Kegiatan Puskesmas, Sabtu 22 Juni 2019

Gerakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (GENDIS PTM) ~ Puskesmas Dinoyo.

Inovasi GENDIS PTM Puskesmas Dinoyo berlangsung setiap hari, kita lagi ada di Posyandu Balita RW 03 Dinoyo. Selain kegiatan penimbangan bayi dan balita, disini kita juga melakukan GENDIS PTM. Pemeriksaan ini dikhususkan bagi ibu balita yang berusia diatas 40 tahun dan beresiko terkena obesitas. Dari pemeriksaan ini, ibu balita merasakan banyak manfaat selain mengetahui kondisi kesehatannya, ibu balita juga dapat melakukan pengaturan diet.

Sehat dimulai dari kita!

 

 

 

 

 

Penyuluhan ASI Eksklusif di Posyandu Balita ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Sabtu (22/6/2019), Petugas Puskesmas Ciptomulyo melaksanakan Penyuluhan tentang ASI Eksklusif dan Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) di Posyandu Balita Mawar Kelurahan Ciptomulyo. ASI Ekslusif itu adalah pemberian ASI selama 6 bulan tanpa tambahan cairan lain, seperti susu formula, air putih, serta tanpa tambahan makanan padat, seperti pisang, bubur susu, biskuit, kecuali vitamin dan mineral dan obat. Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) dijelaskan tentang pemberian makan pada bayi dan anak yang sesuai dengan umurnya dan harus seimbang. Seimbang itu maksudnya 1/3 makanan pokok (nasi, kentang, mie, jagung, dan tepung-tepungan) + 1/3 sayuran + 1/6 lauk pauk (protein hewani dan protein nabati) + 1/6 buah-buahan.

Sehat itu dimulai dari saya, oleh saya, untuk saya!

Salam sehat ceria dari Puskesmas Ciptomulyo

 

Kegiatan Posyandu Lansia RW 08 Kelurahan Blimbing ~ Puskesmas Cisadea.

Para lansia yang bertempat tinggal di RW 8 Kel. Blimbing datang ke posyandu lansia yang buka pada hari Sabtu 22 Juni 2019, ini. Kegiatan di posyandu di awali dengan pendaftaran, pencatatan, dan pengecekan berat badan, kemudian dilanjutkan dengan cek tensi dan pengukuran lingkar perut oleh kader kemudian diberikan penyuluhan kesehatan sekaligus konseling. Lansia di RW 8 ini sangat antusias untuk datang ke posyandu. Terlihat pada hari ini banyak sekali lansia yang datang.

Yuk, ajak lansia rajin ke Posyandu Lansia!

 

 

 

 

 

Penyelidikan epidemiologi di Kelurahan Bunulrejo ~ Puskesmas Kendalkerep.

Sabtu (22/06), Bidan wilayah Bunulrejo dan Penanggung Jawab (PJ) penyakit DBD mengunjungi RW 21 Kelurahan Bunulrejo untuk melakukan penyelidikan epidemiologi pada pasien DBD dan rumah sekitar pasien. Penyelidikan yang dilakukan adalah wawancara dengan pasien, survei jentik.

Yuk, berantas DBD dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)!

 

 

 

 

 

 

Pembentukan Pos BUDARITA (Ibu Sadar Gizi dan Balita)] ~ Puskesmas Janti.

Sabtu (22/06), Puskesmas Janti bersama pengelola Kelurahan Siaga Tanjungrejo meresmikan pembentukan Pos BUDARITA (Ibu Sadar Gizi dan Balita) di Kelsi Tanjungrejo untuk pemantauan status gizi pada balita BGM di Kelurahan Tanjungrejo.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pos Pantau BUDARITA ini diantaranya adalah pengukuran antropometri,pemeriksaan kesehatan oleh tenaga medis, penyuluhan kesehatan dan gizi oleh nutrisionis Puskesmas Janti, makan bersama, dan pemberian paket PMT.

Diharapkan kegiatan pos pantau ini dapat dilaksanakan secara rutin pada Jumat ke 3 di tiap bulannya. Mari kita dukung bersama penanganan pada balita BGM dengan kerjasama lintas sektor agar terwujud penanganan gizi kurang/sangat kurang (BGM) secara holistik

 

 

 

 

Kunjungan dan Penilaian klinik bidan yang akan membuka praktek di Kelurahan Pandanwangi ~ Puskesmas Pandanwangi.

Sabtu, 22 Juni 2019, Petugas kesehatan Puskesmas Pandanwangi yang terdiri dari bidan, sanitarian, dan petugas promosi kesehatan melakukan kunjungan ke tempat/klinik bidan yang akan membuka praktek dengan membawa form penilaian sesuai indikator yang akan dikaji.

Bidan menilai alat kelengkapan untuk proses kelahiran, kehamilan, imuninasi, dan lainnya. Sanitarian melakukan pengkajian terhadap tempat pembuangan limbah padat/cair, keberadaan septic tank, sumber air bersih, ketersediaan antiseptic, dan ketersediaan tempat sampah sesuai dengan jenis limbah yang dihasilkan.

Sedangkan petugas promkes mengkaji sesuai dengan indiktor Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di instansi kesehatan serta adanya media informasi berupa poster, leaflet, dst yang disediakan klinik sebagai bentuk panduan untuk melaksanakan prosedur tindakan atau himbauan untuk tetap menjaga kesehatan petugas kesehatan maupun pengunjung klinik.

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.