Kegiatan Puskesmas, Selasa 28 Mei 2019

0

Kunjungan dan Pemberian Informasi Kesehatan Di Panti Lansia Al-Islach Kelurahan Pandanwangi

Hallo sobat sehat!

Selasa, 28 Mei 2019 petugas Puskesmas Pandanwangi bersama mahasiswa magang Polkesma melakukan kunjungan ke Panti Lansia Al-Islach di Kelurahan Pandanwangi.

Kegiatan pada kunjungan ini dimulai dengan senam lansia, yang dilanjutkan dengan pemberian informasi kesehatan, dan berlatih berjalan di tempat yang telah disediakan (beberapa lansia menggunakan alat bantu untuk dapat berjalan, sehingga latihan ini dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk aktivitas fisik dan terapi).

Di panti lansia ini, diharapkan para lansia tetap hidup sehat dan produktif di usia senjanya. Nah, tidak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan untuk terus hidup sehat. Karena sehat itu tak kenal batas usia ya sobat. Semua orang berhak hidup sehat!

 

 

Kegiatan di Posyandu Kemuning 2 Kelurahan Bandulan ~ Puskesmas Mulyorejo

Selasa, 28 Mei 2019 petugas kesehatan Puskesmas Mulyorejo bersama Kader melaksanakan Kegiatan Posyandu di Posyandu Kemuning 2 Kelurahan Bandulan, pada kegiatan Posyandu ini juga dilakukan Sosialisasi ASI eksklusif dan PHBS.

Pelayanan masyarakat pada kegiatan Posyandu dilakukan dengan sistem 5 langkah yaitu:

Langkah I : Pendaftaran
Langkah II : Penimbangan
Langkah III : Pengisian KMS
Langkah IV : Penyuluhan perorangan berdasarkan KMS
Langkah V : Pelayanan kesehatan berupa; imunisasi, pemberian vitamin A dosis tinggi, konsultasi KB dan kehamilan

Yuk, jangan lupa ke Posyandu. Ibu cerdas, anak sehat!

 

Semarak Berbagi Takjil ~ Puskesmas Dinoyo

Selasa, 28 Mei 2019, Puskesmas Dinoyo menggelar aksi berbagi takjil. Takjil dibagikan kepada para pengendara dan masyarakat yang melewati kawasan Puskesmas Dinoyo. Diharapkan acara berbagi takjil kedepannya dapat terus berjalan, mengingat antusias pegawai untuk berbagi berkah dan kebahagiaan sangat tinggi.

Semangat Ramadhan tak kan pernah padam!

 

 

 

 

 

Sosialisasi Perlekatan Menyusui yang Benar ~ Puskesmas Gribig

Selasa, 28 Mei 2019, Nutrisionis Puskesmas Gribig melakukan sosialisasi perlekatan menyusui yang benar di Posyandu Melati RW 3 Sawojajar dengan sasaran ibu menyusui dan ibu balita.
ASI (Air Susu Ibu) sangat penting bagi bayi terutama di usia 0-6 bulan yang biasa disebut ASI Eksklusif. Oleh karena itu, peran seorang Ibu serta keluarga terdekat untuk mendukung pemberian ASI pada bayi sangat diperlukan. Ibu harus dalam keadaan yang sehat dan nyaman agar ASI dapat keluar dengan lancar.

Salah satu faktor yang membuat ibu berhenti memberikan ASI adalah posisi dan cara pemberian ASI yang kurang tepat. Contohnya adalah tentang posisi perlekatan menyusui. Sehingga sosialisasi informasi ini sangat diperlukan. Posisi perlekatan yang baik dapat memberi kenyamanan untuk Ibu dan bayi agar bisa mendapatkan ASI dengan mudah dan cukup. Tidak semudah teori, tapi dengan latihan serta kekuatan hati dan mental, bunda-bunda pasti bisa!

Jangan ragu untuk konsultasi dengan tenaga kesehatan ya bunda jika mengalami kesulitan terkait menyusui.
Puskesmas akan setia membantu bunda-bunda agar ibu dan bayi sehat. Dan yg perlu diingat, ASI eksklusif itu wajib!

 

Kader Survei Mencari Jentik ~ Puskesmas Kendalkerep

Kasus DBD di wilayah Kelurahan Polehan terus bertambah dengan jumlah mencapai 15 orang. Karena sudah mengerti tentang dampak negatif fogging, warga memilih melanjutkan kerja bakti dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara rutin dan berkesinambungan. Para kader kesehatan dan Juru Pemantau Jentik (Jumantik) semakin rutin memantau semua tempat penampungan air. Hal tersebut sangat membantu petugas kesehatan Puskesmas Kendalkerep yang tetap harus melakukan penyelidikan epidemiologi. Diharapkan kasus DBD tidak terus bertambah di semua wilayah.

Berantas DBD dengan PSN!

 

 

 

 

 

Konseling ASI Ekslusif ~ Puskesmas Kendalsari

Selasa, 28 Mei 2019, Petugas Nutrisionis Puskesmas Kendalsari memberikan konseling pemberian ASI Ekslusif di Posyandu RW 15 Lowokwaru. Konseling yang diberikan meliputi manfaat pemberian ASI pada bayi yang berusia 0-6 bulan, tips dan trik menyusui sehingga bayi tidak rewel, dan bahaya memberikan makanan tambahan selain ASI pada bayi dibawah usia 6 bulan.

Harapannya, konseling bersama petugas kesehatan dapat meningkatkan semangat ibu untuk mengASIhi putra putrinya sehingga tercapai generasi sehat nan gemilang.

ASI Eksklusif itu WAJIB!

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply