Kegiatan Puskesmas, Kamis 20 Juni 2019

Intervensi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tempat-tempat Umum ~ Puskesmas Janti.

Puskesmas Janti Kamis, 20 Juni 2019 bersama mahasiswa D4 Promosi Kesehatan Poltekes Malang mengadakan intervensi PHBS di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Sukun.

Intervensi PHBS ini dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan sesuai isi blangko intervensi kesehatan dan pengecekan kamar mandi dan lingkungan sekitar. Mahasiswa juga melakukan diskusi tanya jawab langsung dengan Pendeta GKJW Sukun berkaitan dengan PHBS.

Untuk menambah wawasan masyarakat pengunjung GKJW Sukun, Puskesmas Janti membagikan leaflet dan juga poster sebagai media promosi kesehatan.

 

 

 

 

Konseling Kesehatan di Posyandu ~ Puskesmas Cisadea.

Penyuluhan adalah cara menyebarluaskan pesan kesehatan. Dengan demikian, masyarakat tidak saja sadar, tahu, dan mengerti, tetapi yang mau dan dapat melakukan anjuran yang berhubungan dengan kesehatan. Tujuan penyuluhan adalah untuk mengubah perilaku kurang sehat menjadi sehat.

Hari ini seperti biasanya petugas kesehatan Puskesmas Cisadea melakukan konseling dan penyuluhan kesehatan di posyandu. Tetapi kali ini ada yang berbeda yaitu di RW 15, petugas kesehatan melakukan jemput bola kepada ibu balita untuk di konseling.

Konseling ini dilakukan agar semua yang datang ke posyandu dapat terpapar oleh informasi kesehatan. Yuk, rajin konseling kesehatan, hidup sehat, hidup bahagia

 

 

 

 

Posyandu Balita Puskesmas Pandanwangi.

Kamis (20/6/2019) Posyandu Balita RW. 03 Kelurahan Pandanwangi beraktifitas untuk melayani ibu hamil, bayi/balita yang akan melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, lingkar perut, atau imunisasi sesuai dengan jadwal yang tercantum pada Kartu Menuju Sehat (KMS).

Dalam kegiatan Posyandu juga diberikan informasi kesehatan sesuai hasil pemantauan KMS seperti cara efektif memberikan makanan kepada bayi/balita agar tidak membosankan, pemberian ASI eksklusif, dan waktu pemberian MPASI yang sesuai.

Rajin ke Posyandu yuk, pantau tumbuh kembang balita tercinta!

 

 

 

 

Inspeksi Kesehatan Lingkungan Pasar ~ Puskesmas Kendalkerep.

Kamis (20/06) sanitarian dan petugas Promkes Puskesmas Kendalkerep melaksanakan kegiatan inspeksi kesehatan lingkungan di Pasar Bunul. Pelaksanaan inspeksi secara umum adalah observasi kebersihannya, keberadaan kamar mandi, penataan kios untuk tiap jenis barang yang dijual, pengukuran kebisingan, pencahayaan, dan masih banyak lagi.

Pasar Bunul ini termasuk pasar modern lho, jadi dari segi kebersihan sudah jauh lebih bersih dibanding dengan pasar tradisional biasanya.

Pasar bersih, pasar sehat, masyarakat hebat!

 

 

 

 

Penyuluhan ASI Eksklusif dan Cara Menyusui yang Baik dan Benar ~ Puskesmas Bareng.

Kamis (20/6/2019), Kader Posyandu Melati 2 Kasin melakukan penyuluhan terkait ASI eksklusif serta cara menyusui yang baik dan benar. ASI eksklusif merupakan ASI yang diberikan sejak bayi lahir hingga usia 6 bulan, tanpa diberikan makanan tambahan apapun. Karena ASI memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi diantaranya meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kecerdasan bayi, memenuhi kebutuhan gizi bayi, memperkuat hubungan ibu dan bayi, serta manfaat lainnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu cara menyusui yang baik dan benar sehingga ASI bisa keluar dan dihisap dengan lancar oleh bayi. Cara menyusui yang baik dan benar yaitu:

1. Pastikan ibu duduk dengan nyaman saat menyusui, gunakan penyangga punggung dan kaki.
2. Gunakan bantal menyusui bila ada, ini membantu menyangga tubuh bayi.
3. Posisi perut bayi dan ibu dalam keadaan bertemu atau menempel satu sama lain selama menyusui.
4. Arahkan puting ke mulut bayi dengan memegang payudara.
5. Tempel puting ke hidung atau bibir atas bayi agar ia membuka mulutnya.
6. Posisi dagu bayi dalam keadaan menempel dengan payudara ibu, agar bayi dapat menghisap ke puting dengan sempurna.
7. Pastikan bagian areola masuk sebanyak mungkin ke dalam mulut bayi, terutama areola bagian bawah.

ASI eksklusif itu WAJIB!

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.