Kegiatan Puskesmas, Rabu 29 Mei 2019

0

Pemeriksaan Kesehatan Pengemudi dan Inspeksi Kesehatan Lingkungan ~ Puskesmas Polowijen

Halo sobat sehat!

Rabu, 29 Mei 2019 menjelang Hari Raya Idul Fitri, Petugas Sanitarian Puskesmas Polowijen dan Dinas Kesehatan Kota Malang melaksanakan pemeriksaan kesehatan pengemudi, inspeksi kesehatan lingkungan Tempat Pengolahan Makanan (TPM) di semua kantin, PKL, Resto yang berada di Terminal Arjosari, dan dilanjutkan dengan pengujian sampel makanan (kandungan borax, formalin, dan lain-lain). Jadi sobat sehat tak perlu mengkhawatir lagi tentang makanan di tempat umum dan kesehatan para sopir kendaraan umum. Karena sudah diperiksa!

Yuk mudik sehat, aman, dan selamat!

 

 

 

 

Lokakarya Mini Puskesmas Arjowinangun

Kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) adalah salah satu cara koordinasi antar staf dan lintas program yang rutin dilakukan setiap bulan di Puskesmas. Hari ini Rabu, 29 Mei 2019, Puskesmas Arjowinangun melakukan lokmin bulanan yang dihadiri oleh staf lintas program.

Lokmin kali ini bertujuan untuk mengkoordinasikan jadwal piket selama hari raya. Dengan pembagian tugas untuk piket di hari raya diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik. Serta dapat tetap melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

 

 

 

 

 

Kegiatan Mudik Sehat di Terminal Arjosari ~ Puskesmas Pandanwangi

Hallo sobat Ngalam!

Rabu, 29 Mei 2019 Dinas Kesehatan Kota Malang yang dikoordinir dari seksi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, dan olahraga mengadakan kegiatan Mudik Sehat di Terminal Arjosari. Kegiatan ini bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional, Dokkes Polresta, RS Persada Hospital, RSUD Kota Malang, juga kerjasama lintas program dari seksi Dinas Kesehatan serta Puskesmas Pandanwangi dan Puskesmas Polowijen.

Tak ketinggalan Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat menggandeng Saka Bakti Husada untuk ikut aksi dalam giat ini dengan membagikan informasi kesehatan sebagai pengetahuan agar bisa diaplikasikan selama dalam perjalanan. Ada yang menarik lagi sobat. Selain adanya pemeriksaan kesehatan untuk supir, dilakukan pula pemeriksaan makanan yang disinyalir mengandung borak maupun formalin.

Mudik Sehat, Aman, dan Selamat!

 

 

Sertifikat Imunisasi Bagi Balita ~ Puskesmas Mojolangu

Bagi beberapa orang, sertifikat imunisasi masih asing di telinga. Kebanyakan mungkin lebih familiar dengan buku catatan kesehatan anak dari dokter atau Kartu Menuju Sehat (KMS) dari Posyandu untuk mencatat rangkaian imunisasi yang telah didapatkan oleh Si Kecil.

Sejak tahun 2018 Puskesmas Mojolangu telah mengeluarkan sertifikat imunisasi bagi balita yang telah lulus imunisasi. Seritifikat imunisasi didapatkan jika Si Kecil telah mendapatkan rangkaian imunisasi dasar. Rangkaian imunisasi dasar adalah imunisasi yang harus diberikan kepada bayi sebelum berumur 1 sampai 2 tahun, yaitu, BCG, DPT, Polio, Campak, dan Hepatitis B.

Ini merupakan salah satu upaya puskesmas Mojolangu untuk mendongrak kunjungan imunisasi di puskesmas. Manfaat dari serifikat itu sendiri adalah sertifikat imunisasi juga menjadi bukti Si Kecil telah mendapatkan imunisasi dasar lengkap, selain itu di jaman sekarang ada beberapa sekolah yang mewajibkan orang tua murid melampirkan serifikat imunisasi sebagai kelengkapan administrasi pendaftaran siswa. Dengan adanya sertifikat imunisasi ini juga, orang tua jadi lebih proaktif dalam program imunisasi dasar untuk anak yang digalakkan pemerintah.

 

 

5 Kunci Keamanan Pangan dan Mudik Sehat, Aman, Selamat ~ Puskesmas Kendalkerep

Hai sobat sehat! Masih lancar kan puasanya? Memasuki musim mudik nih, ada yang sudah mudik kah?

Nah, dalam rangka musim mudik lebaran 2019, (29/5) Sanitarian se Kota Malang melakukan inspeksi kesehatan lingkungan dan memberikan penyuluhan dengan tema “5 Kunci Keamanan Pangan dan Mudik Sehat, Aman dan Selamat” di lingkungan Terminal Arjosari Malang. Metodenya adalah wawancara (tanya jawab) kepada pemilik kantin/panganan jajanan dan juga pengambilan sampling makanan dan langsung dilakukan pengujian dengan parameter kimia (borax, formalin, rodhamin B, dll). Sanitarian Puskesmas Kendalkerep juga turut serta lho. Selamat mudik sobat sehat! Jangan lupa tetap menjaga nutrisi dan kebersihan dari makanan yang dikonsumsi sepanjang perjalanan ya.

 

 

 

 

Kunjungan Inspeksi Sanitasi Depo Air Minum Isi Ulang ~ Puskesmas Kendalsari

Rabu, 29 Mei 2019, Petugas sanitasi Puskesmas Kendalsari mengunjungi depo air minum isi ulang untuk melakukan inspeksi sanitasi. Pada kegiatan tersebut dilakukan pengecekan pada prosedur pengisian air minum apakah sudah sesuai standar Permenkes No. 43 Tahun 2014 tentang Higiene Sanitasi Depot Air Minum.

Inspeksi dilakukan pada bahan baku air, proses penyimpanan bahan baku air, proses pengolahan air menjadi air siap minum, pengemasan, hingga higiene penjamah air. Tidak sampai disitu, depo air minum isi ulang juga ditinjau dari segi fisik bangunan seperti kondisi lantai, dinding hingga lokasi bangunan harus sesuai standar peraturan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan depo air minum isi ulang menyediakan air minum sesuai standar baku dan sehat.

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply