Kegiatan Puskesmas, Sabtu 18 Mei 2019

0

INDIA: Inventaris Media ~ Puskesmas Dinoyo

Kegiatan penginventarisan media promosi kesehatan Puskesmas Dinoyo. Media atau alat peraga dalam promosi kesehatan dapat diartikan sebagai alat bantu untuk promosi kesehatan yang dapat dilihat, didengar, diraba, dirasa atau dicium, untuk memperlancar komunikasi dan penyebarluasan informasi.

Peranan media promosi kesehatan sangat besar pagi seorang Promotor Kesehatan. Sebab, dengan adanya media dapat membantu dalam pemahaman penerima pesan (dalam artian masyarakat) mengenai informasi kesehatan yang telah disampaikan. Media dalam promosi kesehatan sangat banyak jenisnya seperti, leaflet, brosur, banner, lembar balik, buku pedoman, video, dsb. Masing-masing media tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentunya perlu adanya pemahaman dalam penggunaan media tersebut.

Pastikan media promosi kesehatan yang ada di Puskesmas bervariatif dan informatif. Sehingga, pentinglah untuk melakukan inventaris pada setiap media promosi kesehatan.

Salam sehat!

 

Kelas Bumil (Ibu Hamil) di Kelurahan Kedungkandang ~ Puskesmas Kedungkandang

Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat ditunggu tunggu oleh para wanita dan suaminya tentunya. Hal yang sangat berharga ini pun perlu dijaga kesehatan nya loh, salah satu caranya adalah dengan kelas ibu hamil. Bu Cepi, bidan wilayah Kelurahan Kedungkandang ini ingin agar semua ibu hamilnya sehat. Berbagai macam gerakan pun di contohkan untuk para ibu hamil. Selain itu juga diberikan informasi kesehatan untuk ibu hamil dan janinnya agar persalinan nantinya lancar dan selamat. Kelas bumil menjadi kegiatan rutin bulanan oleh bidan wilayah di masing-masing wilayahnya.

Ibu sehat, bayi lahir selamat!

 

 

 

 

 

Pelayanan Klinik Sanitasi di Puskesmas Janti

Apakah anda sudah mengenal apa itu klinik sanitasi? Klinik sanitasi merupakan suatu upaya atau kegiatan yang mengintegrasikan pelayanan kesehatan promotif, preventif, dan kuratif yang difokuskan pada penduduk yang berisiko tinggi untuk mengatasi masalah penyakit berbasis lingkungan pemukiman yang dilaksanakan oleh petugas puskesmas bersama masyarakat yang dapat dilaksanakan secara pasif dan aktif di dalam dan di luar gedung. Contoh salah satu kegiatan klinik sanitasi yakni konseling penyakit kulit. Setiap pasien yang datang ke Puskesmas dapat melakukan konseling bersama petugas mengenai permasalahan kesehatannya.
Seperti pada tanggal 18 Mei 2019, klinik sanitasi dikunjungi oleh pasien dengan gejala kulit gatal-gatal dan diduga scabies. Pada sesi tersebut, anak dan pendamping mendapatkan konseling setelah menjawab pertanyaan dan menjelaskan gejala-gejala yang dialami. Pertanyaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kebiasaan, kondisi, dan PHBS pasien. Setelah dirasa pertanyaan cukup, petugas akan memberikan edukasi seputar apa itu scabies, penularan scabies, cara mencegah scabies, dan PHBS yang dapat diterapkan untuk mencegah scabies.

Dengan konseling tentang penyakit kulit diharapkan pasien dan keluarganya mampu mengatasi dan mencegah terjadinya penyakit scabies, serta derajat kesehatan masyarakat akan meningkat.

Salam sehat!

 

Tetap Bugar di Masa Kehamilan ~ Puskesmas Mojolangu

Ibu hamil pada nungging kira-kira ngapain hayo? Yups itulah salah satu gerakan senam hamil. Jangan salah ya ibu hamil juga perlu melakukan senam. Di jaman sekarang ini senam hamil sudah menjadi trend. Tapi nyatanya ini bukan sekedar trend lho, banyak manfaat yang diperoleh saat melakukan senam hamil.

Yuks simak apa saja manfaat nya:
1. Membantu menyiapkan energi bagi ibu hamil,
2. Menurunkan resiko komplikasi kehamilan,
3. Membantu mengurangi stres dan membangkitkan suasana hati,
4. Mengurangi ketidak nyamanan saat hamil, dan masih banyak lagi.

Nah para ibu-ibu muda sekarang pada tau kan segudang manfaat dari melakukan senam hamil. Yuk, ikut kelas ibu hamil di Puskesmas Mojolangu. Selain banyak manfaatnya, kelas ini juga GRATIS. Kelas ini tidak hanya mengajari senam ibu hamil saja, disini ibu hamil akan mendapatkan materi tentang kesehatan selama hamil sampa pada nifas. Juga bisa berkonsultasi mengenai masalah masalah yang dirasakan ke petugas kesehatan.

Yuk para ibu hamil semangat sehat dan bugar!

 

Kunjungan Puskesmas Gribig ke Pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) Setelah Melahirkan

Petugas (Penanggungjawab program kesehatan jiwa) Puskesmas Gribig melakukan kunjungan rumah pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) Kelurahan Lesanpuro setelah melahirkan. Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan dan motivasi kepada pasien dan keluarganya. Alhamdulilah ibu & bayi sehat dan selamat

Mari kita peduli dengan ODGJ, jangan sampai dikucilkan bahkan dipasung. Sebaiknya kita bantu menyelesaikan masalahnya sebelum terlambat.

Yuk, peduli ODGJ!

 

 

 

 

 

Konseling Tata Cara Pemeriksaan Laboratorium ~ Puskesmas Polowijen

Halo sobat healthies! Mungkin Anda jarang atau belum pernah melakukan cek laboratorium karena merasa sehat dan bugar. Namun ketika Anda sakit, tentu cek lab bukan hal yang aneh dilakukan, karena dokter selalu menyarankan untuk cek darah dengan pemeriksaan lab. (18/05/2019) Petugas laboratorium Puskesmas Polowijen memberikan konseling tentang bagaimana tata cara pemeriksaan lab yang benar sesuai jenisnya. Karena apa? Terkadang sebelum pemeriksaan lab harus ada persyaratan yang dilakukan oleh pasien.

Jadi, kalau mau periksa kita harus tahu dulu tata caranya ya sobat. Karena sobat sehat adalah sobat cerdas!

 

 

 

 

 

Ringkes Batu : Jejaring Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bersatu ~ Puskesmas Kendalkerep

Kembali lagi bersama Puskesmas Kendalkerep dalam acara Ringkes Batu (18/5). Sepenting itu kah kegiatan ini? Penting pake banget. Karena kami semua adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat terutama di wilayah kami.

Pembahasan kali ini apa sih? Spesial pake telor nih, karena kami mengundang narasumber yang super pintar dan super kece, yaitu dr. Arifian Juari, Sp. OG. Selama lebih dari 2 jam, kami membahas ANC yang terdiri dari kesepakatan mengukur TFU (tinggi fundus uteri), TBJ (taksiran berat janin), dan kapan sih tepatnya waktu untuk USG dan K1. Hal tersebut sebetulnya dasar ilmu kebidanan yang selalu dipraktekan, namun terkadang masih perlu diperdebatkan karena tidak ada kesepakatan dalam penggunaannya.

Yang tidak kalah istimewanya, kami mengundang para bidan dari luar wilayah lho. Ada bidan dari Puskesmas Gribig, Polowijen, dan masih banyak lagi. Karena se-seru itu materinya dan se-kece itu narasumbernya. Jadi sayang sekali kalo kelewatan.

Yuk bersatu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat!

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply