Kegiatan Puskesmas, Rabu 12 Juni 2019

BREXIT Top 99 Sinovik 2019 ~ Puskesmas Janti

Puskesmas Janti berkesempatan mengikuti rapat koordinasi top 99 inovasi pelayanan publik tahun 2019. Acara ini merupakan rangkaian dari ajang kompetisi yang di selenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Kompetisi ini sebelumnya diikuti oleh Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemda, BUMN, dan BUMD, dan instansi pemerintah dan setelah itu inovasi dalam kompetisi disaring menjadi 99 top inovasi pelayanan publik 2019.

Rabu, 12 Juni 2019, diadakan rapat koordinasi yang berlangsung di Jakarta. Adapun rangkaian acara tersebut dibuka dengan pembukaan yang disampaikan oleh Ibu Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA. Selanjutnya adalah penyampaian materi oleh asisten Deputi perumusan kebijakan pelayanan publik dan tim penilai independen, Drs. Nur Jaman. Nantinya seleksi akan berlangsung dari top 99 inovasi menjadi 45 besar inovasi.
Hingga saat ini Puskesmas Janti sampai tahap ini telah menjadi satu-satunya Puskesmas kota Malang yang berhasil lolos hingga 99 besar. Kami mohon dukungan dan doa dari seluruh pihak. Sehingga kami dapat membawa harum nama Kota Malang.

 

 

Pertemuan Orientasi Natural Leader ~ Puskesmas Dinoyo

Rabu 12 Juni 2019, Puskesmas Dinoyo melaksanakan Pertemuan Orientasi Natural Leader. Acara ini berlangsung di Aula Gajayana Puskesmas Dinoyo dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dari 5 Kelurahan.

Acara ini diisi dengan materi 5 Pilar STBM, Percepatan ODF Kota Malang, Malang Kota Sehat, dan diakhiri dengan Pengisian Rencana Tindak Lanjut oleh para peserta.

Jaga kesehatan lingkungan Anda, demi kenyamanan bersama!

 

 

 

 

7 Benar Dalam Pemberian Obat ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Setiap hari di Puskesmas Ciptomulyo melayani pemeriksaan umum, gigi, ibu hamil, balita, dan banyak yg lainnya. Setelah dilakukan pemeriksaan akan diketahui langkah selanjutnya, bisa dilanjutkan dengan pemeriksaan laboratorium, konsultasi, atau pemberian obat.

Dalam pemberian obat-obatan tidak dapat disepelekan, karena membutuhkan ketepatan. Terdapat “7 Benar” dalam pemberian obat, yaitu:
1. Benar Pasien
2. Benar Obat
3. Benar Dosis
4. Benar Waktu
5. Benar Cara/Route Pemberian
6. Benar Dokumentasi
7. Benar Informasi

Untuk itu diperlukan edukasi dalam pemberian obat kepada pasien atau keluarga. Diharapkan setelah diberikan edukasi, pasien atau keluarga memahami tentang obat yang akan dikonsumsi. Karena setiap obat membawa peranan dan aturannya masing-masing. Ketidaksesuaian dalam pemberian obat akan berdampak fatal.

Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan obat ya. Salam sehat dari kami, Puskesmas Ciptomulyo!

 

Kegiatan Orientasi Natural Leader STBM ~ Puskesmas Mulyorejo.

Dukungan dari masyarakat dalam peningkatan kualitas sanitasi lingkungan merupakan salah satu langkah yang penting untuk menyelesaikan masalah kesehatan berbasis lingkungan.

Rabu, 12 Juni 2019, Puskesmas Mulyorejo mengadakan Kegiatan Orientasi Natural Leader STBM dengan dengan materi 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) disetiap rumah tangga diantaranya, berhenti buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga yang disampaikan oleh Sanitarian Puskesmas Mulyorejo.

Natural leader STBM diharapakan memiliki dedikasi tinggi untuk menggerakkan teman, saudara, dan anggota masyarakat lainnya dalam perubahan perilaku hidup sehat, khususnya di bidang kesehatan lingkungan.

 

 

Posyanduku Tempat Belajar ~ Puskesmas Kedungkandang.

Mahasiswa kesehatan selalu akan belajar tentang ilmu kesehatan khususnya di lapangan, maka dari itu Diploma IV Program Studi Promosi Kesehatan Poltekes Kemenkes Malang melakukan kegiatan magang mahasiswa di Puskesmas Kedungkandang. Hari ini mahasiswa belajar di posyandu, mulai dari pengukuran status gizi kesehatan hingga metode penyuluhan.

Berikut adalah tanggapan mereka ketika turun ke posyandu. “Kali ini saya kegiatan Posyandu di Kelurahan Jalan Muharto gg.7, RT 6 RW 10 pada tanggal 12 Juni 2019. Kegiatan posyandu diadakan sebulan sekali. Setiap kegiatan diadakan penimbangan berat badan, tinggi badan, dan pemberian makanan tambahan atau sehat kepada peserta posyandu (ibu hamil, balita, lanjut usia). Ini yang kedua kalinya bagi saya untuk mengenal posyandu, saya belajar banyak dari kegiatan ini. Dan saya merasa bangga bisa ikut andil dalam dunia kesehatan”. Nah, anak muda saja mau belajar. Yuk bunda-bunda belajar kesehatan bersama, terutama terkait kesehatan ibu dan anak di posyandu wilayah bunda.

 

 

 

Siaran Informasi dan Edukasi (SIRINE) ~ Puskesmas Pandanwangi.

Rabu, 12 Juni 2019, materi SIRINE yang disampaikan adalah Hipertensi. Materi disampaikan oleh mahasiswa Praktek Kerja Lapangan D4 Promosi kesehatan Polkesma dengan media yang digunakan yaitu leaflet.

Pengunjung antusias menyimak materi yang diberikan oleh petugas promosi kesehatan dengan materi hipertensi, yang meliputi pengertian, tanda dan gejala hipertensi, makanan yang dianjurkan/tidak dianjurkan, serta pencegahan dan pengobatan. Dengan adanya pemberian informasi tersebut diharapkan masyarakat dapat menumbuhkan kasadaran hidup sehat.

 

 

 

 

 

Sharing Seputar Kesehatan PHBS ~ Puskesmas Polowijen.

Rabu, 12 Juni 2019, Petugas Promkes Puskesmas Polowijen sedang melaksankan SARAHSEHAN (Sharing Seputar Kesehatan) kepada pasien yang berkunjung di Puskesmas dengan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) rumah tangga, mengingat 10 indikator yang mudah dilaksanakan tetapi besar manfaatnya.

Jadi refreshing tentang PHBS selalu dilakukan, agar masyarakat membiasakan PHBS dalam setiap tatanan kehidupan mereka. Tunggu apalagi, yuk biasakan ber-PHBS dimanapun berada.

 

 

 

 

 

Pentingnya Lakukan Penimbangan di Posyandu ~ Puskesmas Cisadea.

Dengan kesehatan yang baik, kita akan dapat menjalankan kehidupan dengan sempurna. Salah satu faktor utama yang menentukan kesehatan adalah gizi. Salah satu cara pengukuran gizi atau penentuan status gizi adalah dengan pengukuran berat badan di bandingkan dengan usia.

Khusus untuk balita di posyandu, timbangan dacin merupakan timbangan yang sesuai untuk digunakan. Setelah di lakukan penimbangan, hasilnya akan dicatat di KMS dan dinilai langsung status gizinya. Untuk itu, ayo datang ke posyandu! Pastikan buah hati terpantau tumbuh kembangnya.

 

 

 

 

 

Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia Mawar RW 1 Kasin ~ Puskesmas Bareng.

Rabu (12/6/19) petugas Puskesmas Bareng melaksanakan kegiatan Posyandu di RW 1 Kasin. Kegiatan posyandu yang dilakukan yaitu posyandu balita dan posyandu lansia. Pada posyandu balita kegiatannya yaitu pengukuran berat badan, tinggi badan bayi, serta imunisasi pada bayi dan balita. Sedangkan pada posyandu lansia dilakukan pengukuran berat badan, lingkar perut, tensi darah, serta gula darah.

Tidak hanya itu saja, petugas promkes kali ini melakukan penyuluhan bertemakan PHBS rumah tangga. Tujuannya agar ibu bayi dan balita menerapkan 10 PHBS rumah tangga serta meningkatkan kesehatan di lingkungan keluarga dan masyarakat.

 

 

 

 

 

Ibu PKK Sehat, Melek DBD ~ Puskesmas Kendalkerep.

Ibu-ibu PKK RW 6 Polehan mengundang petugas Puskesmas Kendalkerep (12/06) untuk memberikan materi dan terus mengingatkan agar meningkatkan kesehatan untuk mencegah penambahan jumlah warga yang terkena DBD (Demam Berdarah Dengue). Pencegahan DBD tidak lain dan tidak bukan adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3M (Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat penampungan air, dan Mendaur Ulang barang yang sudah tidak terpakai). Semoga tidak ada lagi korban DBD lain. Yuk ingat 3M!

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.