Kegiatan Puskesmas, Jumat 17 Mei 2019

0

Prolanis Cisadea Tetap Lakukan Aktifitas Fisik di Bulan Puasa ~ Puskesmas Cisadea

Bulan puasa tidak membuat peserta prolanis tidak melakukan aktifitas fisik. Dengan di pandu petugas promosi kesehatan puskesmas Cisadea, Brilliantantri Wulandari, S.K.M. para peserta prolanis melakukan serangkaian aktifitas fisik yaitu senam stroke dan senam cerdik.

Aktifitas fisik harus selalu dilakukan meskipun dalam keadaan berpuasa agar tubuh tetap terjaga staminanya. Dengan minimal 30 menit setiap hari, kita sudah dapat membakar kalori dalam tubuh kita dengan tanda keluarnya keringat.

Kurang melakukan aktifitas fisik mengakibatkan mudah kelelahan dalam beraktifitas, mudah sakit sehingga menjadikan kita kurang produktif. Untuk itu ayo tetap menjaga stamina dibulan puasa dengan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap harinya. Agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Sehat, bugar, produktif, ceria!!

 

 

 

Kaji Banding Program Imunisasi Puskesmas Janti ke Puskesmas Gribig Menuju Re-Akreditasi Puskesmas Tahun 2019

Di dalam standar akreditasi puskesmas, kegiatan kaji banding digunakan untuk membandingkan permasalahan yang ada di puskesmas untuk dibandingkan dengan upaya perbaikan terhadap masalah yang ada di puskesmas dengan yang terjadi di puskesmas tujuan kaji banding. Sehingga dari kaji banding didapatkan gambaran tentang upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan di puskesmas.

Pada kesempatan kali ini Puskesmas Gribig menyambut peserta kaji banding dari Puskesmas Janti untuk program imunisasi. Beberapa puskesmas di kota malang akan melaksanakan re-akreditasi puskesmas di tahun 2019 ini dan salah satunya adalah Puskesmas Janti. Sebagai deskripsi dari kegiatan kaji banding ini adalah sebagai berikut:
1. Laporan kaji banding. Tim akreditasi membuat laporan perjalanan dinas yang isi nya memuat tentang apa saja yang dikerjakan pada saat kaji banding (misalnya, diskusi apa saja, diterima siapa, hal apa saja yang di dapat dan akan diterapkan di puskesmas).
2. Rencana perbaikan. Membuat rencana dan time line pelaksanan perbaikan setelah kajibanding.
3. Laporan pelaksanaan perbaikan. Setelah implementasi perbaikan dilaksanakan. Di buatkan laporan perbaikan. Di sisi mana saja yang sudah di perbaiki atau diperbaharui sesuai dari hasil kaji banding tersebut.
4. Hasil evaluasi kaji banding. Membuat laporan matrik hasil evaluasi kaji banding.
5. Hasil evaluasi perbaikan kaji banding. Setiap kegiatan di evaluasi perbaikannya sehingga terukur arah perubahannya (membuat matrik evaluasi perbaikan kaji banding dapat melibatkan tim auditor).

Lakukan kaji banding, tingkatkan mutu Puskesmas!

 

Informasi Kesehatan Tentang PHBS ~ Puskesmas Polowijen

Halo ibu-ibu, bapak-bapak, adek-adek.

Yuk yuk yuk pada kumpul!

Jumat (17/05/2019) Puskesmas Polowijen dan Dinas Kesehatan lagi action sebagai Penyuling (Penyuluhan Keliling) lho.

Informasi kesehatan mulai dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga, Ati, Ayam, Telur, Ikan (Atika) yaitu kebutuhan zat besi bagi ibu hamil, pemberian tablet zat besi (Fe), dan pembagian bubuk abate dilakukan.

Nah tujuannya apa sih? Minimal nih kita tahu, mau, dan mampu melakukan pencegahan agar diri kita dan keluarga kita sehat mulai dari bayi, balita, anak-anak, dewasa, sampai lansia.

Yuk, jangan lupa terapkan perilaku hidup bersih dan sehat dimanapun berada ya

 

Tes IVA ~ Puskesmas Mojolangu

Malang, 15 Mei 2019 Puskesmas Mojolangu mengajak kaum perempuan untuk melakukan tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) sebagai upaya deteksi dini kanker leher rahim dan payudara. Tes ini bisa dilakukan dengan secara rutin dan berkala minimal tiga tahun sekali.

Penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular, tetapi setiap tahun jumlah penderita meningkat karena pola hidup yang tidak sehat oleh penderita. Selain itu rendahnya angka deteksi dini disebabkan karena masih banyak perempuan yang merasa malu atau tidak perlu memeriksakan diri ke rumah sakit, klinik atau puskesmas.

Ibu Ida Yusmiya, selaku pemegang program kesehatan reproduksi menjelaskan, skrining untuk dan leher rahim kini bisa dilakukan di puskesmas dan tempat praktik bidan, yakni dengan pemeriksaan IVA. Upaya lain yang dilakukan yakni melalui penyuluhan sosialisasi tentang pola hidup yang baik, pola makan dan istirahat yang baik sesuai dengan 10 indikator PHBS, selain itu melakukan pengecekan kesehatan secara rutin.

 

 

Jumat Anti Anemia – Jumani ~ Puskesmas Kendalsari

Apa kabar healthies!! Sehat kan? Atau jangan-jangan sedang lemah, letih, lesu dan lunglai? Awas waspadalah, itu adalah gejala anemia. Eits, meski puasa harus tetap semangat ya! Pagi tadi saat sahur, santri ponpes Al-Hikam bersama-sama minum tablet zat besi (Fe) untuk mencegah anemia.

Anemia merupakan kondisi seseorang yang memiliki jumlah sel darah merah atau hemoglobin dibawah normal. Hemoglobin berfungsi mengangkut oksigen bersama sel darah merah menuju seluruh jaringan tubuh. Kondisi anemia mengakibatkan distribusi sel darah merah pada jaringan tubuh terganggu sehingga kekurangan oksigen. Tak heran jika gejala anemia adalah kekurangan energi seperti lelah, letih, pucat, mudah mengantuk, mudah lupa, dan lainnya.

Anemia dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi dan vitamin seperti pada daging, sayuran berwarna hijau gelap, kacang-kacangan, buah yang dikeringkan dan lainnya.

Yuk, cegah anemia!

 

Pengukuran Air dan Udara di Puskesmas Mojolangu

Air merupakan komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan. Untuk melaksanakan pembangunan yang berwawasan lingkungan di Kota Malang, perlu adanya pengamanan limbah B3, pengawasan kualitas lingkungan yang berkelanjutan sehingga membantu memudahkan pengambil kebijakan dalam mengelola kesehatan lingkungan dan mengetahui sejauh mana kualitas lingkungan, apakah masih layak atau sudah diatas ambang batas yang harus dikendalikan sehingga tidak membahayakan kesehatan masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan dan status kesehatan masyarakat, puskesmas merupakan ujung tombak yang paling depan di wilayah kerjanya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal penyelenggaraan pelayanan kesehatan di puskesmas diperlukan keterampilan dan pengetahuan tenaga sanitarian untuk memantau kualitas lingkungan dengan pengambilan sampel lingkungan yang benar, akurat, representatif dan mewakili populasi lingkungan. Sehingga hasil analisa dan kesimpulan mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

Petugas sanitarian Puskesmas Mojolangu melakukan pengambilan sampel udara dan pengambilan sampel air. Pengambilan sampel air, udara merupakan kegiatan pengawasan/pemantauan kualitas kesehatan lingkungan. Karena kualitas air dan udara merupakan salah satu tolok ukur dari terjaganya lingkungan hidup pada suatu daerah.

 

Roadshow GERMAS ~ Puskesmas Kendalkerep

Ada yg muncul lagi nih di tahun 2019, coba tebak apa hayo? Ternyata Dinas Kesehatan Kota Malang dan Puskesmas Kendalkerep mulai keliling/roadshow untuk sosialisasi Germas di 33 Posyandu di wilayah kerjanya.

Kali ini (17/5) kami roadshow di Posyandu RW 3 dan RW 8 Kelurahan Kesatrian. Wah Kesatrian? Iya, wilayahnya para tentara itu. Pesertanya siapa saja? Ada ibu hamil, ibu balita, Pak RW, ibu kader, dan tokoh masyarakat lainnya.

Acaranya pun seru karena membahas tentang stunting, cegah TBC (Tuberculosis), imunisasi, dan jamban sehat. Tambah seru karena banyak pertanyaan dan diskusi dari para peserta.

Tunggu kami di Posyandumu ya. Salam Germas! Sehat dimulai dari saya!

 

 

 

Kegiatan Kelurahan Siaga di Kelurahan Tanjungrejo ~ Puskesmas Janti

Terwujudnya lingkungan yang sehat adalah kehendak semua pihak. Tidak hanya oleh perorangan, tetapi juga keluarga, kelompok dan bahkan seluruh masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan, baik upaya yang dilakukan suatu kelompok masyarakat, maupun upaya pemerintah. Upaya tersebut diwujudkan dalam kegiatan di Kelurahan Siaga. Jumat 17 Mei 2019 Puskesmas Janti melakukan Kegiatan Kelurahan Siaga (Kelsi) di Kelurahan Tanjungrejo. Kegiatan ini dihadiri oleh ahli gizi Puskesmas Janti, Ibu Senitri dan Nadia beserta koordinator kader dan pengelola Kelsi Kelurahan Tanjungrejo. Kegiatan Kelsi dilaksanakan untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan balita BGM di Pos Pantau Bundagia. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menekan angka kejadian balita BGM serta mempercepat perbaikan status gizi menjadi status gizi baik di Kelurahan Tanjungrejo. Kegiatan ini dilakukan setiap bulan di jum’at ketiga dengan sumber dana yang berasal dari swadaya masyarakat. Dukungan Lurah Tanjungrejo beserta tokoh masyarakat sangat besar peranannya.

Yuk, kita cegah bayi BGM!!

 

 

Konseling Gizi Ibu Hamil ~ Puskesmas Mulyorejo

Gizi merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap kualitas seseorang termasuk ibu hamil. Melalui pola makan yang baik benar, selain kebutuhan gizi bagi ibu terpenuhi, kebutuhan gizi bagi janin juga terpenuhi sehingga pertumbuhan dan perkembangan berjalan dengan normal sesuai dengan usia kehamilan.

Hari ini, Nutrisionist Puskesmas Mulyorejo melakukan Konseling Gizi pada ibu hamil. Konseling yang dilakukan terikait:
1. Makanan seimbang bumil trimester 3 saat puasa dengan 3x makan 2 kali snack dengan jadwal makan (sahur, buka puasa, dan setelah taraweh dan snack diantara waktu tersebut)
2. Perkaya sumber vit. A (sayuran hijau, buah warna kuning dan merah) dan sumber protein (susu, ikan, daging, ayam/hati ayam) yang berguna untuk membantu proses pertumbuhan.

Jadi jangan ragu ya bumil untuk malakukan pemeriksaan di Puskesmas, selain pemeriksaan kehamilan juga bisa mendapatkan konseling Gizi kehamilan.

 

Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat dengan Survey Keluarga Sehat ~ Puskesmas Ciptomulyo

Petugas Puskesmas Ciptomulyo mengawali jumat pagi dengan survey keluarga sehat di RW 04 Kelurahan Gadang. Survey KS didampingi oleh ibu kader. Survey KS merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Ada 12 indikator dalam kunjungan keluarga sehat yaitu:
1. Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB)
2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan
3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
4. Bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif
5. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan
6. Penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar
7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur
8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan
9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok
10. Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
11. Keluarga mempunyai akses sarana air bersih
12. Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat
Meskipun puasa, KS tetap dilaksanakan dengan penuh semangat. Semoga lelah kita menjadi lillah.

Mari tingkatkan kualitas keluarga sehat!

 

Pemberantasan Penyakit Deman Berdarah ~ Puskesmas Arjowinangun

Kasus demam berdarah meningkat pada musim hujan seperti sekarang ini. Hari jumat tanggal 17 Mei 2019 setelah mendapat laporan adanya kasus DBD (Deman Berdarah Dengue) di Kelurahan Arjowinangun, petugas Puskesmas Arjowinangun melakukan pelacakan kasus ke rumah penderita. Kunjungan rumah dilakukan untuk wawancara terkait kronolgi kejadian dan observasi lingkungan.

Pemeriksaan jentik dilakukan di rumah penderita dan 20 rumah di sekitar penderita. Tidak hanya bak kamar mandi yang diperiksa jentiknya, tetapi juga penampungan air lainnya yang bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk seperti vas bunga, tempat minum burung, wadah air dibawah dispenser, dsb.

Pemberantasan sarang nyamuk merupakan cara paling ampuh untuk memutus mata rantai penularan penyakit demam berdarah. PSN dilakukan dengan 3M plus yaitu menguras bak penampungan air, menutup tempat penampungan air, mendaur ulang barang bekas, dan menghindari gigitan nyamuk seperti memakai rapellent, memasang kasa di ventilasi, menanam tanaman anti nyamuk (lavender atau daun jeruk), memelihara ikan, dan tidak menggantung baju di dalam kamar.

Yuk kita perangi nyamuk dengan PSN!

 

Posyandu Balita, Lansia dan Posbindu RW 05 Dinoyo (DUTALABIRIN)

Halo sobat sehat! Salam sehat!

Pagi ini Puskesmas Dinoyo melakukan Posyandu RW 05 Dinoyo. Kegiatan dilakukan dengan pengecekan berat badan dan tinggi badan untuk para balita dan pengecekan tekanan darah untuk para lansia.

Pemantauan kesehatan di posyandu itu tidak kalah penting ya sobat sehat. Para ibu balita dapat dengan leluasa melakukan konsultasi mengenai tumbuh kembang anak. Begitu pula dengan para lansia, mereka dapat konsultasi dengan petugas kesehatan yang ada terkait kondisi tubuhnya dan keluhan-keluhan yang dirasakan.

Jangan lupa datang ke posyandu ya, periksakan kesehatan anda sebelum sakit melanda. Salam sehat! Sehat dimulai dari saya!

 

 

 

Sweeping Imunisasi ~ Puskesmas Bareng

Jumat 17 Mei 2019, petugas Bidan dan perawat Puskesmas Bareng melakukan Sweeping Imunisasi MR dan Booster Penta di wilayah Kelurahan Gadingkasri dan Sukoharjo. Kegiatan sweeping imunisasi dilakukan di seluruh wilayah kerja Puskesmas Bareng dimulai hari ini di RW 7 Sukoharjo dan Gadingkasri.
Sweeping imunisasi atau penyisiran imunisasi dilakukan terhadap bayi dan balita yang belum mendapatkan imunisasi di posyandu maupun puskesmas. Tujuan dari sweeping imunisasi yaitu agar bayi dan balita khususnya di wilayah Puskesmas Bareng bisa mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

 

 

 

 

Pertemuan Antropometri di Kelurahan Klojen ~ Puskesmas Rampal Celaket

Hallo healthies?? Bagaimana nih puasanya? Semoga masih lancar yaa.

Taukah kamu bahwa Nutrisionis Puskesmas Rampal Celaket baru saja menjadi Narasumber dalam acara Pengukuran Antropometri yang dilaksanakan Jumat 17 Mei 2019. Kegiatan tersebut dilakukan di aula pertemuan Kelurahan Klojen.
Dalam acara tersebut, nutrisionis menghimbau untuk para orang tua agar rajin untuk mengukur tumbuh kembang buah hatinya. Terutama pada usia emas hingga 2 tahun. Sebab dalam kurun usia 0-2 tahun pertumbuhan anak sangat cepat. Dari berat badan, tinggi badan, dan perkembangan otak mengalami pertumbuhan yang pesat, sehingga penting untuk dipantau dan diukur. Dengan memantau pertumbuhan buah hati, kita menjadi tau status gizi buah hati kita sejak dini. Dengan mengukur lingkar kepala, kita bisa mengetahui apakah anak mengalami perkembangan yang normal atau tidak.
Kegiatan pengukuran tumbuh kembang anak selain bisa dilakukan di klinik atau fasilitas kesehatan juga bisa didapatkan di Posyandu. Jadi sekarang sudah tau kan pentingnya datang ke Posyandu.
RCTT yes. SPIRIT, sehat bugar produktif!

 

Jumat Berkah Bersama Buruh Pabrik ~ Puskesmas Kedungkandang

Kegiatan UKK (Upaya Kesehatan Kerja) kali ini bertempat di pabrik wilayah Kelurahan Buring. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan. Selain melakukan cek kesehatan, penyuluhan pun juga dilakukan di minggu ke 3 tim Puuskesmas Kedungkandang. Antusias para pekerja sangat tinggi. Karena rata-rata pekerja menggunakan bahasa lokal atau bahasa madura, maka pemberian materi pun menggunakan bahasa madura.

Pekerja sehat! Produktivitas meningkat!

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply