Kegiatan Puskesmas, Selasa 11 Juni 2019

Penyuluhan Kesehatan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Selasa, 11 Juni 2019, Puskesmas Ciptomulyo bersama mahasiswa Poltekkes Kemenkes Malang melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) kepada pengunjung Puskesmas.

Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit, karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, dengan cara kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas).

Kegiatan Penyuluhan CTPS dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, sehingga mau melakukan CTPS.

 

 

 

Sosialisasi 10 PHBS di Puskesmas Mulyorejo

Salah satu strategi yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan untuk mencapai Indonesia sehat adalah melalui Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selasa, 11 Juni 2019, Petugas Promkes Mulyorejo bersama dengan mahasiswa PKL Politeknik Kesehatan Malang melaksanakan kegiatan sosialisasi 10 PHBS kepada di ruang tunggu Puskesmas.

Harapan dari kegiatan sosialisasi PHBS ini adalah setiap anggota keluarga menjadi sehat, masyarakat mampu mengupayakan lingkungan yang sehat dan dapat berperan aktif dalam kegiatan kesehatan di masyarakat.

 

 

 

 

 

Penyuluhan Penyakit DBD di Puskesmas Gribig

Selasa, 11 Juni 2019, mahasiswa Praktek Kerja Lapangan Program Studi D- IV Promosi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang memberikan penyuluhan tentang Demam Berdarah Dengue (DBD) di ruang tunggu pasien Puskesmas Gribig. Kegiatan penyuluhan tentang DBD ini sudah sering dilakukan oleh Tenaga kesehatan Puskesmas Gribig untuk memberikan informasi terkait penyakit DBD kepada masyarakat, karena kasus DBD meningkat setiap minggunya di wilayah kerja Puskesmas Gribig.

Pada kegiatan penyuluhan, masyarakat dihimbau untuk rutin setiap minggu melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dirumah dan dilingkungan sekitarnya. Gerakan 1 rumah 1 Jumantik (Juru Pemantau Jentik) kembali ditekankan agar pemantauan jentik dapat terlaksana secara maksimal. Jika terdapat penampungan air yang sulit untuk dikuras seperti tandon air hendaknya diberikan abate agar tempat penampungan air tidak digunakan sebagai sarang perkembangbiakan nyamuk.

Dengan gencarnya penyuluhan waspada DBD ini diharapkan masyarakat sadar dan waspada akan bahaya penyakit DBD yang mudah menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

 

ASI Penting Bagi Buah Hati ~ Puskesmas Rampal Celaket

Selasa, 11 Juni 2019, Nutrisionis Puskesmas Rampal Celaket memberikan penyuluhan mengenai pentingnya pemberian ASI bagi buah hati di Posyandu .

ASI eksklusif minimal diberikan kepada bayi hingga usia 6 bulan. ASI Eksklusif berarti tidak memberikan campuran apapun dalam konsumsi bayi, sekalipun itu adalah air putih. Barulah setelah bayi berusia lebih dari 6 bulan boleh dilanjutkan dengan penambahan makanan pendamping ASI atau sering disebut MPASI.
Kandungan gizi dalam ASI sangat penting bagi kesehatan dan daya tahan tubuh bayi. Utamanya kandungan kolostrum yang harus diberikan kepada bayi saat ASI pertama keluar.

Jika bunda mengalami kesulitan saat memberikan ASI segera konsultasikan kepada Bidan dan Nutrisionis untuk bisa memperoleh konseling cara menyusui dan mendapatkan saran makanan sehat untuk memperlancar ASI atau booster ASI.

 

 

Penyuluhan Kesehatan di Posyandumu ~ Puskesmas Cisadea

Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang di selenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang di bantu oleh petugas kesehatan.

Petugas kesehatan Puskesmas Cisadea dibantu oleh mahasiswa Poltekkes Malang melakukan penyuluhan kelompok dan konseling pada langkah 4. Penyuluhan kesehatan di posyandu diberikan kepada ibu balita, lansia, ibu hamil, dan ibu menyusui yang datang, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kesehatan secara menyeluruh dan ter-update, dengan harapan masyarakat dapat secara dini dapat mengatasi permasalahan kesehatannya sendiri sebelum di bawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Untuk itu, ayo datang ke posyandu! Ibu cerdas, anakpun sehat.

 

 

 

 

Posyandu Balita Seruni Puskesmas Pandanwangi

Posyandu Balita Seruni RW 08 Kelurahan Pandanwangi kembali melayani masyarakat pasca libur lebaran. Antusias masyarakat untuk datang ke posyandu cukup aktif. Suasana posyandu pun semakin menyenangkan karena dilengkapi area bermain untuk balita. Balita merasa nyaman dan tidak takut lagi datang ke posyandu untuk dilakukan pemantuan tumbuh kembang.

Selain itu, para ibu bayi dan balita cukup aktif untuk berkonsultasi kepada petugas kesehatan mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi/balita, imunisasi, dan keluhan-keluhan kesehatan yang dialami.

Petugas kesehatan terus memotivasi dan menghimbau masyarakat untuk rutin datang ke posyandu agar tumbuh kembang bayi/balita terus terpantau serta tetap memperoleh informasi kesehatan terbaru.

 

 

 

Konseling Rawat Inap Puskesmas Polowijen

Selasa, 11 Juni 2019, Petugas Gizi Puskesmas Polowijen memberikan konseling kepada pasien ibu melahirkan agar ibu tetap mengkonsumsi segala jenis makanan dan menghindari mitos makanan pantangan. Hal ini dilakukan agar ibu dapat memberikan ASI eksklusif kepada bayi dengan baik.

Yuk, para bufas (ibu nifas) konsumsi makanan sesuai gizi seimbang ya!

 

 

 

 

 

 

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Survei Keluarga Sehat ~ Puskesmas Kendalkerep

Puskesmas Kendalkerep memiliki 4 wilayah, yaitu Bunulrejo, Kesatrian, Polehan, dan Jodipan. Pada Tahun 2019 ini, seluruh Kelurahan kecuali Bunulrejo sudah selesai pendataan survei keluarga sehat.

Survei di Kelurahan Bunulrejo ini agak spesial karena jumlah penduduknya yang sangat banyak. Selasa, 11 Juni 2019, koordinator dan tim survei keluarga sehat melaksanakan kegiatan sosialisasi di RW 8 Kelurahan Bunulrejo yang tujuan agar seluruh warga mengerti teknis dan manfaat survei keluarga sehat, dan juga agar tidak ada lagi petugas survei yang ditolah oleh warga saat hendak disurvei.

Bagi sobat sehat yang rumahnya didatangi petugas puskesmas, jangan lupa untuk dipersilakan masuk dan menjawab pertanyaan seputar kesehatannya ya. Karena hal itu dilakukan untuk kesehatan kita bersama.

 

 

 

Inspeksi Sanitasi di Lapas Kelas 1 Malang ~ Puskesmas Kendalkerep

Dinas Kesehatan dan Puskesmas wajib memantau kesehatan di seluruh tatanan, termasuk instansi pemerintah. Di wilayah Kelurahan Bunulrejo ada Lapas Kelas 1 yang wajib dipantau sanitasinya. Jadi, pada hari Selasa (11/06) tim dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas melakukan pemantauan/inspeksi sanitasi di tempat tersebut.

Apa saja yg dilakukan? Selain observasi setiap ruangan, kami pun melakukan sampling air dan swab alat makan dan alat masak. Gunanya adalah untuk memantau apakah air dan makanan yangg dikonsumsi bebas dari bakteri dan memang layak.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.