Kegiatan Puskesmas, Rabu 19 Juni 2019

Penyuluhan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ~ Puskesmas Janti.

Rabu, 19 Juni 2019, Puskesmas Janti melaksanakan Penyuluhan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Program GERMAS sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 hingga tahun 2019. Seluruh puskesmas Kota Malang harus melaksanakan program yang berisi tentang ajakan kepada masyarakat untuk mau hidup sehat, dengan 6 fokus yang menjadi perhatian yaitu :
1. Konsumsi buah dan sayur,
2. Aktifitas fisik,
3. Pemeriksaan kesehatan berkala,
4. Cegah stunting,
5. Eliminasi TBC (Tuberculosis),
6. Peningkatan cakupan imunisasi.

Dengan 6 fokus tersebut diharapakan program ini dapat mencegah penyakit menular yang telah menjadi tren di Indonesia.

Yuk, kita GERMAS!

 

Media Promosi Kesehatan ~ Puskesmas Rampal Celaket.

Puskesmas Rampal Celaket memiliki banyak media promosi kesehatan yang terdiri atas leaflet, poster, lembar balik, dan alat peraga serta pengambil gambar. Seluruh media promosi kesehatan ini dibutuhkan agar pelaksanaan upaya promotif dan preventif di Puskesmas Rampal Celaket dapat berjalan optimal.

Media promosi kesehatan tersebut perlu untuk diinventariskan guna mengetahui jenis dan jumlah dari media promosi tersebut. Petugas promosi kesehatan selain bertugas untuk menginventariskan juga bertugas mendata stok terkini dan penggunaan dari media promosi kesehatan. Harapannya dengan dilakukan kegiatan inventaris dapat merawat dan memelihara kondisi dan ketersediaan dari media promosi kesehatan di Puskesmas.

RCTT YES! Spirit! Sehat, Bugar, Produktif!

 

 

 

Pemicuan Menuju Kota Malang ODF ~ Puskesmas Arjowinangun.

Faktor yang mempengaruhi status kesehatan adalah faktor perilaku dan lingkungan. Perubahan perilaku berawal dari kesadaran. Salah satu cara mengubah perilaku individu atau kelompok adalah dengan cara pemicuan. Hari ini, petugas kesehatan lingkungan melakukan pemicuan untuk menuju Kota Malang ODF (Open Defecation Free) kepada masyarakat di wilayah Kec. Kedungkandang. Dengan pemicuan, diharapkan perilaku masyarakat yang masih buang air besar sembarangan dapat berubah menjadi prilaku yang sehat yaitu buang air besar di jamban sehat. Jamban sehat adalah jamban yang memiliki septic tank sehingga kotoran yang dibuang tidak mencemari lingkungan.

Yuk jaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan dengan buang air besar di jamban sehat.

 

 

 

 

Pengambilan Sampel Air untuk Mengukur Baku Mutu Air ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Rabu (19/6/2019) Petugas Kesling Puskesmas Ciptomulyo melakukan pengambilan sampel air. Pengambilan sampel dilakukan secara acak di 4 kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Ciptomulyo. Sampel-sampel tersebut dikirim ke laboratorium untuk diperiksa. Dari 7 sampel, 6 sampel dilakukan pemeriksaan biologis dan 1 sampel dilakukan pemeriksaan kimia.

Kegiatan pengambilan sampel ini dilakukan rutin setiap bulan. Tujuannya adalah mengukur baku mutu air, apakah sudah sesuai/belum dengan standar yang telah ditetapkan.

Salam sehat ceria dari Puskesmas Ciptomulyo.

 

 

 

 

Sekolah Mendukung GERMAS ~ Puskesmas Cisadea.

Rabu (19/6/2019), Siswa kelas 1 dan 2 SDN Blimbing 5 Kelurahan Blimbing sedang ada kegiatan rutin mingguan yaitu bawa bekal buah dan sayur. Pihak sekolah meminta para wali murid untuk membawakan anaknya bekal dengan menu gizi seimbang. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang selalu sekolah lakukan agar murid kelas 1 dan 2 dapat terpenuhi gizinya.

Kali ini sekolah bekerja sama dengan petugas promosi kesehatan dan petugas nutrisionis Puskesmas Cisadea untuk memberikan penyuluhan GERMAS dan gizi seimbang pada murid kelas 1 dan 2. Setelah itu mereka di ajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar secara teori. Baru dilanjutkan praktek cuci tangan secara bergantian antara kelas 1 dan 2. Kemudian barulah murid kelas 1 dan 2 memulai makan bersama dengan menu gizi seimbang.

Dengan adanya inovasi sekolah mengenai gerakan makan buah dan sayur serta pemenuhan gizi yang seimbang kepada muridnya,diharapkan para wali murid dapat mendukung inovasi tersebut. Agar murid terpantau gizinya di sekolah. Dan juga mendapatkan vitamin dan zat zat dari buah dan sayur yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Ayo biasakan anak kita makan buah dan sayur sedari kecil.

Anak sehat dengan gizi seimbang. Salam GERMAS!

 

Pemantapan Pembangunan Biofilter ~ Puskesmas Kendalkerep.

Rabu (19/06) Sanitarian dan Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) melakukan pemantapan pembangunan Biofilter Di wilayah RT 01 RW 06 Bunulrejo, yang rencananya akan dibangunkan Biofilter oleh pemerintah. Biofilter adalah tempat penampungan tinja dengan sistem pengolahan yang memanfaatkan mikroorganisme agar dihasilkan keluaran yang tidak mencemari lingkungan. Pada prinsipnya, biofilter sama dengan septic tank dan IPAL komunal.

Pemantapan yang dilakukan adalah dengan pembuatan kesepakatan dengan warga agar menyetujui pembangunan dan bersedia untuk menggunakan biofilter tersebut. Jadi, bukan tentang pembangunan fasilitasnya saja, namun perilaku warga pun harus ikut berubah. Karena, tanpa disadari perilaku buang air besar sembarangan ini berdampak pada kesehatan, bahkan pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh sebab itu, buang air besar sembarangan menjadi salah satu penyebab stunting.

Hidup sehat yuk mulai sekarang. Indonesia butuh aset bangsa yg cemerlang untuk di masa depan!

 

 

Kegiatan Lokakarya Lintas Sektor Puskesmas Polowijen.

Rabu (19/06/2019), peningkatan aktifitas fisik dilaksanakan setelah kegiatan Lokakarya Lintas Sektor di Puskesmas Polowijen. Senam peregangan diharapkan dapat mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas dan menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan akibat penyakit.

Salam GERMAS! Sehat, Bugar, Produktif, Ceria

 

 

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.