Kegiatan Puskesmas, Senin 27 Mei 2019

0

Pemeriksaan Kesehatan Karyawan Hotel ~ Puskesmas Rampal Celaket

Hello healthies!

Senin, 27 Mei 2019, tenaga kesehatan Puskesmas Rampal Celaket melakukan pemeriksaan kesehatan karyawan Hotel Savana Malang dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan karyawan secara umum. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tensi dan pemeriksaan lainnya. Kegiatan pemeriksaan kesehatan karyawan ini sudah rutin dilakukan setiap tahun.

Mari kita jaga kesehatan tubuh kita agar tetap bersemangat walaupun sedang berpuasa!

 

 

 

 

Alur Pengelolaan Data Intervensi Hasil Survey Keluarga Sehat ~ Puskesmas Polowijen

Senin, 27 Mei 2019, Puskesmas Polowijen mengadakan pertemuan untuk menindaklanjuti pengintegrasian hasil KS (Keluarga Sehat) dengan Lintas Sektor dan Lintas Program. Hal ini dilakukan untuk mengetahui rencana tindak lanjut untuk meningkatkan IKS (Indeks Keluarga Sehat). Jadi sobat sehat, jika keluarga kita masih ada permasalahan kesehatan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan petugas kesehatan ya!

 

 

 

 

 

 

Lapak Kesehatan Pasar Murah ~ Puskesmas Arjuno

Senin, 27 Mei 2019, massa menyerbu Stadion Gajayana. Ada apa sebenarnya? Ternyata ada pasar murah rakyat. Dimana harga barang dan sembako dijual dengan harga murah. Selain itu ada jasa penukaran uang dan pelayanan kesehatan.

Setelah capek berkeliling untuk belanja dan pegal berdiri setelah mengantri panjang guna antri tukar uang, paling enak istirahat sebentar sambil cek kesehatan dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Arjuno dan PSC. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan dasar. Selain itu dilakukan juga KIE hasil pemeriksaan dan pemberian informasi kesehatan berupa leaflet.

Masyarakat sangat antusias melakukan pemeriksaan. Lapak kesehatan pasar murah ini banyak pengunjungnya. Ini bisa dilihat dari jumlah kunjungannya yaitu sebanyak 65 orang. Semoga dengan adanya pemeriksaan ini, masyarakat akan lebih peduli terhadap kesehatan dan rutin memeriksakannya.

 

 

Loka Karya Mini Bulanan Puskesmas Cisadea

Senin, 27 Mei 2019 bertempat di Aula Puskesmas Cisadea seluruh staff puskesmas menghadiri acara “Loka Karya Mini Bulanan”. Puskesmas merupakan unit pelayanan kesehatan tingkat pertama yang dalam melaksanakan kegiatannya puskesmas mempunyai kewenangan untuk melakukan pengelolaan program kegiatannya. Sehingga perlu didukung oleh kemampuan managemen yang baik.

Salah satu Loka Karya Mini yang dilakukan puskesmas adalah Loka Karya Mini Lintas Program yang berfungsi untuk memantau pelaksanaan kegiatan puskesmas berdasarkan perencanaan dan memecahkan masalah yang dihadapi serta tersusunnya rencana kerja baru. Selain berhubungan dengan program, Loka Karya Mini juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi petugas puskesmas untuk melaksanakan kegiatan sesuai perencanaan.

Untuk itu, mari kita ciptakan kreatifitas dan motivasi dalam Loka Karya Mini demi membantu terwujudnya managemen dan peningkatan program puskesmas yang lebih baik.

 

 

Survei Jentik Nyamuk di RT 05 RW 07 Kelurahan Bandung Rejosari ~ Puskesmas Janti

Berdasarkan laporan kader RW 07 terdapat anak berusia 15 tahun yang menderita penyakit DBD. Sehingga Senin, 27 Mei 2019, petugas Puskesmas Janti mendatangi rumah anak tersebut dan melakukan survei jentik nyamuk serta meminta data terkait penyakit korban antara lain tentang kapan mulai gejala, perkembangan trombosit, rawat inap, dan hal-hal yang berhubungan dengan penyakit DBD.

Selanjutnya adalah survei jentik nyamuk disekitar lingkungan. Survei dilakukan dengan radius jarak 200 meter dari rumah penderita. Petugas mengecek kolam ikan, tempat penampungan air di belakang kulkas, dispenser, dan bak kamar mandi. Selanjutnya hasil survey dicatat dan dilaporkan untuk langkah tindak lanjut.

Berkaitan dengan DBD dihimbau kepada masyarakat yang menemukan kasus DBD segera melaporkan ke puskesmas.

 

 

 

Kunjungan dan Pemeriksaan Ibu Hamil ~ Puskesmas Mulyorejo

Depresi saat hamil adalah gangguan suasana hati atau mood. Gangguan ini terjadi karena ada perubahan zat kimia atau secara spesifik terjadi karena hormon. Perubahan ini menyebabkan gangguan pada tubuh dan psikologi. Sangat perlu dilakukan pemantauan khusus untuk mencegah terjadinya risiko yang lebih buruk lagi pada ibu hamil.

Senin, 27 Mei 2019, petugas kesehatan (dokter, perawat, dan bidan) melakukan kunjungan ibu hamil. Dalam kunjungan dilakukan pemeriksaan kehamilan, pengambilan darah untuk pemeriksaan lab secara lengkap, dan juga dilakukan pemeriksaan gangguan kejiwaan pada ibu hamil, serta memberikan rujukan ke RSSA.

 

 

 

 

Waspada DBD, Galakkan PSN ~ Puskesmas Gribig

Lagi lagi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mengintai masyarakat Kota Malang, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Gribig. Dalam 2 minggu ini ada 8 kasus pasien DBD yang menimpa warga di Kelurahan Madyopuro dan Sawojajar yang dilaporkan ke Puskesmas Gribig.

Senin, 27 Mei 2019, Bidan wilayah bersama kader Kelurahan Sawojajar berkunjung ke sekolah wilayah Kelurahan Sawojajar melakukan survei jentik disekitar lingkungan sekolah karena ada laporan salah satu siswanya sakit DBD.

Dengan banyaknya kasus DBD yang terjadi di masyarakat, pemegang program DBD Puskesmas Gribig menghimbau kepada masyarakat supaya menggalakkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) minimal seminggu satu kali. Kebersihan lingkungan dan gerakan 3M plus (Menutup tempat penampungan air, menguras penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas) plus hindari gigitan nyamuk dengan pemakaian obat nyamuk, lotion maupun mengurangi gantungan pakaian/baju sangat diharapkan dilakukan oleh masyarakat dimulai dari rumah masing-masing warga dan lingkungannya.

Stop Penyakit DBD. Mulai sekarang lakukan PSN!

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply