ini (20/5/2019) adalah jadwal untuk pengambilan dan pengiriman sampel air limbah oleh sanitarian Puskesmas Arjuno.
Monitoring ini mengacu pada KepMen LH No.58/MENLH/10/1995 (Lampiran B) tentang baku mutu limbah cair bagi kegiatan rumah sakit, atau mengikuti baku mutu limbah cair. Dengan monitoring ini, kita akan bisa melihat serta membandingkan kualitas air limbah dengan baku mutu air limbah.

 

 

Ngalamku ODF (Open Defecation Free) ~ Puskesmas Polowijen

Senin, 20 Mei 2019, Halo sobat sehat! Siapa yang belum punya jamban? Atau siapa di sini yang sudah punya jamban tapi belum punya septic tank? Atau bagi ibu bayi/balita, siapa yang masih buang pampers sembarangan tanpa dibersihkan dulu?

Kalo ada, berarti kita masih mencemari lingkungan kita lho! Hari ini (20/05/2019) Petugas Puskesmas Polowijen memberikan penyuluhan tentang ODF di RW 10 Kelurahan Purwodadi. Tujuannya agar masyarakat terbebas dari penyakit berbasis lingkungan seperti diare, thypus, kolera, dan lain lain. Minimal dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan

Yuk, tunggu apalagi lingkungan sehat berasal dari masyarakat yang peduli terhadap lingkungan!

 

 

 

 

Pemeriksaan Fisik dan Konsultasi Kesehatan Remaja ~ Puskesmas Ciptomulyo

Senin, 20 Mei 2019

Hai Sobat Sehat! Hari ini tanggal 20 Mei 2019 ada pemeriksaan fisik dan konsultasi kesehatan remaja di Poli Umum Puskesmas Ciptomulyo. Pemeriksaan fisik dilakukan dengan mengukur berat badan dan tinggi badan serta ada konsultasi kesehatan remaja diantaranya tentang personal hygiene, pemenuhan kebutuhan gizi untuk pertumbuhan, dan kesehatan reproduksi remaja.

Tujuan dilaksanakannya pemeriksaan fisik dan konsultasi adalah sebagai deteksi dini apabila ada kelainan kesehatan pada remaja serta memberi wadah pada remaja untuk konsultasi tentang masalah kesehatan maupun psikologis yang dihadapi. Remaja merupakan masa rentan untuk terpengaruh lingkungan di sekitarnya sehingga dibutuhkan bimbingan untuk mengawali pertumbungan maupun perkembangan fisik, sosial, mental, dan spiritual. Layanan ini termasuk upaya promotif dan preventif yang ada di puskesmas.

Mau sehat? Ayo datang ke fasilitas kesehatan!

 

PERUT KAPAL: PEMERIKSAAN RUTIN UJI KUALITAS IPAL ~ Puskesmas Dinoyo

Senin, 20 Mei 2019

Pagi ini Puskesmas Dinoyo melakukan pengambilan sampling Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL). Kegiatan ini rutin dilakukan setiap 1 bulan sekali dengan tujuan agar pengolahan limbah dapat memenuhi baku mutu dan layak buang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 tahun 2001 tentang Pengelolahan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air menyebutkan bahwa, baku mutu air adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat energi atau komponen yang ada atau harus ada dan atau unsur pencemar yang ada di dalam air. Setelah pengambilan sampling selanjutnya air limbah tersebut diserahkan ke Jasa Tirta untuk dilakukan uji kualitas IPAL.

Salam sehat!

 

 

 

PKP (Penilaian Kinerja Puskesmas) Trimesteran Puskesmas kedungkandang

Senin, 20 Mei 2019

Kegiatan PKP trimesteran kali ini selain evaluasi penilaian hasil laporan masing-masing program juga membahas terkait penjelasan definisi operasional kegiatan dan target program di tahun 2019. Karena adanya perubahan di masing-masing program maka menjadi hal wajib para pemegang program untuk mengetahui target programnya.

Selain itu dalam kegiatan ini juga diberikan kesempatan kepada pemegang program untuk menyampaikan kendala yang ditemui dalam pencapaian program. Sehingga bisa dilakukan upaya rencana pemecahan masalah dengan melibatkan lintas sektor dan lintas program dalam pencapaiannya.

BERSAMA KITA BISA!

 

 

 

Pengambilan Sampling Air Limbah IPAL Puskesmas Gribig

Senin, 20 Mei 2019

Air limbah merupakan sisa dari suatu hasil usaha dan atau kegiatan yang berwujud cair. Oleh karena itu diperlukan adanya pengolahan lebih lanjut dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hari ini, sanitarian Puskesmas gribig melakukan sampling IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) puskesmas. Dimana kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap bulannya. Sampling air limbah IPAL ini bertujuan untuk melihat kualitas air limbah di IPAL puskesmas yang langsung diserahkan/diujikan di laboratorium kualitas air minum Jasa Tirta I.

Hasil dari uji laboratorium akan menunjukkan kualitas air limbah IPAL puskesmas apakah aman/ramah lingkungan atau berbahaya. Jika hasilnya aman maka air limbah tersebut diperbolehkan untuk dialirkan ke saluran air.

Air limbah ramah lingkungan, tidak mencemari lingkungan di sekitarnya

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply