Kegiatan Puskesmas, Jumat 21 Juni 2019

Gerakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (GENDIS PTM) ~ Puskesmas Dinoyo.

Inovasi Puskesmas Dinoyo melalui Program GENDIS datang kembali. Kali ini kita menyambangi Posyandu RW 12 Merjosari. Di Posyandu ini para lansia sangat antusias melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan kolesterol. Dari sebagian lansia menyatakan bahwa sangat senang dengan adanya kegiatan ini sebagai langkah awal untuk mengetahui kondisi kesehatannya “pasca lebaran”. Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan setiap saat dan dimana saja. Mulailah memeriksakan kesehatan anda sedini mungkin. Jangan tunggu sakit melanda, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Salam sehat!

 

 

 

 

Pembinaan Kader di Kelurahan Bakalan Krajan ~ Puskesmas Coptomulyo.

Jumat (21/06/2019) Petugas Puskesmas Ciptomulyo melakukan Pembinaan Kader di Kelurahan Bakalan Krajan. Kader kesehatan masyarakat adalah laki-laki atau wanita yang dipilih oleh masyarakat dan dilatih untuk menangani masalah-masalah kesehatan perseorangan maupun masyarakat.

Peran dan fungsi kader sebagai pelaku penggerakan masyarakat dalam hal:
1. Perilaku hidup bersih dan sehat,
2. Pengamatan terhadap masalah kesehatan yg ada di wilayahnya,
3. Upaya penyehatan di lingkungan,
4. Peningkatan kesehatan ibu, bayi, dan balita,
5. Kermasyarakatan keluarga sadar gizi.

Pembinaan kader dilakukan untuk evaluasi kegiatan yang sudah berlangsung, sosialisasi kegiatan-kegiatan yang akan datang, bertukar informasi, musyawarah terkait masalah yang ada di masyarakat, dan masih banyak lagi.

SEHAT itu DIMULAI DARI SAYA, OLEH SAYA, UNTUK SAYA!

Salam sehat ceria dari Puskesmas Ciptomulyo.

 

Survey Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ~ Puskesmas Pandanwangi.

Jumat, 21 Juni 2019, petugas promosi kesehatan bersama dengan mahasiswa praktek D4 Promkes Polkesma telah melaksanakan survey Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kelurahan wilayah Puskesmas Pandanwangi. Adapun indikator yang dinilai yaitu merokok, warung/kantin, sarana olahraga, sarana cuci tangan, sarana air bersih, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), toilet, tempat sampah, dan Alat Pelindung Diri (APD). Hasilnya yaitu, lingkungan kelurahan termasuk kawasan yang menerapkan PHBS tatanan tempat kerja dengan klasifikasi II (sehat madya). Harapannya petugas kelurahan dapat mengembangkan, menyediakan serta memperbaiki fasilitas yang belum ada atau perlu ditambahkan sesuai dengan 9 indikator PHBS tatanan tempat kerja. Sehingga lingkungan tempat kerja menjadi aman, nyaman, dan sehat.

 

 

 

 

 

PHBS Di Tempat Kerja ~ Puskesmas Cisadea.

PHBS di tempat kerja adalah upaya untuk memberdayakan para pekerja agar tahu, mau, dan mampu mempraktekkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta berperan aktif dalam mewujudkan tempat kerja sehat.

Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Cisadea dibantu dengan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Malang melakukan pengkajian PHBS di PT. HM. Sampoerna Tb.k (pabrik rokok), sekaligus pembinaan. Tujuan dari pengkajian PHBS ini adalah agar para karyawan,karyawati serta staff pabrik tetap sehat, aman, dan nyaman ditempat kerja.

Yuk, budayakan PHBS di tempat kerja!

 

 

 

 

Senam Prolanis ~ Puskesmas Kendalkerep.

Jumat (21/06), seperti biasa di Puskesmas Kendalkerep ada senam bersama ibu-ibu prolanis. Dimulai senam refleksi, dilanjut senam santri lalu senam poco-poco. Senamnya seperti biasa dimulai pukul 07.00 dan selesai pukul 08.00. Tidak hanya itu, instrukturnya sudah sangat terlatih serta berpengalaman.

Bagi yg mau bergabung, yuk ke Puskesmas Kendalkerep tiap hari Jum’at. Jangan biarkan lemak-lemak membandel menguasai tubuhmu.

 

 

 

 

 

Survey PHBS di Institusi Kesehatan ~ Puskesmas Polowijen.

Jumat (21/06/2019) Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Polowijen melakukan survey PHBS di Puskesmas. Fokus PHBS di Institusi Kesehatan dilihat dari:
1. Penggunakan air bersih,
2. Penggunakan jamban,
3. Ketersediaan tempat pembuangan sampah,
4. Petugas kesehatan dan pengunjung tidak ada yang merokok,
5. Petugas dan pengunjung tidak meludah sembarangan, dan
6. Upaya untuk memberantas jentik.

Yuk, yuk sobat sehat jangan lupa ber-PHBS dimanapun kita berada ya

 

 

 

Sosialiasi GERMAS Puskesmas Mulyorejo.

Kepedulian terhadap pola hidup sehat masyarakat dibuktikan salah satunya dengan adanya program GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat oleh pemerintah. Jumat 21 Juni 2019, Petugas Promkes dan Gizi PKM Mulyorejo bersama Dinas Kesehatan Kota Malang, melakukan Sosialisasi GERMAS dengan materi perbaikan gizi khususnya stunting, pengendalian penyakit menular Tuberkulosis (TBC), dan imunisasi.

Dengan GERMAS diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.