Kegiatan Puskesmas, Senin 10 Juni 2019

0

Pelayanan Kesehatan Gigi ~ Puskesmas Kendalkerep.

Senin, 10 Juni 2019, Pemeriksaan kesehatan gigi. Menjaga kesehatan gigi dan mulut itu hal yg penting lho, karena mulut merupakan tempat masuknya makanan dan bisa jadi sumber penyakit.

Yuk segera periksaan kesehatan gigi dan mulutmu. Senyum sehat, gigi kuat!

 

 

 

 

 

 

Konseling Gizi Pada Penderita TBC (Tuberculosis) Anak ~ Puskesmas Polowijen.

Senin, 10 Juni 2019, Petugas Gizi Puskesmas Polowijen memberikan konseling kepada orang tua balita berusia 16 bulan yang menderita TBC (Tuberculosis). Berat badan bayi yang hanya 7 kg, perlu adanya penanganan dari keperawatan dan juga gizi. Agar pengobatan terlaksana secara paripurna.

Yuk para orang tua dan seluruh masyarakat dukung eliminasi TBC dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

 

 

 

 

 

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Puskesmas Pandanwangi.

Hari pertama masuk setelah libur Idul Fitri ini, Puskesmas Pandanwangi menerima mahasiswa magang dari Polkesma Prodi D4 Promkes. Setelah mendapat pengarahan dari Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Pandanwangi, mereka ditugaskan melakukan Survey IKM kepada pengunjung disetiap poli Puskesmas Pandanwangi.

Survey IKM ini bertujuan dapat mengetahui respon masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Pandanwangi, yang akan dianalisis untuk selanjutnya dilakukan perbaikan-perbaikan atau inovasi yang dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

 

 

 

 

Penerimaan Mahasiswa PKL Prodi Promkes D-IV Poltekes Malang ~ Puskesmas Cisadea.

Mahasiswa PKL (Praktek Kerja Lapangan) Prodi Promosi Kesehatan D-IV Poltekes Malang pada hari Senin, 10 Juni 2019 diterima oleh pihak Puskesmas Cisadea. Para Mahasiswa tersebut ditargetkan untuk mampu melakukan pengkajian masalah kesehatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat berdasarkan data.

Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Cisadea memberikan arahan kepada mahasiswa PKL mengenai Kegiatan Promosi Kesehatan, seperti menentukan target dan sasaran. melakukan survei/pengkajian/intervensi seperti pada 6 tatanan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) sekaligus melakukan pembinaan di 6 tatanan tersebut, juga Posyandu dan pos kesehatan yang di bentuk oleh puskesmas seperti pos kesehatan di tempat kerja.

Diharapkan Mahasiswa PKL bisa bersinergi dengan Puskesmas selama kegiatan magang untuk mengimplementasikan pengetahuannya langsung di masyarakat.

 

 

Kegiatan Posyandu Pos Cempaka 3 ~ Puskesmas Janti.

Kegiatan Posyandu di Pos Cempaka 3 Kelurahan Bandungrejosari pada Senin, 10 Juni 2019 dihadiri oleh Nutrisionis, Bidan Puskesmas Janti serta kader pengelola posyandu. Kegiatan Posyandu dilaksanakan untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan balita serta imunisasi dasar untuk mencegah bayi dan balita dari terjangkit penyakit. Selain itu juga dilakukan konseling, makan bersama dan pemberian PMT.

Mari selalu rutin membawa bayi dan balita kita ke posyandu untuk memantau tumbuh kembang nya

 

 

 

 

 

Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK) ~ Puskesmas Mulyorejo.

Senin, 10 Juni 2019, Petugas Kesehatan Mulyorejo melakukan koordinasi calon Pos UKK industri rumah tangga (Bakpia) yang ada di wilayah Mulyorejo. Pada kegiatan koordinasi tersebut dijelaskan tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pos UKK yaitu upaya promotif, preventif dan pengobatan sederhana yang bersifat pertolongan pertama pada kecelakaan dan pertolongan pertama pada penyakit.

Diharapkan upaya Pos UKK dapat terbentuk sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan keselmatan pekerjanya.

 

 

 

 

 

Inspeksi Sanitasi Institusi Pendidikan ~ Puskesmas Kendalsari.

Senin, 10 Juni 2019, Petugas Sanitasi Puskesmas Kendalsari dan mahasiswa PKL promosi kesehatan mengadakan inspeksi sanitasi di institusi pendidikan di wilayah kerja Puskesmas Kendalsari.

Inspeksi dilakukan sebagai tindak lanjut atas laporan penyakit menular pada institusi tersebut. Tujuan dilakukannya inspeksi sanitasi adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan lingkungan di institusi tersebut serta mengetahui potensi terjadinya penularan penyakit sehingga penularan dapat dicegah.

Pada saat kegiatan inspeksi, petugas inspeksi juga melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada pengelola institusi mengenai prosedur penyehatan lingkungan dan pemutusan penularan penyakit agar secara mandiri dapat mencegah penularan penyakit.

 

 

 

Cek Kesehatan Rutin Karyawan Puskesmas Gribig.

Senin pagi, 10 Juni 2019 seluruh karyawan Puskesmas Gribig melakukan cek kesehatan rutin yang meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular. Hal ini dilakukan karena dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Karyawan Puskesmas harus dalam kondisi sehat dan prima, sehingga pelayanan kesehatan dapat berjalan dengan lancar.

Yuk, jangan lupa cek kesehatan rutin di fasilitas kesehatan terdekat anda!

 

 

 

 

 

Pendampingan Taman Posyandu di Gadingkasri ~ Puskesmas Bareng.

Taman Posyandu merupakan pengembangan dari Posyandu Purnama atau Mandiri, dimana bentuk layanan posyandu ditambah dengan layanan Bina Keluarga Balita (BKB) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Senin, 10 Juni 2019, Petugas Puskesmas Bareng beserta Ketua Kader Posyandu melaksanakan pendampingan Taman Posyandu Kenanga di RW 6 Gadingkasri. Pelayanan di taman posyandu sendiri meliputi deteksi dini tumbuh kembang anak, pola pengasuhan anak, serta rangsangan pendidikan. Peran kader disini sangat penting, karena kader-lah yang melakukan pendeteksian tumbuh kembang anak.

Untuk itu perlu memahami petunjuk teknis Taman Posyandu serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam mendeteksi tumbuh kembang anak. Maka dari itu dilakukan pendampingan Taman Posyandu dengan tujuan untuk mengevaluasi Taman Posyandu serta untuk mengetahui kualitas dari pelayanan Taman Posyandu.

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply